Comscore Tracker

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk Ditonton

Apakah kamu juga makin menyukai genre survival game ini?

Efek penayangan drama Korea Squid Game dan dorama Alice in Borderland memang begitu besar dengan semakin banyaknya peminat. Gak heran, nih, karena dampak dari dua drama yang populer di seluruh dunia ini, drama dan film bergenre survival game serupa kini juga makin dilirik oleh para penonton. Namun, jika kita kesampingkan popularitas dan tingginya antusiasme penggemar, apa yang bikin drama dan film bergenre seperti ini jadi makin diminati, sih?

Mengingat penulis juga menyukai genre survival game dalam drama maupun film, setidaknya ada lima alasan mengapa drama dan film survival game, seperti Squid Game dan Alice in Borderland, menarik untuk ditonton. Penasaran, kan? Yuk, kita simak di bawah!

1. Menawarkan sensasi menegangkan ketika menonton

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk DitontonUsagi dan Arisu (dok. Netflix/Alice in Borderland)

Yang paling pertama, drama maupun film bergenre survival game setidaknya juga menggandeng genre thriller untuk menambah ketegangan. Karena temanya adalah bermain game untuk bertahan hidup, gak jarang jika para karakter dalam drama bergenre ini akan menemui ajal jika kalah dalam bermain. Ketegangan pastinya akan terasa tatkala situasi dibuat semakin runyam, entah karena putus asa, ada adegan pengkhianatan, maupun ketika pembantaian para pemain dimulai.

Untuk penonton yang memang suka memacu adrenalin, genre thriller memang bisa bikin deg-degan ketika menonton, nih. Genre survival game yang populer lagi pun seolah jadi tontonan menyegarkan tatkala sudah bosan dengan drama bertema lainnya.

2. Cerita fiksi mengerikan yang membuat penonton terbayang-bayang

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk DitontonShun dan teman sekelasnya terjebak dalam permainan Daruma. (dok. Netflix/As The Gods Will)

Yup, drama atau film bergenre survival game pasti adalah kisah fiksi. Kisah ini mungkin tidak akan terbayang sebelumnya di benak penonton, bahkan hal yang seharusnya terlihat baik pun bisa menjadi buruk. Survival game dalam drama maupun film pun terbilang bervariasi. 

Squid Game dan film As The Gods Will, misalnya, keduanya menggunakan permainan anak-anak sebagai dasar permainannya. Alice in Borderland pun menggunakan permainan otak dan fisik demi mendapatkan kartu. Secara tidak langsung, beberapa penonton mungkin jadi terbayang-bayang apa jadinya jika permainan maut seperti ini ada di dunia nyata.

Baca Juga: 9 Potret Totalitas Artis Dandan ala Squid Game, Zara Mirip Banget! 

3. Keputusasaan membuahkan solusi brilian

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk DitontonSeong Gi Hoon (dok. Netflix/Squid Game)

Ketika menonton drama maupun film bergenre survival game, beberapa penonton akan merasakan kengerian atau justru senang tatkala ada karakter yang difavoritkan atau dibenci berada dalam keputusasaan. Selain faktor alur cerita yang disajikan, perasaan seperti inilah yang menjadi poin utama mengapa genre ini jadi makin diminati.

Mengingat para karakter dalam drama dan film bergenre survival game kebanyakan berada dalam kondisi putus asa, mereka dipaksa untuk menemukan solusi di bawah tekanan. Gak mengherankan, permainan yang tadinya seolah mustahil diselesaikan bisa dilalui dengan baik oleh para karakter.

4. Pelajaran hidup ketika nyawa di ujung tanduk

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk DitontonSang Woo dan Gi Hoon (dok. Netflix/Squid Game)

Para karakter dalam drama maupun film bergenre survival game biasanya datang dengan berbagai masalah pada diri masing masing. Jika kita melirik ke Squid Game dan Kaiji: The Ultimate Gambler, para karakternya memiliki krisis keuangan. Namun, ada juga yang secara acak terjebak dalam permainan mematikan, seperti di Alice in Borderland, Judge hingga Werewolf Game

Namun, baik dari mana pun latar belakang para pemain, pelajaran hidup yang didapatkan pasti membuat beberapa penonton tergugah. Kita bisa mendapatkan banyak banget pelajaran hidup yang berharga ketika menonton, mulai dari nilai pertemanan, uang, hingga harga diri. 

5. Sinematografi yang unik

5 Alasan Drama dan Film Bergenre Survival Game Seru untuk Ditontonlive action Judge (dok. My Theater D.D., Inc./Judge)

Mungkin poin yang ini gak selalu diterapkan di semua drama dan film bergenre survival game. Namun ada banyak, nih, film bertema bertahan hidup yang menerapkan sinematografi yang unik dan berani beda. 

Film bergenre survival game, seperti Judge, menggunakan sudut pandang seolah-olah penonton menonton para karakter dari kamera CCTV. Ada juga Werewolf Game yang seolah satu karakternya sedang merekam kejadian dan kita melihatnya dari sudut pandang kamera. Overall, sinematografi yang ditawarkan oleh drama maupun film bergenre survival game memang jarang banget mengecewakan dan seolah bisa mengantarkan alur cerita sekaligus intensi yang pas pada penonton. 

Mengingat drama-drama survival game, seperti Squid Game maupun Alice in Borderland, sudah semakin digandrungi, penulis berharap drama maupun film bergenre serupa akan makin diminati nih oleh para penonton. Apakah kamu juga salah satu penikmat drama dan film bergenre survival game? Yuk, bagikan drama maupun film kesukaanmu ke pembaca lainnya di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Permainan Mematikan yang Ada di Serial Squid Game

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya