Comscore Tracker

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal Ini

Sama kayak judul filmnya, tak ada hil yang mustahal

Dunia perfilman tanah air kembali bangkit setelah sempat cukup ‘terguncang’ karena adanya pandemik COVID-19. Hal ini dibuktikan dengan munculnya film-film baru yang menarik belakangan ini. Salah satunya adalah film “Srimulat: Hil yang Mustahal”. 

Film karya Fajar Nugros ini diadaptasi dari kisah grup lawak legendaris terbesar dalam sejarah pertunjukan di Indonesia dengan 300 lebih anggota, 3 kantor cabang serta panggung tetap di Solo, Surabaya, dan Semarang yang sukses menjadi megabintang berjuta penggemar pada era 80-90an.

Babak pertama film ini merupakan kisah titik balik kesuksesan, penggambaran kekeluargaan, dan penemuan keunikan masing-masing personel Srimulat yang hingga saat ini membuat mereka menjadi ikon lawak Indonesia yang melegenda sepanjang masa.

Film yang disponsori oleh Bank Neo Commerce ini sendiri dibintangi beberapa nama aktor papan atas, sebut saja Ibnu Jamil, Morgan Oey, Bio One hingga Dimas Anggara. Untuk Bio One dan Dimas Anggara sendiri, film ini menjadi tantangan baru bagi keduanya. 

Gak heran, mereka berdua sampai rela lakukan enam hal ini demi akting yang total sebagai Gepeng dan Timbul. Seperti apa sih? Langsung cek aja yuk!

1. Berdarah Jawa-Batak, Dimas Anggara melakoni karakter Timbul

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniDimas Anggara dan Nadine Chandrawinata (Popbela.com)

Aktor Dimas Anggara memang punya jam terbang yang cukup lama sebagai aktor baik di FTV maupun film, tapi pasti udah pada tahu kalau suami dari Nadine Chandrawinata ini lebih banyak berakting di film ber-genre romantis.

Nah, di “Srimulat: Hil yang Mustahal” ini, Dimas harus berakting sekaligus melawak seperti karakter Pak Timbul yang ia mainkan. Apalagi sosok Pak Timbul memiliki logat Jawa yang kental plus lawakannya yang selalu berhasil mengocok perut penonton Srimulat. 

Pastinya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dimas. Ia mengaku dalam sebuah wawancara, dirinya cukup takut karena membawa nama besar Pak Timbul dan Srimulat. Meski begitu, ia juga bahagia bahkan puas dengan hasil proses syuting yang berlangsung berbulan-bulan. 

Wah, jadi makin gak sabar nih melihat ayahnya Nadi Djiwa Anggara ini ngelawak, ya gak sih?

Baca Juga: Sandiaga Uno soal Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Lucu Abis!

2. Melakukan proses pembentukan karakter

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniFilm “Srimulat: Hil yang Mustahal” (Instagram/filmsrimulat)

Tentunya untuk menjadi sosok karakter tertentu gak mudah ya. Maka dari itu, para pemeran di film “Srimulat: Hil yang Mustahal” ini melakukan berbagai persiapan agar hasilnya lebih matang, termasuk Dimas Anggara dan Bio One. 

Sebelum memulai proses syuting, Bio One, Dimas Anggara dan para aktor lainnya melakukan berbagai persiapan sebagai proses pembentukan karakter, tubuh, vokal, pikiran, dan emosi yang mendalam. Apalagi mereka harus memerankan karakter-karakter anggota Srimulat yang legendaris di Indonesia.

3. ‘Rombak’ penampilan yang cukup ekstrem dilakukan Bio One

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniAktor Bio One berperan sebagai Gepeng dalam film “Srimulat: Hil yang Mustahal” (ANTARA/Ho)

Dikenal sebagai aktor cilik, ternyata Bio One memang benar-benar total dalam memerankan karakter Gepeng di film “Srimulat: Hil yang Mustahal”. Gak hanya gaya rambutnya aja yang berubah, tapi berat badannya juga lho. 

Demi mencapai bentuk tubuh seperti karakter Gepeng, Bio sampai rela melakukan diet ekstrem. Dalam beberapa wawancara, Bio mengaku melakukan diet yang membuatnya tidak makan sampai tiga hari! 

“Bisa tiga hari nggak makan, Bener-bener nggak makan, paling minum doang. Harus minum,” ujar mantan kekasih Bebi Tsabina ini. Ia mengaku metode dietnya ini memang tidak disarankan untuk dilakukan dan dicontoh karena tidak diperbolehkan dokter.

4. Rela belajar bahasa Jawa demi akting jadi Gepeng

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniAktor Bio One berperan sebagai Gepeng dalam film “Srimulat: Hil yang Mustahal” (Instagram/filmsrimulat)

Oh ya, 70 persen film dari Srimulat sendiri menggunakan bahasa Jawa. Hal ini diakui Bio One menjadi tantangan tersendiri baginya dan para pemain lainnya. Ia mengaku harus belajar bahasa Jawa demi aktingnya sebagai Pak Gepeng.

Gak hanya itu, demi totalitas menjadi Gepeng, Bio sampai mencari referensi dari film-film lawas Srimulat untuk belajar berbagai hal tentang karakternya di film “Srimulat: Hil yang Mustahal” ini. 

Ia mengaku belajar karakter Gepeng saat di atas panggung secara gestur, bahasa, dan gerak-gerik melalui film lawas Srimulat. Salut deh sama Bio One dan para aktor di film ini.

5. Sebelum perankan Gepeng, Bio One sampai temui keluarga sang legenda

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniBio One di film “Srimulat: Hil Yang Mustahal” (sindonews.com)

Dikarenakan film “Srimulat: Hil yang Mustahal” ini gak hanya bercerita para anggota Srimulat saat di atas panggung saja, Bio One pun melakukan pendalaman karakternya sebagai Gepeng hingga ke belakang panggung.

Dalam sebuah wawancara, ia mengaku harus mencari tahu bagaimana sosok Gepeng semasa hidup saat berada di belakang panggung. Ia pun bertemu langsung dan bertanya pada keluarga sang legenda. Tak hanya bertemu dengan keluarganya saja, tapi juga dengan rekan-rekan Gepeng.

6. Sampai hampir lupa keluarga?

Demi Film Srimulat, Bio One & Dimas Anggara Rela Lakukan 6 Hal IniPress conference film “Srimulat: Hil yang Mustahal” (Instagram/bojvoyej)

Grup lawak Srimulat memang dikenal sebagai grup yang sudah seperti keluarga. Gak heran, para aktor pun melakukan bonding agar rasa kekeluargaan tersebut juga mereka rasakan layaknya Srimulat yang asli. 

Namun saking seriusnya mendalami peran sebagai anggota Srimulat, Dimas Anggara mengaku sempat lupa pada keluarga aslinya. “Asyik dengan keluarga baru kita, keluarga Srimulat, sampai lupa ngabarin keluarga, sampai kita lupa punya keluarga beneran juga,” ujar Dimas pada salah satu wawancaranya dengan media. 

Wah, melihat semua usaha para aktornya, jadi bukti keseriusan dalam menggarap film grup lawak legendaris tanah air ini. Film yang disponsori penuh dari Bank Neo Commerce ini sendiri, dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai dari 19 Mei 2022 ya. 

Langsung deh tancap gas ke bioskop! (WEB)

https://www.youtube.com/embed/-R-tSLyy-uI

Baca Juga: Review Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Bangun Emosi dan Gelak Tawa

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya