Comscore Tracker

Generasi 90an, Usia Berapa Kamu Nonton 5 Film Hongkong Ini?

Masih ingat sama nama pemainnya? #IDNTimesHype

Andy Lau, Stephen Chow, Leslie Cheung, Chow Yun Fat, di antara mereka siapa, nih, aktor favoritmu? Nah, kira-kira kamu masih ingat gak, usia berapa dirimu nonton film mereka? Setelah melihat adegan laga Andy Lay dulu, apa kamu juga menirukannya, atau malah terinspirasi aksi kocaknya Stephen Chow?

Generasi 90an pasti sangat dekat dengan perfilman Hongkong yang dulu sempat mengudara di TV tanah air. Dengan berbagai genre yang diusung, tentu membuat setiap individu punya film favoritnya masing-masing.

Sembari mengenang masa lalu, yuk, kita simak, deretan film Hongkong yang gak ada tandingannya!

1. Mr. Vampire

https://www.youtube.com/embed/JojYPtVqfXY

Mengisahkan tentang pendeta bernama Master Kau dan dua muridnya. Mereka bekerja sebagai pengurus jenazah. Suatu hari, mereka menerima pekerjaan untuk menggali sebuah kuburan dan membawa mayat pulang bersamanya. Namun kejadian tak diinginkan terjadi, ketika si mayat bangkit dan menjadi vampir hingga menghebohkan satu desa.

Film yang diproduksi oleh Sammo Hung ini rilis tahun 1985. Mr. Vampire terbilang sukses daripada seri 'Mr Vampire' lainnya. Mengusung genre horor komedi, film ini siap mengocok perutmu, alih-alih menampilkan kesan seram.

Dibintangi oleh Lam Ching Ying sebagai Master Kau dan Chin Siu Ho sebagai murid yang tampan namun terpedaya oleh si hantu cantik. Tak ketinggalan, satu muridnya lagi yang punya selera humor tinggi, Man Choi. Diperankan oleh Ricky Hui, dipastikan kamu tidak akan bosan menontonnya.

2. A Better Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/M7ZBsUf986E

Film aksi dari Hongkong yang dibintangi oleh Ti Lung, Chow Yun Fat, dan mendiang Leslie Cheung ini tak boleh terlewat dari daftar film lawas Hongkong. Pasti kamu akrab banget sama soundtrack-nya yang berjudul In the Sentimental Past. Lagu ini juga dibawakan oleh salah satu pemainnya, Leslie Cheung yang berperan sebagai Tse Kit dan bekerja di kepolisian.

Tse Kit adalah adik Tse Ho (Ti Lung). Tse Ho adalah seorang gangster yang menyembunyikan identitasnya dari si adik. Sedangkan Chow Yun Fat berperan sebagai Mark sekaligus teman seperjuangan Tse Ho. 

Sukses di seri pertama, John Woo selaku penulis dan sutradara merilis sekuel A Better Tomorrow 2 di tahun 1987 dengan aktor yang sama. Siapa yang udah nonton kedua film ini?

3. God of Gamblers

https://www.youtube.com/embed/hRH6m3IBXn0

Kali ini Chow Yun Fat ditemani aktor kenamaan Andy Lau dalam membintangi film God of Gamblers. Film yang dirilis tahun 1989 bergenre aksi-komedi ini bercerita tentang seorang dewa judi misterius, Ko Chun (Chow Yun Fat) yang tak suka mendapat perhatian media. Penampilannya selalu klimis, dengan rambut disisir ke belakang dan sangat menyukai cokelat, serta mengenakan cincin giok.

Singkat cerita, Knife (Andy Lau) memasang perangkap untuk tetangganya. Namun apesnya, Ko Chun terjebak dan amnesia. Merasa bertanggung jawab, akhirnya Knife merawat Ko Chun sampai ingatannya pulih kembali.

Baca Juga: Mengharukan! 10 Kisah Persahabatan Paman Tat dan Chow Yun Fat

4. Shaolin Soccer

https://www.youtube.com/embed/t0C9BC8PLbE

Film tahun 2001 ini disutradarai oleh Stephen Chow yang sekaligus menjadi aktor utama. Shaolin Soccer mengusung tema olahraga dengan sentuhan komedi. Sing adalah gelandangan yang juga ahli kungfu Shaolin. Dia berusaha mengumpulkan saudara seperguruan untuk mengubah nasib menjadi pesepak bola dengan menerapkan ilmu bela dirinya.

Film ini juga dibintangi oleh sederet artis lainnya seperti Zhao Wei, Ng Man Tat, dan Patrick Tse. Meski tak masuk akal, tapi film ini dijamin sukses mengocok perutmu.

5. Kungfu Hustle

https://www.youtube.com/embed/v1_0WYSA_Js

Film Hongkong legendaris yang terakhir adalah Kungfu Hustle. Masih dibintangi dan diproduseri oleh Stephen Chow, film ini sering diputar di TV nasional ketika hari libur. 

Dalam film ini, Chow bertindak sebagai Sing yang terobsesi masuk geng kapak. Syarat untuk menjadi anggota adalah melakukan banyak kejahatan seperti merampok, membunuh, dan berbuat keji lainnya. Sing mengincar area rusun Kandang Babi, untuk memeras para warga di sana. Bukannya berhasil, dia malah harus menghadapi ibu kos hingga memicu keributan yang melibatkan geng kapak. Rumornya, Kungfu Hustle akan ada sekuelnya, lho.

Nah, itu dia film Hongkong yang sangat melekat dengan generasi 90an. Yang mana, nih, favoritmu?

Baca Juga: 9 Potret Terkini Andy Lau Memasuki Usia 60 Tahun

Titis Istiyaningrum Photo Writer Titis Istiyaningrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya