Comscore Tracker

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019

Wah, kudu rajin-rajin nabung nih biar punya semua!

Ketika debut, grup idola Korea biasanya akan merilis album mini (EP) ataupun single terlebih dahulu. Setelahnya, barulah beberapa grup idola akan mengeluarkan album studio (LP) mereka. Karena memuat lagu lebih banyak, persiapan pembuatan album studio pun membutuhkan ketelitian lebih.

Pada tahun 2019 ini, terdapat beberapa boy group yang mengeluarkan album studio perdana mereka. Ada grup pendatang baru yang meluncurkan album studio setelah debut selama beberapa bulan. Ada pula grup idola yang akhirnya kembali aktif berpromosi setelah hiatus untuk beberapa lama. Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

1. ASTRO

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019Twitter.com/@fantagiomusic_

Pada tanggal 16 Januari lalu, Astro mengeluarkan album studio perdana mereka yang bertajuk All Light. Album tersebut berisi sepuluh lagu dengan title track berjudul All Night

Album All Light telah terjual setidaknya 125 ribu kopi dengan posisi puncak di tangga musik Gaon berada di posisi pertama. JinJin, Rocky, dan MJ berpartisipasi dalam pembuatan beberapa lagu di album tersebut. Sedangkan pada lagu berjudul Merry-Go-Round, seluruh anggota Astro dikreditkan sebagai penulis lirik.

Astro akan melakukan comeback pada tanggal 20 November mendatang dengan meluncurkan mini album bertajuk Blue Flame. Pihak agensi mengumumkan bahwa Moonbin akan hiatus sementara untuk memulihkan kesehatannya.

2. AB6IX

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019Twitter.com/@AB6IX

AB6IX merupakan boy group yang berada di bawah naungan Brand New Music Entertainment. Setelah debut pada bulan Mei lalu, AB6IX melakukan comeback pertamanya pada tanggal 7 Oktober dengan merilis album studio bertajuk 6ixsense. Kecuali Jeon Woong, anggota AB6IX lainnya turut berpartisipasi dalam pembuatan seluruh lagu di album 6ixsense.

Album tersebut memiliki sebelas lagu dengan title track berjudul Blind For Love. Per bulan Oktober, album 6ixsense tercatat telah terjual setidaknya 117 ribu kopi di situs Gaon dengan posisi puncak berada di peringkat kedua.

Baca Juga: 10 Potret Pertemanan Idol KPop Ini Digadang Bisa Hentikan Fanwars!

3. ATEEZ

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019ateez.kqent.com

Ateez merilis album studio pertama mereka yang bertajuk Treasure EP.Fin: All to Action pada tanggal 8 Oktober lalu. Album tersebut sekaligus menjadi penutup dari serial album Treasure yang menjadi konsep Ateez sejak debut. Per bulan Oktober, album Treasure EP.Fin: All to Action telah terjual setidaknya 137 ribu kopi di situs Gaon dengan posisi puncak berada di peringkat pertama.

Hongjoong dan Mingi kembali berpartisipasi sebagai penulis lirik di seluruh lagu dalam album Treasure EP.Fin: All to Action (kecuali intro dan outro). Album tersebut juga memuat lagu yang diproduseri oleh Hongjoong, yakni lagu berjudul Sunrise. Album Treasure EP.Fin: All to Action berisi sebelas lagu dengan title track berjudul "Wonderland".

Selain itu, Ateez merilis video musik debut Jepang mereka yang berisi lagu Utopia versi Jepang. Album studio dari debut Jepang tersebut bertajuk Treasure EP.Extra: Shift the Map dan akan dirilis pada tanggal 4 Desember mendatang.

4. TXT

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019ibighit.com

TXT menjadi grup pendatang baru lainnya yang turut merilis album studio di tahun ini. Sebelumnya, TXT debut dengan merilis album mini bertajuk The Dream Chapter: Star di bawah naungan Big Hit Entertainment pada bulan Maret lalu. Boy group yang satu ini memiliki lima orang anggota, yakni Soobin, Beomgyu, Taehyun, Yeonjun, dan Huening Kai.

Sempat diundur karena beberapa anggota memiliki masalah kesehatan, akhirnya pada tanggal 21 Oktober TXT resmi comeback dengan mengeluarkan album studio pertama mereka yang bertajuk The Dream Chapter: Magic.

Album tersebut berisi delapan lagu dengan title track berjudul 9 and Three Quarters (Run Away) (9와 4분의 3 승강장에서 너를 기다려). Per bulan Oktober, album The Dream Chapter: Magic telah terjual setidaknya 175 ribu kopi di situs Gaon dengan posisi puncak berada di peringkat pertama.

5. GOLDEN CHILD

Astro Hingga TXT, 5 Boy Group Ini Rilis Album Studio Perdana di 2019Twitter.com/@Official_GNCD

Debut pada tahun 2017, Golden Child kini memiliki sepuluh orang anggota yakni Daeyeol, Y, Jangjun, Tag, Seungmin, Jaehyun, Jibeom, Donghyun, Joochan, dan Bomin. Boy group yang satu ini berada di bawah naungan Woollim Entertainment bersama dengan beberapa grup idola lainnya.

Golden Child kembali mengeluarkan album baru setelah hiatus cukup lama, yakni selama lebih dari 1.5 tahun. Album studio perdana Golden Child tersebut bertajuk Re-boot dan dirilis pada tanggal 18 November. Berisi dua belas lagu, title track dari album Re-boot adalah lagu berjudul "Wannabe". Dua anggota Golden Child, yakni Jangjun dan Tag, turut terlibat dalam pembuatan beberapa lagu di album kali ini.

Itu tadi lima boy group yang merilis album studio pertamanya di tahun ini. Album milik boy group mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Penuh Misteri dan Rumit, 10 Analisa Fans Menjelang Comeback EXO

Arita Photo Community Writer Arita

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You