Comscore Tracker

Sudah Nonton? 12 Serial Anime Terbaik yang Rilis Sepanjang Tahun 2020

Rating-nya tinggi semua!

Jujur, tahun 2020 adalah tahun yang berat! Pandemi Virus Corona (COVID-19) bukan hanya merengut banyak nyawa namun juga melumpuhkan banyak sektor ekonomi dan industri, termasuk industri sinema dan animasi.

Di bawah ini ada 12 serial anime terbaik yang rilis sepanjang tahun 2020, semoga semua anime ini dapat menghibur dan menginspirasi kamu dalam memulai tahun 2021!

(Tetap semangat dan berpikir positif!)

13. [Bonus] Attack on Titan Final Season (Shingeki no Kyojin Season 4)

https://www.youtube.com/embed/SlNpRThS9t8

Anime Attack on Titan Final Season sebenarnya masuk ke dalam musim penayangan Winter 2021 (Januari-Maret 2021), namun anime ini malah tayang perdana 7 Desember 2020. Berbeda dengan prekuelnya, Attack on Titan Final Season tidak digarap oleh Wit Studio. Studio animasi yang sukses membuat anime Jujutsu Kaisen, studio MAPPA yang akan menggarap anime Attack on Titan Final Season.

Melanjutkan prekuelnya, Attack on Titan Final Season berkisah tentang Eren dan pasukan Survey Corps yang telah mengetahui kenyataan tentang pulau Paradis, kaum Eldia, dan kebencian kaum Marley. Eren dan pasukan Survey Corps pun menjalankan misi khusus yang membuat mereka harus menyusup ke wilayah Marley.

12. Ascendance of a Bookworm Season 2 (Honzuki no Gekokujou: Shisho ni Naru Tame ni wa Shudan wo Erandeiraremasen Season 2)

https://www.youtube.com/embed/bD53ze25S_E

Musim kedua Ascendance of a Bookworm tampil lebih baik dari musim pertamanya. Musim kedua anime isekai yang punya konsep unik (seorang kutu buku yang bereinkarnasi ke dunia tanpa buku) ini membawa kita lebih jauh ke dalam dunia fantasy ceritanya.

Ascendance of a Bookworm S2 bercerita tentang Myne yang telah menjadi pendeta jubah biru harus beradaptasi dengan kebiasaan dan tugas seorang pendeta jubah biru. Myne pun mulai menyadari fakta miris perbedaan kelas sosial antara pendeta jubah biru, pendeta jubah abu-abu, dan masyarakat biasa.

11. Haikyuu!! Land vs Sky (Haikyuu!! Riku vs Kuu)

https://www.youtube.com/embed/EAK3qhkL8d8

Bertokoh utamakan para anggota Tim bola voli putra SMA Nekoma, Haikyuu!! Land vs Sky menceritakan tentang perjuangan Tim Nekoma melewati babak penyisihan Inter High regional Tokyo. Tim Nekoma harus bertanding melawan Tim Fukurodani dan Tim Nohebi demi mengamankan satu tiket ke putaran Nasional.

Anime Haikyuu!! Land vs Sky atau lebih dikenal dengan nama Haikyuu!! Riku vs Kuu adalah anime OVA (Original Video Animation) yang uniknya ceritanya bukanlah filler namun merupakan adaptasi dari manga Haikyuu!!.

OVA (Original Video Animation) Haikyuu!! Land vs Sky merupakan sekuel dari Haikyuu!! S3, yang berarti Haikyuu!! Land vs Sky adalah prekuel Haikyuu!! S4 (Haikyuu!! To the Top).

10. Keep Your Hands Off Eizouken! (Eizouken ni wa Te wo Dasu na!)

https://www.youtube.com/embed/dgmsb1axQAs

Sama seperti yang pernah penulis bahas di artikel terdahulu, anime Keep Your Hands Off Eizouken! berkisah tentang trio gadis SMA (Asakusa Midori, Kanamori Sayaka, dan Mizusaki Tsubame) bermimpi dan berkerja sama memproduksi animasi yang akan membuat kagum dunia.

Keep Your Hands Off Eizouken! dibuat studio Science SARU, studio animasi yang menggarap anime Devilman: Crybaby dan film anime Night Is Short, Walk on Girl. Anime Keep Your Hands Off Eizouken! walaupun punya premis mirip anime Shirobako, Kualitas Keep Your Hands Off Eizouken! lebih bagus karena ceritanya disampaikan dengan cara-cara kreatif.

9. A Certain Scientific Railgun T (Toaru Kagaku no Railgun Season 3)

https://www.youtube.com/embed/eVudpKEJcYo

Anime yang secara sensor masuk ke dalam rating umur 17 tahun ke atas ini tampil dengan sangat impresif, A Certain Scientific Railgun T atau A Certain Scientific Railgun S3 berhasil menjadi musim penayangan terbaik anime A Certain Scientific Railgun.

Alasan terbesar yang membuat musim ketiga anime A Certain Scientific Railgun ini bagus, tidak lain karena hadirnya karakter Shokuhou Misaki, karakter yang bisa menjadi rival sejati Misaka Mikoto.

A Certain Scientific Railgun T sendiri bercerita tentang Misaka Mikoto dan teman-temannya yang tengah mengikuti Festival Daihasei (kompetisi atletik antar sekolah di Academy City) terpaksa harus menghadapi adanya serangan teroris dan pergerakan kelompok yang melakukan eksperimen bawah tanah.

8. My Teen Romantic Comedy SNAFU Climax! (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Season 3)

https://www.youtube.com/embed/tpiNa92XahE

Musim ketiga anime My Teen Romantic Comedy SNAFU atau lebih akrab dipanggil Oregairu menjadi musim penayangan terbaik animenya, wajar saja karena Oregairu S3 merupakan akhir cerita animenya. Oregairu S3 merupakan anime adaptasi novel My Teen Romantic Comedy SNAFU terakhir.

Oregairu S3 sendiri bercerita tentang Klub Layanan Relawan (Hikigaya Hachiman, Yukinoshita Yukino, dan Yuigahama Yui) yang harus mempersiapkan dan menyelenggarakan pesta kelulusan siswa kelas tiga. Di tengah tugas mereka itu, akhirnya Hachiman, Yukino, dan Yui berani terbuka untuk mengungkapkan perasaan masing-masing dan belajar untuk memahami perasaan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Anime yang Harus Kamu Tonton jika Kamu Pencinta Anime Naruto

7. Great Pretender

https://www.youtube.com/embed/NB0-u9eRhPk

Sama seperti yang pernah penulis bahas di artikel terdahulu, anime Great Pretender berkisah tentang Edamura Makoto seorang penipu Jepang yang terjebak masuk ke bisnis penipuan berskala global yang dijalankan seorang penipu Prancis bernama Laurent Thierry.

Great Pretender adalah anime bersumber cerita original terbaik di tahun 2020, bahkan termasuk salah satu anime bersumber cerita original terbaik sepanjang masa. Anime crime heist berformat ONA (Original Net Animation) ini mempunyai beberapa hal yang membuat serialnya menarik, contoh animasinya yang bagaikan lukisan, kritik sosialnya yang kuat, dan penggunaan banyak bahasa berbagai negara di animenya.

6. Sorcery Fight (Jujutsu Kaisen)

https://www.youtube.com/embed/xLveUtkjixs

Anime pendatang baru terbaik di tahun 2020 ini tentu saja wajib ada di daftar. Diadaptasi dari manga majalah Weekly Shonen Jump (sama seperti Naruto, One Piece, Dragon Ball, Kimetsu no Yaiba, dan My Hero Academia) membuat Jujutsu Kaisen tidak boleh diremehkan. Jujutsu Kaisen yang memiliki tema kutukan dan iblis, dianggap mirip Kimetsu no Yaiba, walaupun memang kualitas Jujutsu Kaisen masih di bawah seniornya tersebut.

Jujutsu Kaisen menceritakan tentang Itadori Yuuji seorang siswa sekolah menengah dengan kemampuan fisik luar biasa yang demi menyelamatkan temannya dia rela memakan jari Ryoumen Sukuna "sang Raja Kutukan". Yuuji pun masuk ke dunia dimana dia tidak bisa kembali lagi, dunia kutukan dan para penyihir Jujutsu.

5. Re:ZERO -Starting Life in Another World- Season 2 (Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu Season 2)

https://www.youtube.com/embed/PzOr_5bSdQU

Musim kedua anime Re:Zero tampil luar biasa, lebih bagus dari musim pertamanya. Kemunculan para penyihir dosa (salah satunya penyihir keserakahan Echidna) memberikan dampak yang besar kepada perkembangan karakter Natsuki Subaru.

Bagi kamu yang belum tahu, Re:Zero adalah anime isekai adaptasi novel ringan yang berkisah tentang Natsuki Subaru seorang pemuda yang terdampar ke dunia fantasy, dimana di dunia tersebut dia diberikan kemampuan kembali dari kematian. Natsuki Subaru dapat mengulang waktu setiap kali dia mati, kemampuan yang diklaim dapat mengubah takdir.

Sedikit informasi, cour kedua anime Re:ZERO -Starting Life in Another World- S2 (Re:Zero S2 Part 2) direncanakan tayang bulan Januari 2021 (Winter 2021).

4. Haikyuu!! To the Top (Haikyuu!! Season 4)

https://www.youtube.com/embed/ZS7iM9J9t4c

Sedikit perubahan di animasi dan desain karakter membuat Haikyuu!! S4 (Haikyuu!! To the Top) terasa memberikan kesan yang berbeda dibandingkan prekuelnya, Haikyuu!! S3. Cour pertama Haikyuu!! To the Top animasinya lebih matang dibandingkan cour kedua, namun cerita cour pertama sedikit menggantung dengan hanya menampilkan pengantar alur Kejuaraan Nasional Inter High.

Cour pertama Haikyuu!! To the Top sendiri bercerita tentang Tim bola voli putra SMA Karasuno yang berhasil mengalahkan Tim bola voli putra Akademi Shiratorizawa, Tim Karasuno berhak mewakili Prefektur Miyagi di Kejuaraan Nasional Inter High.

Di tengah persiapan menuju Kejuaraan Nasional, Kageyama Tobio diundang ke kemah pelatihan Tim muda Jepang sementara Tsukishima Kei diundang ke kemah pelatihan siswa kelas satu Prefektur Miyagi. Lantas, Hinata Shouyou yang tidak mendapatkan undangan satupun merasa tertinggal dan memutuskan untuk menyelinap ke kemah pelatihan siswa kelas satu Prefektur Miyagi.

3. Fruits Basket Season 2 (Fruits Basket 2019 Season 2)

https://www.youtube.com/embed/MFmwHt4edSU

Fruits Basket S2 berkisah tentang Honda Tooru yang sudah setahun tinggal bersama beberapa anggota keluarga Souma (Souma Yuki, Souma Kyou, dan Souma Shigure), mulai semakin dekat dan menjalin hubungan kuat dengan para anggota keluarga Souma. Honda Tooru pun mulai membulatkan tekadnya untuk menghapus kutukan Shio dari keluarga Souma (kutukan yang mengubah beberapa anggota keluarga menjadi hewan dalam Zodiak China).

Musim kedua dari anime shoujo (remaja perempuan) yang memiliki segudang lagu soundtrack bagus ini tampil sangat impresif. Fruits Basket S2 memperdalam kisah prekuelnya sekaligus memberikan perkembangan karakter protagonis dengan sangat baik.

Sedikit informasi, Fruits Basket S3 (Fruits Basket The Final) direncanakan tayang tahun 2021, kemungkinan besar tayang bulan April (Spring) atau bulan Juli (Summer) 2021.

2. Haikyuu!! To the Top Season 2 (Haikyuu!! Season 4 Part 2)

https://www.youtube.com/embed/5V4SQVBpnnU

Cerita cour kedua Haikyuu!! To the Top berfokus ke pertandingan Tim bola voli putra SMA Karasuno melawan Tim bola voli putra SMA Inarizaki, tim peringkat kedua Kejuaraan Nasional Inter High sebelumnya. Tim Inarizaki diperkuat oleh Setter (Tosser) terbaik Jepang tingkat SMA, Miya Atsumu.

Cour kedua Haikyuu!! To the Top sebenarnya ceritanya sangat bagus namun sayang kualitas animasinya mengalami penurunan. Ada dua alasan utama yang membuat kualitas animasi Haikyuu!! To the Top S2 menurun, pertama pandemi Virus Corona dan kedua adalah banyaknya proyek Production I.G yang harus dikerjakan bersamaan dengan Haikyuu!! To the Top S2. Pada musim penayangan Fall (Oktober-Desember) 2020, Production I.G  harus menggarap Haikyuu!! To the Top S2, Moriarty the Patriot, dan Noblesse.

Sekedar informasi, diisukan Production I.G akan memperbaiki (remastered) animasi Haikyuu!! To the Top S2 di versi Blu-ray dan DVD animenya.

1. Kaguya-sama: Love is War Season 2 (Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen Season 2)

https://www.youtube.com/embed/_NkxM_uLUpw

Musim kedua Kaguya-sama: Love is War mungkin hanya bisa diungkapkan dengan kata, fantastis. Kaguya-sama: Love is War S2 benar-benar menjadi anime romance comedy yang dapat membuatmu tertawa dan baper maksimal.

Cerita Kaguya-sama: Love is War S2 alih-alih hanya berfokus kepada pertarungan cinta namun gengsi antara dua siswa jenius Shinomiya Kaguya dan Shirogane Miyuki, ceritanya lebih kaya karena mengungkap sisi lain karakter Ishigami Yuu dan Iino Miko.

Sedikit informasi, tahun depan Kaguya-sama: Love is War bukan hanya akan menayangkan musim ketiga animenya namun juga akan menayangkan OVA (Original Video Animation). Cerita OVA Kaguya-sama: Love is War diprediksi merupakan bagian dari cerita utama animenya (bersifat Canon).

Nah, itulah 12 serial anime terbaik yang rilis sepanjang tahun 2020, semua anime di atas dijamin seru dan memberikan kesan yang dalam. Bagaimana menurut kamu? Jika suka artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Teknik Rokushiki Terbaik dalam Anime One Piece 

SYH Network #SungJinWoo성진우 Photo Verified Writer SYH Network #SungJinWoo성진우

Asian Muslim Influencer | Dukung SYH Network agar Tetap Terus Berkarya dengan Cara Beri Donasi: SociaBuzz (https://sociabuzz.com/syh_network/tribe), Trakteer (https://trakteer.id/syh_network) | YouTube: SYH Network (https://www.youtube.com/channel/UCEktzUz4WyYelfLUayP7d0g/)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya