Comscore Tracker

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. Stone

Di dunia primitif, penemuan ini penting banget! 

Mengambil tema pascaapokaliptik dan genre sci-fi, anime Dr. Stone menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Senku yang terbangun dari pembatuan dan berniat untuk membangun peradaban manusia. Anime ini cukup menarik karena di sepanjang cerita, penonton akan dibuat penasaran dengan berbagai penemuan dari Senku.

Selama ini, Senku telah menciptakan berbagai alat yang sangat berguna untuk membangun kembali peradaban. Namun, di antara semua alat yang berhasil dibuat oleh Senku, enam alat ini dinilai sebagai yang paling berguna dan penting dalam cerita. Penasaran? Yuk, kita simak satu per satu di bawah!

1. Sabun

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneSabun buatan Senku. (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Tentu sabun adalah benda sepele yang jarang dianggap berguna selain untuk membersihkan tubuh. Namun, bagi Senku, berhasil menemukan sabun dalam dunia yang tak mengenal teknologi justru membantunya dalam segala hal. Bahkan, Senku mengklaim sabun adalah fondasi kehidupan di dunia yang tanpa dokter tersebut. 

Dalam anime ini, Senku menciptakan sabun menggunakan kalsium karbonat dari kerang, sodium karbonat dari rumput laut, dan mencampurkannya dengan minyak. Selain digunakan untuk membersihkan diri, dalam anime Dr. Stone, Senku juga menggunakan sabun sebagai pelumas katrol untuk menyelamatkan Kohaku.

2. Listrik

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneGinrou dan Kinrou menggunakan generator sebagai pembangkit listrik. (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Listrik merupakan penemuan paling berguna dalam sejarah. Untuk memulainya, Senku mengawali dengan membuat magnet menggunakan batang besi yang dililitkan dengan tembaga dan mengalirinya dengan listrik dari petir. Setelah mendapatkan magnet, Senku kemudian menggunakannya untuk membuat generator sebagai pembangkit listrik. 

Meskipun generator yang ada masih menggunakan tenaga manusia, Senku berhasil membuat listrik pertama setelah 3.700 tahun lamanya dan menggunakannya untuk menyalakan lampu.

3. Telepon

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneSenku berhasil membuat telepon. (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Sebagai upaya untuk bisa terhubung dengan Taiju dan Yuzuriha, Senku memutuskan untuk membuat telepon. Meski tak secanggih telepon zaman sekarang, telepon buatan Senku berhasil membuatnya bisa berbicara dengan teman-temannya setelah sekian lama.

Dalam anime ini, proses dalam pembuatan telepon pun terbilang panjang. Senku harus membuat beberapa elemen telepon, mulai dari vacuum tube hingga mikrofon. Setelah digabungkan menjadi satu, telepon pun harus terhubung dengan kabel yang cukup panjang agar bisa tersambung dengan telepon yang lainnya. Nantinya, telepon ini akan digunakan Senku untuk menghubungi Taiju dan Yuzuriha. Senku memberitahukan rencana mereka untuk melawan Tsukasa.

Baca Juga: 5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime Populer

4. Antibiotik

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneSenku membuat obat antibiotik. (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Demi menyelamatkan Ruri yang sakit, Senku berusaha untuk membuat obat antibiotik. Meskipun belum mengetahui penyakit Ruri, antibiotik merupakan satu-satunya pilihan untuk membuat kondisi Ruri menjadi lebih baik. Untuk membuat antibiotik, Senku memilih membuat antibiotik sulfonamida yang terbuat dari elemen-elemen bebatuan. 

Proses pembuatannya pun memakan waktu dan pencarian bahan yang tidak mudah. Demi membuat obat tersebut, Senku setidaknya harus mengumpulkan banyak bahan, mulai dari besi hingga asam sulfat yang didapatkan sambil bertaruh nyawa.

5. Makanan instan

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneRamen kering buatan Senku (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone: Stone Wars)

Mungkin terdengar sepele, tetapi makanan instan juga merupakan salah satu penemuan paling berguna dalam Dr. Stone, lho. Dalam dunia primitif, manusia tidak memiliki tempat yang memadai untuk menyimpan cadangan makanan, apalagi jika sudah musim dingin. Di tengah dilema tersebut, makanan instan yang dibuat dengan metode beku dan kering adalah solusi bertahan hidup bagi Senku. 

Untuk membuat makanan instan, Senku membekukan ramen yang dibuatnya ketika musim dingin. Saat membekukan makanan, kelembapan di dalamnya akan berubah menjadi es. Jika ramen yang telah membeku ditaruh di ruangan hampa, ketiadaan udara akan membuat es berubah menjadi uap. Proses tersebut membuat ramen menjadi kering sekaligus lebih ringan. Ramen pun bisa disimpan lebih lama dan hanya perlu diseduh dengan air panas agar bisa langsung dinikmati.

6. Peralatan kaca laboratorium

6 Penemuan Paling Berguna dalam Anime Dr. StoneChrome, Suika, dan Kaseki membuat peralatan kaca. (dok. TMS Entertainment/Dr. Stone)

Satu lagi penemuan yang gak kalah berguna adalah peralatan kaca laboratorium. Dalam melakukan eksperimen, terutama ketika pembuatan antibiotik, gerabah dari tanah liat tidak memiliki ketahanan yang cukup. Oleh karena itu, Senku memerlukan peralatan kaca yang bisa menahan segala jenis bahan kimia. Sifat kaca yang tembus pandang juga akan sangat membantu untuk melihat reaksi kimia yang terjadi.

Untuk membuat peralatan kaca, Senku dan Chrome mengumpulkan silika yang terdapat di dalam pasir. Pasir ini dikumpulkan dari tempat yang granitnya sudah mati. Setelah itu, pasir kemudian digiling, dicampurkan dengan kalsium karbonat, dan dipanaskan. 

Keenam penemuan di atas rupanya sangat berguna dan penting, nih, terutama dalam dunia primitif anime Dr. Stone. Nah dari daftar di atas, penemuan yang mana yang paling berguna menurutmu? Share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Dr. Stone Season 2—Perang Melawan Tsukasa Dimulai!

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya