Comscore Tracker

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Anime favorit siapa, nih? #IDNTimesHype

Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood kini sudah berumur 12 tahun, tetapi masih dianggap sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa. Bukannya tanpa alasan, anime ini memiliki alur cerita yang cukup kompleks dengan animasi dan aksi yang memanjakan mata. 

Meski sudah berumur lebih dari 1 dekade, beberapa fakta menarik mengenai Fullmetal Alchemist: Brotherhood ini rupanya masih cukup asing bagi para penggemar, nih. Yuk, kita simak satu per satu!

1. Konflik Ishval terinspirasi dari suku Ainu di Hokkaido

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: BrotherhoodKaum Ishval (dok. Studio Bones/ Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Salah satu akar permasalahan dalam anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah konflik Ishval. Kaum Ishval yang merupakan minoritas di Negara Amestris dibantai habis-habisan oleh militer. Rupanya konflik ini terinspirasi dari suku Ainu, suatu etnis pribumi di Hokkaido, Jepang. Bukannya tanpa alasan, sang mangaka, Hiromu Arakawa yang juga berasal dari Hokkaido, mengangkat isu ini ke dalam karyanya. 

Suku Ainu sering dianggap sebagai orang Jōmon atau penduduk asli Jepang dari periode Jōmon. Namun, dengan adanya Restorasi Meiji pada 1899, orang-orang Jepang mulai bermigrasi ke Hokkaido dan mendesak suku Ainu untuk berasimilasi dengan orang Jepang—suku Yamato yang merupakan kelompok etnis asli dan dominan di Jepang—dan menyembunyikan asal-usul mereka karena permasalahan etnis. 

2. Hiromu Arakawa membeli properti militer sungguhan sebagai referensi menggambar

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: BrotherhoodRiza Hawkeye (dok. Studio Bones/ Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood mengusung genre militer. Tak heran, penonton akan melihat banyaknya tentara lengkap dengan atribut dan persenjataan. Menariknya, Hiromu Arakawa begitu totalitas dalam pembuatan karyanya, bahkan sampai membeli properti militer sungguhan sebagai referensi menggambar, lho. 

Sebagai contoh, karakter Riza Hawkeye yang kerap terlihat menggunakan dua handgun dan senapan di tangannya ternyata menggunakan FN Model 1910 dan Karabiner 98K, yaitu senapan sniper Jerman yang digunakan pada saat Perang Dunia Kedua. Keren, ya!

Baca Juga: 5 Homunculus Terkuat dalam Anime Fullmetal Alchemist

3. Mewawancarai veteran perang Jepang sebagai referensi penokohan karakter

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: BrotherhoodKing Bradley dan Pasukan Militer (dok. Studio Bones/ Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Tak cukup menggunakan properti militer asli, Hiromu Arakawa juga mewawancarai veteran perang Jepang. Hal ini untuk memperjelas detail karyanya dan mempelajari pengalaman para veteran tersebut sebagai tentara. 

Berkat hasil wawancara ini, beberapa karakter dalam anime yang berkecimpung dalam militer, seperti Roy Mustang, Hawkeye, dan Armstrong, memiliki gejala stres pascatrauma. Hal ini dipengaruhi oleh peperangan yang terjadi dalam cerita. 

4. Konsep pertukaran setara

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: BrotherhoodLingkaran Transmutasi (dok. Studio Bones/ Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Salah satu hukum alkimia terkenal yang ada dalam anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah konsep pertukaran setara. Dalam anime, alkimia dapat dilakukan dengan adanya konsep ini. Jika menginginkan sesuatu, sesuatu yang lain—yang bernilai sama—harus hilang atau dibayarkan. 

Rupanya, konsep pertukaran setara ini terinspirasi dari fisolofi yang diajarkan orangtua Hiromu Arakawa, lho. Lahir dalam keluarga yang mengelola pertanian, Hiromu Arakawa diajarkan bahwa demi mencapai sesuatu, ia harus memberikan kerja keras yang sama besarnya agar bisa sukses.

5. Nama-nama karakter dalam Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Wow! Ini 5 Fakta Sejarah dari Anime Fullmetal Alchemist: BrotherhoodHawkeye, Mustang dan Armstrong (dok. Studio Bones/ Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Salah satu fakta menarik Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah penamaan karakter-karakter dalam anime ini, nih. Beberapa nama karakter ternyata terinspirasi dari kendaraan militer di dunia nyata, lho.

Sebut saja karakter Roy Mustang, ia dinamai berdasarkan P-51 Mustang, pesawat tempur buatan Amerika Utara yang digunakan dalam Perang Dunia Kedua dan Perang Korea. Lalu, ada karakter Grumman yang dinamai berdasarkan kapal induk milik militer Amerika Serikat, Grumman E-2 Hawkeye. Secara kebetulan, karakter Hawkeye juga adalah cucu dari Grumman. Karakter Armstrong juga berasal pesawat bomber milik Inggris, Armstrong Whithworth Whitley yang digunakan pada Perang Dunia Kedua. 

Nah itu tadi lima fakta menarik Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang mungkin belum kamu ketahui. Wah, kira-kira fakta yang mana, nih, yang paling mencengangkan? Share komentarmu di bawah, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Violet Evergarden: The Movie—Pembebasan Luka Masa Lalu

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya