Comscore Tracker

[REVIEW] Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle—Ambil Kisah Tarzan?

Petualangan menarik lainnya bersama Ash dan Pikachu!

Waralaba Pokémon memang selalu memiliki tempat tersendiri bagi para penggemar anime. Pembawaan genre adventure yang menenangkan ditemani dengan berbagai Pocket Monster memang sudah jadi ciri khas tersendiri dalam serial maupun film-film anime Pokémon. Baru-baru ini, Netflix kembali menghadirkan film Pokémon terbaru dalam daftar rilisannya. Film yang merupakan film ke-23 dari waralaba Pokémon ini berjudul Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle.

Film ini pertama kali dirilis di Jepang pada 25 Desember 2020 dan resmi mengudara di Netflix pada 8 Oktober 2021. Dengan durasi kurang lebih 1 jam 40 menit, Ash dan Pikachu akan kembali bertualang dan bertemu dengan Coco yang dibesarkan di hutan oleh Pokémon. Penasaran dengan film terbaru Pokémon ini? Yuk, kita simak review Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle terlebih dahulu!

1. Alur cerita mirip seperti kisah Tarzan

[REVIEW] Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle—Ambil Kisah Tarzan?Zarude dan Coco (dok. Studio OLM/Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle)

Dalam petualangannya kali ini, Ash dan Pikachu mengunjungi Kota Milyfa dalam misinya untuk menjadi pelatih Pokémon terbaik. Kota Milyfa yang berdampingan dengan Hutan Okoya yang cukup lebat membuat banyaknya Pokémon berkembang di hutan tersebut. Ketika berjalan-jalan di hutan, Ash secara kebetulan bertemu dengan Coco.

Coco sendiri adalah bocah yang dirawat oleh Pokémon Zarude di hutan. Kawanan Zarude diketahui melindungi mata air penyembuh di hutan tersebut dengan sangat ketat, bahkan enggan membantu Pokémon lainnya yang memerlukan pertolongan. Karena merawat bocah manusia, Zarude dianggap menyalahi aturan sehingga harus meninggalkan kawanannya. Zarude yang awalnya berusaha mencari-cari orangtua Coco memutuskan untuk merawat Coco. Karena dibesarkan oleh Pokémon, Coco tidak mengerti bahasa manusia ketika pertama kali bertemu dengan Ash. 

Coco pun diajak untuk berkunjung ke kota dan melihat orang-orang lainnya. Karena pertemanan yang makin erat, Ash kemudian membantu Coco untuk mencari orangtuanya. Berbekal kalung dan foto mendiang orangtuanya, Ash dan Coco menemukan tempat orangtua Coco dulu bekerja, yaitu di Biotope Company. Mereka meneliti sumber air di hutan dan mencari mata air penyembuh yang dijaga oleh para Zarude.

Pokémon the Movie kali ini memiliki alur cerita yang mirip dengan kisah Tarzan. Coco yang masih balita dirawat oleh Zarude di alam liar sehingga ia mengembangkan kemampuannya sama seperti Pokémon tersebut. Coco juga tidak memiliki kemampuan untuk berbicara dan bergerak layaknya manusia biasa. Di lain sisi, demi merawat Coco, Zarude harus diusir dari kawanannya sendiri dan tidak boleh menginjak wilayah mereka lagi. 

Penulis sebenarnya mengharapkan adanya pembeda yang cukup besar dari alur cerita Pokémon the Movie kali ini. Di paruh awal hingga pertengahan film memang cukup klise karena yang penonton dapatkan adalah Tarzannya versi Pokémon, tidak berbeda jauh dari film Tarzan yang dirilis 1999. Namun, jika kita melihat di pertengahan hingga akhir, pengembangan konflik dalam film ini memang dibuat dengan sangat baik. 

Menurut penulis, jika kembali dilihat dari sisi positifnya, seperti film-film Pokémon yang sebelumnya, Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle kali ini sudah menyajikan alur cerita yang seru dan menonjolkan sisi emosional dari para karakternya.

2. Membangun kepercayaan antara Pokémon dan manusia

[REVIEW] Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle—Ambil Kisah Tarzan?Coco berbagi makanan dengan para Pokémon di hutan. (dok. Studio OLM/Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle)

Tidak terlalu menonjolkan Ash dan Pikachu, film Pokémon the Movie kali ini lebih berfokus pada karakter Coco. Ketika Zarude membawanya untuk tinggal di hutan, Coco begitu dimusuhi oleh kawanan Zarude dan Pokémon lainnya yang hidup di hutan. Meskipun dimusuhi, karakter Coco justru tidak menyimpan dendam dan ingin agar hubungan Pokémon dan manusia akur. Bahkan, ketika Pokémon di hutan bertengkar karena perebutan wilayah dan makanan, Cocolah yang pertama menolong mereka jika ada yang terluka. 

Selain karakter Coco, Penulis juga tertarik dengan chemistry antarkarakter dan Pokémon yang kembali berhasil dibangun dalam film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle ini. Krisis kepercayaan antara manusia dan Pokémon memang sering diangkat dalam cerita. Di film ini pun, manusia kembali mengeksploitasi habitat Pokémon sehingga monster-monster ini menjadi agresif dan tidak mempercayai manusia. Namun, dengan upaya Coco untuk membuat manusia dan Pokémon hidup berdampingan, para karakter dalam film akhirnya turut bahu-membahu untuk mewujudkannya. 

Baca Juga: [REVIEW] Godzilla Singular Point—Lagu Misterius Pertanda Kiamat

3. Animasi yang semakin keren dari film-film Pokémon lainnya

[REVIEW] Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle—Ambil Kisah Tarzan?Zarude mencari orangtua Coco di kota. (dok. Studio OLM/Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle)

Penulis sangat senang karena setiap kali menonton film-film Pokémon, peningkatan dari segi desain dan animasi selalu melebihi ekspektasi. Desain yang dihadirkan dalam film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle kali ini pun benar-benar menakjubkan dan memanjakan mata. Dari pemandangan latar, karakter, hingga penggunaan CGI, semua dengan porsi yang pas sehingga tidak ada yang perlu penonton khawatirkan. 

Sebagai studio produksi film ini, Studio OLM sukses menggarap animasi film ini dengan maksimal. Studio yang memang telah berdiri sejak 1990 ini memang telah berkembang dari tahun ke tahun dan menghasilkan banyak anime berkualitas. Faktanya, beberapa anime yang dulunya kerap wara-wiri di televisi Indonesia juga digarap oleh Studio OLM, lho. Judul-judul populer, seperti Beyblade Burst, Inazuma Eleven, Yo-kai Watch, Little Battlers Experience, hingga Tamagotchi!, pastinya gak asing lagi bagi para penggemar anime di tanah air. 

4. Taiiku Okazaki menghadirkan lebih banyak theme song untuk film ini

https://www.youtube.com/embed/PZmYaxpIkmo

Ini bukan kali pertama Taiiku Okazaki menggarap musik untuk anime Pokémon. Sebelumnya, Okazaki juga bertanggung jawab untuk pemilihan musik dalam serial anime Pokémon Sun & Moon dan Pokémon Journeys: the Series. Kendati pengalamannya lebih banyak menggarap musik dalam serial anime, ini adalah pertama kalinya bagi Okazaki untuk menggarap musik dalam film. Gak tanggung-tanggung, Okazaki menyuguhkan enam theme song untuk film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle. Sekali lagi, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah film Pokémon memilliki theme song yang semuanya ditulis oleh satu orang yang sama.

Untuk lagu pembuka dan penutup, Okazaki menggandeng penyanyi asal Filipina, Beverly, untuk menyanyikan lagu "Koko" dan Kaela Kimura untuk menyanyikan lagu penutup "I'm Home, Welcome Back". Selain kedua lagu tadi, lagu-lagu lainnya, seperti "Song of the Law" oleh SiNRiN, "Hum of the Forest" oleh the Hino City Tokyo Nanamidori Public Elementary School Choir, "Really Mysterious Creatures" oleh Tortoise Matsumoto, hingga Show Window yang dinyanyikan oleh Okazaki, juga turut memeriahkan film ini. Nah, jika kita menengok ke versi Inggris dari film ini, lagu pembuka dan penutup dinyanyikan oleh Cyn dengan lagu "Always Safe" dan "No Matter What".

Dari deretan theme song di film ini, lagu "Koko" dari Beverly dan "Always Safe" dari Cyn menjadi yang paling penulis sukai di film ini. Suara Beverly yang begitu jernih dan penuh semangat seolah menjadi pembuka yang pas untuk film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle. Di sisi lain, Cyn membawakan lagu pembuka untuk versi Inggris dengan tone suara lebih kalem yang menurut penulis juga tidak kalah cocok untuk mengisi pembuka dari film ini. Tak hanya fokus ke lagu, penulis juga kagum dengan kualitas audio yang ditawarkan dalam film ini. Mengingat tadi penulis sudah dibuat takjub dengan desain dan animasi film ini, audio yang pas seolah makin memperlengkap setiap adegan dan membuat film Pokémon ini jadi kian seru untuk ditonton.

5. Tetsuo Yajima tidak pernah mengecewakan dalam menggarap anime Pokémon

[REVIEW] Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle—Ambil Kisah Tarzan?Coco (dok. Studio OLM/Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle)

Tetsuo Yajima memang bukanlah sosok yang asing apalagi jika kita membicarakan seri dan film Pokémon. Selalu totalitas dan mendapat respons positif atas kerja kerasnya, sutradara kelahiran 1985 ini sebelumnya juga turut menggarap serial dan film Pokémon lainnya, mulai dari Pokémon: Mega Evolution, Pokémon: Black and White, Pokemon XY, Pokemon XY & Z, Pokémon the Movie: I Choose You!, hingga Pokémon the Movie: The Power of Us. Tidaklah mengejutkan jika film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle kali ini juga memiliki kesuksesan yang tidak jauh berbeda dari serial dan film pendahulunya.

Berkat arahan yang cemerlang dari Tetsuo, film Pokémon the Movie Secrets of the Jungle berhasil masuk deretan Box Office Jepang dan meraih pendapatan yang fantastis. Terhitung pada paruh awal 2021, film ini berhasil meraih pendapatan 2,02 miliar Yen atau setara dengan 17 juta Dolar. Itu baru pendapatan di wilayah Jepang saja, lho. Sementara untuk penayangan di seluruh dunia, film Pokémon the Movie Secrets of the Jungle berhasil meraih pendapatan kurang lebih 21 juta Dolar. 

Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle menghadirkan alur cerita yang menyenangkan dengan musik dan animasi yang gak kalah menarik. Petualangan Ash dan Pikachu kali ini pun cukup membuat penulis terhibur dan menantikan film dari waralaba Pokémon yang selanjutnya. Nah untuk hasil akhir, penulis memberikan skor 4/5 untuk film ini. Jangan lupa, jika ingin menonton film Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle, kamu bisa menontonnya melalui media streaming Netflix. Yuk, tonton filmnya sekarang!

https://www.youtube.com/embed/ByzhuRr8StU

Baca Juga: [REVIEW] Pokémon UNITE—Berani Tampil Beda

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya