Comscore Tracker

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNK

Sukses untuk comeback-nya

Boygorup yang satu ini sempat menarik perhatian karena tinggi badan para anggotanya. Banyak yang menganggap bahwa anggota KNK terlihat seperti para model karena tinggi badan dan visual mereka. Meskipun begitu, tidak hanya visualnya saja yang menarik, akan tetapi boygroup ini dikenal akan kemampuan bernyanyi yang mumpuni dari para vokalisnya. 

Tahun 2018 ini, dikabarkan bahwa salah satu anggota mereka, yaitu Kim Youjin, keluar dari KNK dengan alasan kesehatan. KNK pun sempat berpromosi dengan 4 orang anggota hingga akhirnya mereka mengumumkan seorang anggota baru yang bergabung bersama KNK.

Setelah melewati banyak hal, dari mengikuti acara survival hingga kontrak yang berakhir sebelum waktunya, akhirnya KNK dapat kembali lagi melakukan promosi dan comeback.  Berikut perjalanan KNK dari mereka debut hingga sekarang.

1. Debut

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKinstagram.com/@knk_official_knk

KNK debut di bawah naungan YNB Entertainment pada tahun 2016 tanggal 3 Maret dengan lagu berjudul "Knock." Sebelumnya, KNK telah menggelar showcase pada bulan Februari tahun 2016. Mereka debut dengan lima orang anggota, yakni Park Seoham (dulu bernama Park Seungjun), Oh Heejun, Jung Inseong, Kim Youjin, dan Kim Jihun. Mereka banyak menarik perhatian dengan tarian unik mereka untuk lagu "Knock" dan karena tinggi badan mereka.

Anggota terpendek di KNK, yaitu Oh Heejun, memiliki tinggi 180 cm, dan Park Seoham memiliki tinggi 189 cm serta menjadi anggota KNK yang paling tinggi. Sebelum debut, Kim Youjin, Kim Jihun, Jung Inseong, dan Park Seoham pernah tampil dalam video musik milik Bestie. 

Beberapa anggota dari KNK, pernah menjadi peserta pelatihan di lain agensi. Seperti Park Seoham dan Jung Inseong yang pernah menjadi peserta pelatihan di BigHit Entertainment bersama anggota BTS. Jung Inseong kemudian menjadi peserta pelatihan di FNC Entertainment bersama dengan sang maknae, Oh Heejun.

2. Comeback pertama dengan EP "Awake" dan batalnya perilisan video musik untuk title track dari EP "Remain"

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKYoutube.com/Stone Music Entertainment

Pada bulan Juni tahun 2016, sekitar tiga bulan setelah debut dengan single album, KNK melakukan comeback pertama mereka dengan EP (Extended Plays) berjudul "Awake." Lagu berjudul "Back Again" dipilih menjadi title track. Sebelumnya, pada bulan Mei KNK telah merilis digital single berjudul "I Remember." Lagu "I Remember" ditambahkan sebagai salah satu track dalam EP "Awake."

Pada bulan November dalam tahun yang sama, KNK kembali merilis EP berjudul "Remain" dengan title track berjudul "U." Leader dari KNK, Kim Jihun, ikut andil dalam pembuatan koreografi untuk lagu "U." Sayangnya, karena terdapat permasalahan teknis, video musik untuk lagu tersebut batal dirilis. Sebagai gantinya, KNK merilis sebuah performance video untuk lagu "U."

3. Konser solo dan comeback pertama di tahun 2017

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKinstagram.com/@knk_official_knk

Pada bulan April tahun 2017, KNK melakukan konser solo pertama mereka. Kemudian pada bulan Mei di tahun yang sama, KNK melakukan comeback pertamanya dengan single album bertajuk "Gravity" dengan lagu berjudul "Sun, Moon, Star" sebagai title track. 

Baca Juga: Banjir Prestasi, 10 Boyband KPop Paling Bersinar Sepanjang 2018 

4. Repackage album dan debut Jepang

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKInstagram.com/@knk_official_knk

Pada bulan Juli tahun 2017, KNK comeback dengan repackage album bertajuk "Gravity, Completed." Lagu berjudul "Rain" dipilih sebagai title track dari album tersebut. Selanjutnya, pada bulan Oktober tahun 2017, KNK melakukan debut Jepang dengan lagu mereka yang berjudul "U" yang diubah ke dalam versi bahasa Jepang. Lagu tersebut masuk ke dalam single album Jepang pertama KNK.

5. Menjadi peserta dalam acara survival Mixnine

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKTwitter.com/@jtbc_mixnine

Seluruh anggota KNK mengikuti audisi untuk acara survival Mixnine, akan tetapi, Kim Jihun dan Kim Youjin tidak lolos. Jung Inseong, Oh Heejun, dan Park Seoham yang terpilih akhirnya tereliminasi dan tidak masuk ke final line. Jung Inseong tereliminasi pada peringkat ke 26, Oh Heejun pada peringkat ke 24, dan Park Seoham (dengan nama Park Seungjun) tereliminasi pada peringkat ke 32.

Mixnine merupakan acara survival yang tayang di saluran tv kabel JTBC bekerja sama dengan YG Entertainment. Acara ini diikuti oleh peserta pelatihan laki-laki dan perempuan. Pada akhirnya, sembilan peserta laki-laki memenangkan lebih banyak suara di episode final. Namun sayangnya, YG Entertainment akhirnya batal mendebutkan final line tersebut.

Selanjutnya KNK melakukan joint tour bersama Snuper di Jepang.

6. Kim Youjin hiatus

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKInstagram.com/@knk_official_knk

Dilansir dari Soompi.com, pada awal tahun 2018, sekitar bulan April, YNB Entertainment mengumumkan bahwa Kim Youjin dengan panic disorder yang diidapnya, kesulitan untuk mengikuti kegiatan promosi KNK selanjutnya. Oleh karena itu, Kim Youjin diumumkan akan hiatus sementara dari promosi grup. KNK akan melanjutkan kegiatan dengan empat orang anggota.

7. Kim Youjin keluar dari KNK dan perpisahan YNB Entertainment dengan seluruh anggota KNK

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKTwitter.com/@KNK_OfficiaI

Pada bulan September lalu, masih dilansir dari laman Soompi.com, diketahui bahwa Kim Youjin resmi keluar dari KNK untuk pemulihan kesehatannya. Dan karena permasalahan manajemen dalam YNB Entertainment, akhirnya diputuskan untuk mengakhiri kontrak antara KNK dengan agensi tersebut. Kim Jihun, Park Seoham, Oh Heejun, dan Jung Inseong, akan melanjutkan promosi dengan empat anggota serta tetap dengan nama KNK. 

8. Anggota baru, comeback, dan tour ke Amerika Serikat

Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKTwitter.com/@KNK_OfficiaI
Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKTwitter.com/@KNK_Official
Kembali dengan Anggota Baru, Ini 8 Potret Perjalanan Karir Boyband KNKTwitter.com/@_mymusictaste

Pada bulan Desember ini, KNK mengumumkan bahwa mereka memiliki seorang anggota baru. Anggota baru tersebut bernama Lee Dongwon dan diceritakan bahwa ia sudah dekat dengan anggota KNK untuk waktu lama. 

Sebelumnya, Park Seoham mengumumkan pengubahan namanya dari Park Seungjun menjadi Park Seoham. Ia juga membuat akun Instagram pribadinya dengan nama tersebut.

Tak lama kemudian, KNK mengumumkan bahwa mereka akan melakukan comeback pada bulan Januari tahun 2019 mendatang. Kali ini KNK akan merilis single album ketiga mereka yang bertajuk "Lonely Night." Video musik dan single album tersebut akan dirilis pada tanggal 7 Januari tahun 2019.

Selanjunya, KNK juga mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tour di Amerika Serikat. KNK akan mengunjungi Los Angeles, Dallas, Chicago, dan New York. Tour bertajuk sama dengan single album ketiga mereka ini, akan dimulai pada bulan Februari hingga Maret tahun 2019 nanti.

Selamat datang anggota baru KNK. Semoga dengan anggota baru, karir KNK bisa berjalan lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan semoga Kim Youjin juga dapat menjalani hari-harinya dengan lebih baik. Sukses selalu, ya.

Baca Juga: Penuh Haru, 6 Film Dokumenter Idol KPop yang Diangkat ke Layar Lebar

Vio N. Photo Verified Writer Vio N.

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya