Comscore Tracker

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan Penggunanya

Bak pedang bermata dua! #IDNTimesHype

Dalam anime, kita sering kali melihat beberapa karakter yang memang memiliki kekuatan besar dan sulit dikalahkan. Namun, tak jarang kekuatan yang besar juga kadang diikuti dengan berbagai bahaya yang bisa mengancam sang pemilik kekuatan.

Seperti lima kekuatan dalam anime ini. Meski karakter penggunanya menjadi begitu kuat dan seolah dapat melakukan apa pun, kekuatan mereka juga dapat menjadi pedang bermata dua yang dapat melukai diri mereka sendiri. Kira-kira, kekuatan apa saja yang dimaksud? Yuk kita simak ulasannya di bawah!

1. Chain Jail (Hunter x Hunter)

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan PenggunanyaKurapika menggunakan Chain Jail. (dok. Studio Madhouse/Hunter x Hunter)

Dalam anime Hunter x Hunter, Chain Jail adalah salah satu kemampuan Nen milik Kurapika yang ia gunakan untuk membalas dendam pada Genei Ryodan. Rantai di tangannya akan terhubung di setiap jari Kurapika dan memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari penyembuhan hingga menjerat musuh.

Chain Jail adalah salah satu rantai yang memiliki fungsi untuk menangkap lawannya hingga tak berkutik. Namun, sayangnya Kurapika hanya bisa menggunakan Chain Jail secara efektif pada anggota Genei Ryodan. Untuk memperkuat kemampuannya, Kurapika membuat sebuah kontrak, yakni ia akan mendapatkan kekuatan yang cukup untuk mengalahkan Genei Ryodan.

Dampak dari keinginan balas dendamnya ini adalah Kurapika juga menanamkan Judgement Chain di jantungnya dengan tekad bahwa ia tidak akan menggunakan kemampuan Chain Jail pada siapa pun, kecuali Genei Ryodan. Apabila Kurapika menggunakan Chain Jail pada orang lain, rantai yang ia tanamkan di jantungnya juga akan membunuhnya secara instan karena melanggar kontrak.

2. Eyes of the Lord (Record of Ragnarok)

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan PenggunanyaAdam (dok. Studio Graphinica/Record of Ragnarok)

Eyes of the Lord milik Adam dapat memungkinkannya untuk menyalin kemampuan lawan dengan sangat akurat. Dalam pertarungannya melawan Zeus, Adam berhasil membalikkan situasi dan membuat Zeus kewalahan dalam menghadapinya. Ia pun berhasil mendesak Zeus dengan menyalin kekuatannya dan membuat Zeus seolah-olah bertarung melawan cermin.

Sayangnya, menggunakan Eyes of the Lord pun tidak semata-mata tanpa risiko. Menggunakan kekuatannya secara terus-menerus membuat saraf Adam menjadi lebih tegang, menyebabkan pendarahan hebat, bahkan kebutaan. Selain itu, efektivitas serangannya pun juga akan semakin berkurang sehingga Zeus berhasil memanfaatkan celah yang sangat sempit untuk kembali mendesak Adam.

Baca Juga: [REVIEW] Record of Ragnarok—Pertarungan Manusia Melawan Dewa

3. Antimatter Tentacle (Assassination Classroom)

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan PenggunanyaItona Horibe (dok. Studio Lerche/Assassination Classroom)

Antimatter Tentacle adalah salah satu hasil eksperimen yang diciptakan oleh Yanagisawa. Tentakel ini memiliki kemampuan regenerasi, kekuatan, dan kecepatan yang sangat tinggi hingga bisa membuat penggunanya menjadi sulit dikalahkan. Dalam anime Assassination Classroom, para karakter seperti Koro Sensei, Itona, dan Kayano pun memiliki Antimatter Tentacle.

Kekuatan besar yang ditawarkan oleh sel tentakel ini pun juga tak lepas dari rasa sakit yang harus dikorbankan. Terbukti, Koro Sensei yang telah berubah sepenuhnya berkat eksperimen hanya memiliki waktu selama setahun untuk bertahan hidup. Beda lagi dengan Itona dan Kayano, mereka harus merasakan rasa sakit luar biasa jika sel tentakel ini tidak mendapatkan perawatan. Mereka pun juga terancam kehilangan sisi manusia mereka jika telanjur lepas kendali karena kekuatan tentakel ini.

4. Time Leap (Charlotte)

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan PenggunanyaShunsuke Otosaka (dok. Studio P.A. Works/Charlotte)

Memiliki kekuatan untuk kembali ke masa lalu dapat dimanfaatkan untuk mengubah masa depan yang tidak diinginkan. Kekuatan ini sangat berguna dan dalam anime Charlotte, karakter Shunsuke Otosaka juga dianugrahi oleh kekuatan ini. Berkat kekuatan Time Leap ini, Shunsuke berhasil kembali ke masa lalu terus menerus untuk memperbaiki masa depan, terutama untuk memperbaiki nasib para pemilik kemampuan khusus seperti dirinya. 

Shunsuke yang telah menggunakan Time Leap berkali-kali mulai merasakan efek samping dari kekuatannya ini. Penglihatan Shunsuke pun berangsur memburuk, ia mulai menggunakan kacamata dan telah memprediksi matanya akan buta secara perlahan jika terus menggunakan Time Leap. Ketika mata Shunsuke sudah terlanjur buta, kekuatan Time Leap pun tidak bisa ia gunakan kembali untuk pergi ke masa lalu.

5. Alaya-Vijnana System (Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans)

5 Kekuatan dalam Anime yang Bisa Membahayakan PenggunanyaMikazuki Augus (dok. Studio Sunrise/Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans)

Ada sebuah sistem mengerikan yang dijalankan untuk membuat pilot memiliki kemampuan untuk menyatu dengan Mobile Suit yang mereka jalankan. Dalam anime Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans, sistem ini dikenal dengan nama Alaya-Vijnana System. Karakter Mikazuki Augus adalah salah satu karakter yang berhasil bertahan menggunakan sistem Alaya-Vijnana ini.

Sistem Alaya-Vijnana memungkinkan pilot untuk terkoneksi dengan Mobile Suit mereka dengan cara menghubungkannya ke mesin nano yang tertanam dalam tulang belakang pilot. Penanaman mesin nano pada tulang belakang pilot pun berisiko tinggi dan dapat menyebabkan kelumpuhan jika gagal.

Namun, dengan resiko tinggi tersebut, pilot yang selamat dan menggunakan sistem Alaya-Vijnana ini dapat meningkatkan kesadaran spasial mereka dalam bertempur. Sistem ini dapat membuat otak pilot akan langsung memproses data dari Mobile Suit dengan cepat dan mengendarainya bahkan tanpa instruksi dan membaca panduan. Namun, lagi-lagi jika pilot terlalu memaksakan diri menggunakan sistem ini, saraf otak mereka juga akan semakin rusak dan mengalami pendarahan dari hidung.

 

Melihat bagaimana kelima kekuatan ini memiliki potensi bahkan sudah membahayakan nyawa penggunanya menjadi bukti bahwa kekuatan yang besar pun tak luput dari berbagai risiko. Semakin besar kekuatannya, risiko yang diberikan pun juga akan semakin besar dan dapat merugikan. Dari kelima kekuatan di atas, nomor berapa yang paling merugikan bagi penggunanya? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Mobile Suit Gundam: Hathaway—Aksi Terorisme Melawan Federasi

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya