Comscore Tracker

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penonton

Dalih berkhianat demi kebaikan mujur bagi mereka

Karakter pengkhianat seringkali memberikan plot twist tak terduga dalam anime. Pengkhianatan suatu karakter terkadang membuat pihak yang dikhianati akan merasa dirugikan karena tindakan sembrono mereka. Namun, jangan salah, tidak semua pengkhianatan dalam anime itu akan berujung buruk, lho.

Seperti kelima karakter anime ini contohnya. Mereka melakukan pengkhianatan yang bahkan bisa mengancam nyawa mereka sendiri. Sebaliknya pengkhianatan mereka malah memberikan bantuan yang cukup membantu bagi pihak yang baik.

Siapa saja, ya, para pengkhianat ini? Yuk, kita simak satu per satu lewat ulasan berikut ini!

1. Itachi Uchiha (Naruto)

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penontonilustrasi karakter Itachi Uchiha (dok. Studio Pierrot/Naruto)

Itachi dikenal sebagai salah satu ninja yang memiliki sejarah kelam di desa Konoha. Ia membantai klannya sendiri dan menjadi salah satu anggota Akatsuki yang berbahaya. Semua tindakannya ini cukup untuk membuat Itachi langsung dicap sebagai pengkhianat yang membunuh keluarganya sendiri dan meninggalkan desa. 

Sebelum tragedi pengkhianatan ini, Itachi sebenarnya adalah sosok yang cinta damai dan memiliki bakat istimewa sebagai seorang Shinobi. Kendati demikian, konflik antara Desa Konoha dan Klan Uchiha terus memanas sehingga Itachi harus menjadi agen ganda untuk memata-matai klannya sendiri sebagai seorang Anbu sekaligus memata-matai Desa Konoha sebagai putra sulung dari klan Uchiha. Pada akhirnya, Itachi harus mengambil langkah ekstrim untuk membunuh seluruh anggota klannya.

2. Gin Ichimaru (Bleach)

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penontonilustrasi karakter Gin Ichimaru (dok. Studio Pierrot/Bleach)

Pengkhianatan Gin Ichimaru yang memilih bergabung dengan Aizen daripada membantu Soul Society memang memberikan pukulan besar bagi beberapa karakter anime Bleach. Gin sendiri dikenal sebagai salah satu Shinigami yang jenius dan berhasil menjabat sebagai kapten dalam waktu yang singkat. Kendati memiliki prestasi gemilang, semuanya sirna ketika ia mulai berpihak pada Aizen.

Meskipun berkhianat, pada akhirnya Gin hanya ingin membunuh musuhnya dengan menjadi orang terdekat. Ia sengaja mendekati Aizen, membangun kepercayaan, dan berniat membunuh Aizen dengan tangannya sendiri. Meskipun gagal membunuh Aizen, pada akhirnya penonton malah salut dengan tindakan Gin tersebut dan tidak jadi membencinya.

Baca Juga: Gak Suka Ngomong, Ini 5 Karakter Paling Irit Bicara di Anime

3. Baji Keisuke (Tokyo Revengers)

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penontonilustrasi karakter Baji Keisuke (dok. Studio LIDENFILMS/Tokyo Revengers)

Dalam anime Tokyo Revengers, Baji adalah kapten Divisi 1 dan salah satu pendiri geng Tokyo Manji. Meskipun menjadi salah satu teman terbaik Mikey, Baji yang memiliki sifat yang cukup pemberontak justru memutuskan keluar dari Tokyo Manji dan bergabung dengan Valhalla. Pengkhianatannya ini pastinya membuat banyak pihak bertanya-tanya, apalagi kala itu konflik Tokyo Manji dan Valhalla memang sedang memanas.

Meskipun ada banyak pro dan kontra karena pengkhianatannya, Baji memiliki alasan tersendiri mengapa ia akhirnya bergabung dengan Valhalla. Di masa lalu, Baji dan Kazutora terlibat dalam pembunuhan Shinichiro, Kakak Mikey. Meski keduanya sangat merasa bersalah akan kematian kakak Mikey, Kazutora justru ingin membunuh Mikey selanjutnya dan menjadi salah satu anggota geng Valhalla. Baji yang mengetahui hal ini pun ingin menghentikan Kazutora dengan cara mendekatinya dan bergabung ke Valhalla.

4. Meleoron (Hunter x Hunter)

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penontonilustrasi karakter Meleoron (dok. Studio Madhouse/Hunter x Hunter)

Meleoron adalah salah satu kapten pasukan Semut Chimera dalam anime Hunter x Hunter. Ia memiliki kepribadian yang simpel dan tidak memiliki sifat haus darah seperti kapten pasukan lainnya. Sebaliknya, Meleoron justru merasakan ancaman yang mengerikan dari rajanya sendiri dan akhirnya beralih pihak untuk membantu para Hunter.

Pengkhianatannya ini pun sebenarnya penuh dengan pertaruhan nyawa. Ia bisa saja dibunuh jika ketahuan berkhianat. Namun, dengan berpihaknya Meleoron pada Hunter, banyaknya informasi yang didapatkan malah sangat berguna untuk mengalahkan Semut Chimera. Ia juga telah banyak membantu para karakter dalam pertarungan melawan Semut Chimera dan meloloskan mereka dari ancaman maut.

5. Hawks (My Hero Academia)

5 Pengkhianat di Anime yang Tidak Dibenci Penontonilustrasi karakter Hawks (dok. Studio Bones/My Hero Academia)

Meskipun bertindak sebagai agen ganda, tindakan Hawks untuk berkhianat ke aliansi penjahat bukanlah untuk tujuan yang buruk. Hawks sendiri dikenal sebagai Pro Hero peringkat kedua setelah Endeavor. Ia memiliki popularitas yang besar dan memiliki kemampuan komunikasi yang cakap. Oleh atasannya, Hawks pun melakukan misi untuk mendekati aliansi penjahat untuk mengetahui rencana tersembunyi apa yang sedang mereka lakukan. 

Menjadi agen ganda pun sulit bagi Hawks. Ia bahkan harus menculik salah satu pahlawan lainnya, yaitu Best Jeannist untuk membangun kepercayaan dengan aliansi penjahat. Untuk sekedar memberikan informasi, Hawks juga menggunakan kode-kode rumit agar tidak ketahuan oleh para penjahat. 

Kelima karakter ini mungkin berkhianat, tapi pengkhianatan mereka justru membuat banyak perubahan yang besar bagi alur cerita anime. Wah, dari kelima karakter di atas, pengkhianatan karakter mana, nih, yang paling epik? Share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Pemanah Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya