Comscore Tracker

5 Film Horor Eksorsis Diadaptasi dari Kisah Nyata, Super Instens!

Diadaptasi dari kasus-kasus eksorsis asli paling menggemparkan!

Eksorsisme atau pengusiran iblis dari raga manusia merupakan praktik nyata yang sudah dilakukan sejak dulu. Praktik eksorsis dilakukan oleh berbagai penganut kepercayaan yang bervariasi dan dilakukan dengan metode yang berbeda-beda. 

Fenomena ini mulai populer di dunia sinema sejak film The Exorcist (1973) karya sutradara William Friedkin rilis di layar kaca internasional memberikan subgenre terbaru pada film horor. Sejak saat itu, film-film bertema eksorsis banyak bermunculan, baik yang terinspirasi dari kasus nyata maupun fiksi. 

Nah, pada rekomendasi kali ini, film horor eksorsis yang dimasukkan dalam daftar adalah film yang terinspirasi dari kasus eksorsis nyata dari berbagai penjuru dunia. Siap berdebar? Simak daftar film horor berikut ini!

1. Veronica (2017)

https://www.youtube.com/embed/4OfT3YoQM-4

Film ini dibuat berdasarkan kasus supranatural di Madrid yang belum terpecahkan hingga saat ini. Veronica diadaptasi dari kasus Estefania Gutierrez Lazaro, seorang gadis remaja yang ditemukan meninggal dunia setelah bermain papan ouija bersama temannya. 

Film ini menyorot pengalaman supranatural yang dialami Veronica (Sandra Escacena) setelah bermain papan ouija di gudang sekolahnya. Di rumahnya, Veronica mulai menujukkan perubahan sikap hingga pada titik di mana dia berusaha mencelakai adik-adiknya. Rekaman asli dari kondisi rumah Estefania yang hancur berantakan turut dimasukkan pada akhir film ini.

2. Deliver Us From Evil (2014)

https://www.youtube.com/embed/2RR42oZX3-U

Film horor ini dibuat berdasarkan kisah nyata Ralph Sarchie, seorang pensiunan polisi New York yang juga bergelut dalam dunia paranormal. Ralph Sarchie telah menulis buku yang berjudul Beware the Night yang berisikan detail kasus-kasus paranormal yang ia selidiki. 

Deliver Us From Evil mengisahkan kasus yang ditangani oleh Ralph Sarchie (Eric Bana) dan partnernya, Butler (Joel McHale). Mereka berdua bergabung untuk menumpas kejahatan iblis yang meneror kota New York. 

Beberapa dari kasus tersebut adalah kasus seorang veteran yang kedapatan menyiksa istrinya. Sang veteran awalnya dianggap mengidap penyakit mental, tetapi Ralph dan Butler memiliki teori bahwa hal tersebut merupakan ulah entitas gaib.

Mereka juga menangani kasus seorang ibu yang tertangkap karena membuang anaknya ke kandang singa di kebun binatang area Bronx. Ini ada kaitannya dengan entitas supranatural yang menghantuinya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Horor Dibintangi Lin Shaye, Ikon Horor Hollywood

3. The Possession (2012)

https://www.youtube.com/embed/fFOp7ffWh2k

The Possession merupakan kisah nyata tentang kotak antik berhantu yang populer dengan sebutan The Dibbuk Box. Setelah ditelusuri, kotak tersebut berasal dari area pembantaian masal Yahudi (The Holocaust) pada 1983.

Jason Haxton, seorang kurator benda-benda magis, memublikasikan kisah kotak ini di webnya dan menarik perhatian dunia. Salah satu sosok yang tertarik dengan kisah The Dibbuk Box adalah Sam Raimi, sutradara film ini. Meskipun Sam Raimi berhasil menyutradarai film ini, dirinya tidak pernah melihat fisik kotak tersebut secara langsung karena terlalu takut. 

Film ini mengisahkan seorang ayah (Jeffrey Dean Morgan) yang harus menyelamatkan putrinya (Natasha Calis) dari sosok iblis yang merasuki tubuhnya. Sang anak mulai dihantui sosok ini setelah membeli kotak kayu antik dengan ukiran bahasa Ibrani di sebuah garage sale yang dipercaya sebagai The Dibbuk Box

4. The Rite (2011)

https://www.youtube.com/embed/nPtuzw1PXgU

Film ini diadaptasi dari kasus eksorsis nyata yang ditangani oleh Pastor Gary Thomas, seorang pastor asal California yang telah mendalami praktik eksorsisme di Vatikan. Dalam The Rite, Pastor Gary Thomas bernama Michael Kovak (diperankan oleh Colin O'Donoghue). 

The Rite mengisahkan seorang pastor yang mulai meragukan agama dan kepercayaannya. Karena keraguannya ini, ia diutus untuk mendalami praktik eksorsisme ke Italia. Di sana, dia menyaksikan beragam pengusiran iblis yang dilakukan oleh para pastor yang berpengalaman. Salah satu pengusiran iblis yang paling membekas di ingatannya adalah pengusiran iblis yang kuat dari tubuh seorang gadis berusia 16 tahun.

5. The Exorcism of Emily Rose (2005)

https://www.youtube.com/embed/Bs5IUEVXQ9k

Film ini diadaptasi dari kasus eksorsis nyata paling populer di Eropa, yaitu kasus kerasukan Anneliese Michel. Dia dipercaya telah dieksorsis sebanyak 67 kali oleh beberapa pendeta yang berbeda-beda sebelum akhirnya meninggal karena malnutrisi. 

Emily Rose (Jennifer Carpenter) meninggal dunia setelah kerasukan iblis selama berbulan-bulan. Penduduk sekitar menyalahkan praktisi eksorsis yang lalai dalam menjalankan tugasnya.

Dalam film ini, seorang pengacara bernama Erin Bruner (Laura Linney), berusaha menyelidiki detail dari kasus misterius tersebut. Pastor Moore (Tom Wilkinson), seorang pastor yang bertanggung jawab menangani pengusiran iblis, menjadi tersangka atas meninggalnya Emily Rose. Erin berperan sebagai pengacara yang mendampingi Pastor Moore dan berusaha menjabarkan kejadian yang sebenarnya di pengadilan.

Praktik eksorsis diilustrasikan dalam sinema sebagai kegiatan yang mengerikan dan dikemas dengan body horror dan latar suara yang mencekam. Hal tersebut tidak salah, sebab pada kenyataannya, praktik eksorsisme memang sangat menyeramkan, bahkan dapat berujung kematian. 

Pendekatan yang unik diperlukan dalam membuat film jenis ini, sebab sudah banyak rumah produksi yang membuatnya. Rekomendasi film di atas memvisualisasikan praktik eksorsisme dalam balutan narasi dan latar yang bervariasi, sehingga memberikan pengalaman sinematik horor yang beragam juga.

Baca Juga: Sudah Tahu? 5 Film Horor Pertama di Dunia, Kiblat Film Horor Saat Ini 

Tamara Puspita Ayu Photo Verified Writer Tamara Puspita Ayu

I write what i know & know what i write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya