Comscore Tracker

11 Alumni Produce 101 Musim 2 Ini Rilis Album & Lagu Solo Tahun 2019

Lagu milik siapa yang jadi kesukaanmu?

Di antara banyaknya penyanyi solo dan grup idol pendatang baru, dapat terlihat bahwa alumni Produce 101 musim dua juga ikut meramaikan industri musik dengan merilis album serta lagu solo.

Dimulai dari Roh Tae Hyun yang merilis lagu pada bulan Januari 2019, hingga Kwon Hyun Bin yang akan debut pada tanggal 19 Agustus ini. Beberapa ada yang memang akan berpromosi sebagai solois, sebagian kembali ke grup asal atau debut dengan grup baru setelah perilisan lagu solo tersebut. Berikut sebelas alumni Produce 101 musim dua yang merilis lagu serta album solonya pada tahun 2019 ini.

1. Roh Tae Hyun HOTSHOT

https://www.youtube.com/embed/Zh_edUEXCcM

Roh Tae Hyun (Noh Tae Hyun) merupakan salah satu anggota boy group Hotshot yang mengikuti acara Produce 101 musim kedua. Ia tereliminasi pada posisi ke-25. Setelah acara survival tersebut selesai, Roh Tae Hyun bersama kelima Kwon Hyun Bin, Kim Dong Han, Takada Kenta, Kim Sang Gyun, dan Kim Yong Guk (Jin Longguo) debut sebagai fan project boy group bernama JBJ.

Pada tanggal 24 Januari tahun 2019 Roh Tae Hyun merilis album mini debutnya yang bertajuk biRTHday. Album tersebut memiliki empat buah lagu dengan lagu berjudul I Wanna Know sebagai title track. Roh Tae Hyun berpartisipasi sebagai salah satu penulis lirik untuk seluruh lagu dalam album biRTHday.

2. Yoon Jisung

https://www.youtube.com/embed/AJM7QiHQgts

Yoon Jisung merilis album mini debutnya pada tanggal 20 Februari 2019 di bawah naungan LM Entertainment. Album tersebut bertajuk Aside dengan title track berjudul In The Rain. Berisi enam lagu, dua lagu dalam album tersebut merupakan kolaborasi dengan Changbin Stray Kids dan Lee Dae Hwi AB6IX.

Changbin ikut menyumbang suara untuk lagu berjudul You...Like the Wind serta tercatat sebagai salah satu penulis lirik untuk lagu tersebut. Sedangkan Lee Dae Hwi berkolaborasi dengan Yoon Jisung untuk menulis lirik dari lagu berjudul Slow. Selain itu, Lee Dae Hwi juga merupakan salah satu komposer dari lagu tersebut.

Pada tanggal 25 April 2019 Yoon Jisung melakukan comeback dengan mengeluarkan album mini bertajuk Dear Diary. Berisi lima buah lagu, title track dari album tersebut berjudul I'll Be There.

Setelah memulai masa wajib militer pada tanggal 14 Mei tahun ini, Yoon Jisung merilis sebuah digital single berjudul Winter Flower sebagai hadiah untuk penggemarnya.

3. Ha Sung Woon HOTSHOT

https://www.youtube.com/embed/MY81UMA3VB4

Sebelum resmi debut solo, Ha Sung Woon terlebih dahulu merilis lagu berjudul Don't Forget yang berkolaborasi dengan Park Ji Hoon pada tanggal 28 Januari 2019. Lagu tersebut merupakan pre-release dari album mini debut My Moment yang dirilis pada tanggal 28 Februari tahun 2019.

Album tersebut memiliki title track berjudul Bird dan tercatat di Gaon Album Chart telah terjual lebih dari 80 ribu kopi. Ha Sung Woon berpartisipasi sebagai salah satu komposer dan penulis lirik dari keseluruhan lagu dalam album My Moment. Ia meraih tropi pertamanya sebagai solois pada tanggal 13 Mei di acara musik Show Champion.

Setelahnya, Ha Sung Woon aktif berpromosi sebagai penyanyi solo. Ia menyanyikan salah satu soundtrack dari drama Her Private Life yang berjudul Think of You. Lagu tersebut dirilis pada bulan Mei 2019.

Selanjutnya, Ha Sung Woon merilis digital single  berjudul Riding yang berkolaborasi dengan penyanyi rap Gaeko dari Dynamic Duo. Tak lama kemudian, pada bulan Juli, Ha Sung Woon melakukan comeback pertamanya dengan merilis album mini bertajuk BXXX.

4. Park Ji Hoon

https://www.youtube.com/embed/4VRrQf_BSxQ

Pada tanggal 26 Maret 2019 Park Ji Hoon merilis album debutnya yang bertajuk O'Clock. Album tersebut memiliki enam lagu dengan title track berjudul L.O.V.E. Park Ji Hoon berkolaborasi dengan Lee Dae Hwi AB6IX untuk salah satu lagu yang berjudul Young 20.

Park Ji Hoon tercatat sebagai penulis lirik bersama LeeDaeHwi untuk lagu tersebut. Selain sebagai penulis lirik, LeeDaeHwi juga berpartisipasi sebagai komposer untuk lagu Young 20. Album tersebut tercatat telah terjual lebih dari 100 ribu kopi di Gaon Album Chart. 

Selanjutnya, Park Ji Hoon dikonfirmasi menjadi salah satu pemain dalam drama sejarah berjudul Flower Crew: Joseon Marriage Agency. Park Ji Hoon akan berperan sebagai Go Young Soo yang merupakan salah satu anggota dari Flower Crew. Drama tersebut akan ditayangkan oleh saluran tv kabel JTBC.

Baca Juga: Penuh Talenta, Ini 6 Idol Jebolan Produce 101 yang Lahir di Tahun 1996

5. Hwang Min Hyun NU'EST

https://www.youtube.com/embed/OQVZA4qYpEM

Hwang Min Hyun merilis sebuah digital single berjudul Universe pada tanggal 3 April 2019. Lagu tersebut merupakan pre-release dari album Happily Ever After milik Nu'est. Karena hanya sebagai pre-release, maka tidak ada promosi khusus untuk lagu ini. Selanjutnya Hwang Min Hyun berpromosi bersama Nu'est setelah merampungkan kegiatan sebagai anggota dari boy group Wanna One.

6. Bae Jin Young CIX

https://www.youtube.com/embed/xBY9JVU_3Fw

Bae Jin Young merilis single album debutnya pada tanggal 26 April 2019. Album tersebut bertajuk Hard to Say Goodbye dengan title track berjudul sama. Tercatat di Gaon Album Chart, album Hard to Say Goodbye telah terjual lebih dari 64 ribu kopi.

Setelahnya, Bae Jin Young bersama keempat trainee dari C9 Entertainment melakukan persiapan untuk debut sebagai boy group bernama CIX. Di pimpin oleh BX (Lee Byoung Gon), CIX resmi debut pada tanggal 23 Juli 2019 dengan album mini Hello Chapter 1: Hello, Stranger.

7. Kim Seong Ri

https://www.youtube.com/embed/NS0Fkympr_w

Mantan leader sekaligus vokalis utama dari project group Rainz ini melakukan debut solonya pada tanggal 15 April 2019 dengan merilis album mini bertajuk First, Love. Album tersebut berisi lima buah lagu termasuk title track yang berjudul That's You.

Dilansir dari Soompi.com, sebelumnya Kim Seong Ri telah banyak menyanyikan soundtrack dari berbagai drama. Di antaranya adalah drama A Poem a Day, Love to the End, Woman of Dignity, Lovers in Bloom, Borg Mom, dan Rude Miss Young Ae Musim 16.

8. Kim Jae Hwan

https://www.youtube.com/embed/eEl1V4UhLTo

Kim Jae Hwan merilis album debutnya pada tanggal 20 Mei 2019. Album tersebut merupakan album mini bertajuk Another dan berisi enam buah lagu dengan title track berjudul Begin Again (안녕하세요). Kim Jae Hwan berpartisipasi sebagai salah satu komposer bersama dengan penyanyi senior Im Chang Jung yang juga menulis lirik untuk lagu tersebut.

Selain itu, Kim Jae Hwan tercatat sebagai salah satu penulis lirik serta komposer untuk seluruh lagu dalam album Another (berbeda untuk setiap lagu). Album Another terjual lebih dari 100 ribu kopi dan Kim Jae Hwan mendapatkan tropi acara musik pertamanya untuk lagu Begin Again (안녕하세요) pada acara The Show.

Ketika drama Chief of Staff tayang, Kim Jae Hwan menyanyikan soundtrack berjudul Black Sky untuk drama yang tayang di saluran JTBC tersebut.

9. Hong Eun Ki

https://www.youtube.com/embed/VEJ6GLlSGG4

Satu lagi mantan anggota project group Rainz yang melakukan debut solo di tahun 2019 ini. Hong Eun Ki yang dikenal akan kemampuannya dalam hal menari, merilis single debutnya pada tanggal 19 Juli lalu. Lagu tersebut berjudul Blow dan berdurasi 3 menit 18 detik.

Dilansir dari Soompi.com, Hong Eun Ki tidak lagi berada di agensi sebelumnya dan kini mendirikan agensinya sendiri. Pada lagu debutnya tertulis 착한오빠들엔터테인먼트 (Chakhan Oppadeul Entertainment) sebagai pemegang lisensi untuk lagu tersebut (didistribusikan oleh GENIE MUSIC).

10. Kang Daniel

https://www.youtube.com/embed/_-QY40Reub8

Center sekaligus pemegang peringkat tertinggi dalam final Produce 101 musim dua ini akhirnya resmi debut pada tanggal 25 Juli lalu dengan merilis album mini bertajuk Color on Me. Album tersebut berisi lima buah lagu termasuk intro dengan title track berjudul What Are You Up To (뭐해). Album Color on Me berhasil terjual lebih dari 350 ribu kopi dan tercatat sebagai salah satu penjualan album solo tertinggi.

Sebelumnya, Kang Daniel juga berada di bawah naungan LM Entertainment bersama Yoon Jisung. Namun, setelah terjadi perselisihan dengan LM Entertainment yang berlanjut hingga ke meja hijau, Kang Daniel mendirikan agensinya sendiri yakni KONNECT Entertainment.

11. VIINI (Kwon Hyun Bin)

https://www.youtube.com/embed/VN3sefQ0ksE

Kwon Hyun Bin yang juga mantan anggota JBJ, merilis album mini debutnya pada tanggal 19 Agustus 2019 di bawah naungan YGX. Kali ini, Kwon Hyun Bin akan berpromosi dengan nama panggung VIINI sebagai solois.

VIINI berpartisipasi sebagai salah satu penulis lirik serta komposer untuk seluruh lagu dalam album debutnya yang bertajuk Dimension. Album tersebut memiliki empat buah lagu dengan title track berjudul Genie (도깨비방망이) dan sub-title track berjudul Bittersweet.

Banyak juga ya alumni Produce 101 musim dua yang merilis album dan lagu solo. Sukses selalu untuk karya-karya selanjutnya.

Baca Juga: Debut 2019, 5 Boy Group & Band Ini Beranggotakan Alumni Produce 101 S2

Vio N. Photo Verified Writer Vio N.

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya