Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film dan Series Perjuangan Single Parent, Inspiratif!

Tayangannya relatable dan dieksekusi dengan realistis

Akhir-akhir ini banyak bermunculan tayangan berkualitas yang menggambarkan perjuangan dan pergulatan fisik maupun batin seorang single parent. Tayangan-tayangan tersebut disajikan dengan elaborasi yang realistis sekaligus mengungkap fakta tentang sulitnya membesarkan anak tanpa kehadiran sosok pendamping. 

Berikut ini adalah rekomendasi film dan series perjuangan single parent. Film-film dari berbagai genre ini dijamin akan menginspirasi dan memantik antusiasme penonton dengan beragam cerita yang relatable dan skenario yang berkualitas.

1. Fatherhood (2021)

https://www.youtube.com/embed/T3mwUEoZdrI

Dalam Fatherhood, Kevin Hart beradu peran dengan Melody Hurd sebagai ayah dan anak. Chemistry kedua pemeran tersebut sukses mencampuradukkan emosi penonton, mulai dari haru, sedih, dan bahagia, yang dikemas dengan lelucon khas ala Kevin Hart. Penonton akan diajak mengarungi lautan emosi dari karakter utamanya.

Film ini menyorot perjuangan dan lika-liku kehidupan seorang single father yang mengemban tugas ganda, yakni sebagai ayah sekaligus ibu bagi anaknya setelah kehilangan sang istri yang wafat usai melahirkan. Fatherhood sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga, apalagi untuk melengkapi momen hari ayah. Dijamin akan membuat kamu lebih mengapresiasi perjuangan dan pengorbanan seorang ayah.

2. Herself (2020)

https://www.youtube.com/embed/xwJ5IFxyc5c

Film bergenre drama ini mengisahkan seorang ibu yang melarikan diri dari kekangan suaminya yang cenderung abusif dan temperamental. Setelah terbebas dari suaminya, dia dan kedua anaknya yang masih kecil justru masih harus menghadapi berbagai tantangan hidup.

Herself dieksekusi dengan sangat realistis. Protagonis utama dalam film tidak diam dan merenungi nasibnya atau sekedar menunggu keajaiban datang. Dia tidak mengharapkan bantuan dari orang lain dan sepenuhnya mengandalkan diri sendiri.

Dia bergerak ke depan, tidak mengasihani diri, apalagi menyalahi nasib. Dia mengubah kesulitannya menjadi motivasi untuk membangun hidup yang lebih baik.

3. Maid (2021)

https://www.youtube.com/embed/cLd0dN25i5g

Serial Netflix satu ini wajib banget ditonton para ibu muda. Maid diadaptasi dari kisah nyata tentang perjuangan hebat seorang perempuan muda yang bertanggung jawab terhadap konsekuensi perbuatannya. Serial ini menampilkan potret kedisiplinan dan konsistensi, dua hal yang mudah diucapkan, tetapi sangat sulit dalam praktiknya. 

Maid mengisahkan perjuangan seorang ibu muda bernama Alex (Margaret Qualley). Dia tumbuh tanpa kasih sayang dan bantuan finansial dari kedua orangtuanya.

Ibunya hidup dengan gaya bohemian dan memacari laki-laki muda. Ayahnya telah menikah dan memiliki anak lagi. Suami Alex merupakan potret laki-laki abusif, temperamental, dan tidak loyal.

Alex melarikan diri dari suaminya bersama sang anak, bekerja serabutan, hidup tidak menetap, dan menghadapi rentetan ujian hidup lainnya. Perjuangan mengharukan, jatuh bangun, dan lika-liku hubungan asmara dan pertemanan Alex dalam Maid, bisa jadi suntikan motivasi bagi kamu yang kurang bersyukur.

Baca Juga: 5 Anime Terbaik tentang Single Parent yang Wajib Kamu Tonton

4. Stand by me (2018)

https://www.youtube.com/embed/O1_jDPZP3ts

Korea memang sangat mumpuni untuk membuat drama yang bikin mata sembap. Akting dan skenario cerita pada film ini dijamin membuat penonton terharu. Dalam film ini juga terdapat adegan film yang dilakukan di Indonesia, tepatnya di Depok.

Stand by Me mengisahkan seorang kakek yang berjuang sendirian untuk menghidupi dua cucunya. Ayah dari cucunya telah meninggal dunia dan sang ibu sudah pergi ke negara asalnya (Indonesia).

Sang kakek bekerja serabutan, mulai dari mencuci piring dan mengumpulkan botol bekas. Untungnya, mereka memiliki beberapa tetangga yang baik hati. Akting dari anak-anak dalam film ini sangat bagus. Padahal umur mereka sangat muda.

5. Room (2015)

https://www.youtube.com/embed/E_Ci-pAL4eE

Room menceritakan perjuangan seorang perempuan yang diculik saat usianya masih 17 tahun. Dia diculik selama 7 tahun sebelum berhasil meloloskan diri. Perempuan yang diculik tersebut sempat dihamili oleh penculiknya dan terpaksa harus melahirkan dan membesarkan sang anak dalam kurungan dengan segala keterbatasan. 

Nah, film garapan A24 ini merupakan film single mom bergenre thriller. Film ini juga turut menyorot isu kesehatan mental korban penculikan dan konsekuensi psikologis yang menimpa keluarga korban penculikan, sekaligus kontroversi mengenai anak hasil pemerkosaan.

6. Blended (2014)

https://www.youtube.com/embed/_w168vuhjRo

Adu peran Adam Sandler dan Drew Barrymore dalam film ini sangat mengundang gelak tawa dan patut diacungi jempol. Semua film yang dibintangi oleh keduanya pasti selalu epik dan menyenangkan untuk ditonton.

Dalam Blended, Adam Sandler berperan sebagai single father yang bertemu dengan Drew Barrymore yang berperan sebagai single mother. Nasib mujur mempertemukan keduanya walau awalnya tidak berjalan mulus.

Jim (Adam Sandler) menjadi duda karena istrinya wafat setelah sakit. Lauren (Drew Barrymore) menjanda karena diselingkuhi oleh suaminya. 

Jim yang hanya memiliki anak perempuan menjadi dekat dengan anak laki-laki Lauren, begitu pun sebaliknya. Keluarga mereka tidak sengaja bertemu di Afrika. Ikatan yang erat terbentuk dalam petualangan alam yang super seru dan penuh kejutan. 

7. Erin Brockovich (2000)

https://www.youtube.com/embed/jjqUUxIy_yk

Erin Brockovich adalah sosok nyata inspiratif, yaitu seorang single mother yang berhasil meruntuhkan perusahaan migas raksasa yang mencemari sumber air di lingkungannya. Dalam film ini, Erin Brockovich diperankan oleh Julia Roberts.

Erin adalah mantan kontestan panggung kecantikan dengan visual yang mengagumkan.  Dalam film ini, Erin harus membesarkan anak sendirian tanpa sosok suami, ditambah dengan masalah finansial yang rumit dan konflik tipikal lainnya yang biasa menimpa seorang janda cantik.

Saat Erin mendapat kesempatan untuk bekerja menyelidiki pencemaran air di suatu kota, dirinya tidak pernah dianggap serius, selalu diremehkan, dan dicemooh, serta banyak orang yang enggan untuk membantunya. Erin Brockovich melawan perusahaan migas raksasa di Amerika demi mendapatkan keadilan bagi orang-orang yang menderita sakit akibat keracunan air. 

Mengeksplorasi sudut pandang seorang single parent melalui tontonan dapat menggugah semangat sekaligus menginspirasi, sebab tayangan tersebut biasanya sarat akan pelajaran hidup. Dengan melihat melalui sudut pandang mereka, kita diajak untuk melatih empati agar kita bisa mengerti dan lebih mengapresiasi perjuangan mereka. 

Nah, rekomendasi film di atas menyajikan film berkualitas yang kaya akan pesan moral. Dapat ditonton di berbagai layanan streaming. Ambil yang baik dan buang yang buruk.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Thriller dan Drama Psikoseksual

Tamara Puspita Ayu Photo Verified Writer Tamara Puspita Ayu

I write what i know & know what i write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya