Comscore Tracker

[REVIEW] Shadow House Season 2—Misteri Rumah Bayangan Makin Terkuak!

Gak kalah seru dari musim sebelumnya, nih

Seri anime Shadow House telah resmi menamatkan musim keduanya. Dirilis pada 9 Juli 2022, Shadow House Season 2 kembali berfokus pada Kate dan Emilico dalam misi mereka untuk menguak berbagai misteri yang menyelimuti rumah bayangan. 

Kelanjutan dari anime adaptasi manga karya Somato ini juga mendapatkan porsi dua belas episode seperti musim sebelumnya. Jika di musim lalu Kate dan Emilico berjuang untuk lolos debut, kali ini mereka akan dihadapkan dengan munculnya sosok misterius yang meneror rumah bayangan. Penasaran? Yuk, kita simak dulu review Shadow House di bawah!

1. Sosok yang misterius berusaha meneror wastu (mansion) anak-anak

[REVIEW] Shadow House Season 2—Misteri Rumah Bayangan Makin Terkuak!Rosemary terkena penyakit jelaga. (dok. CloverWorks/Shadow House Season 2)

Melanjutkan cerita musim pertama, cerita dimulai dengan Kate dan Emilico yang sudah lolos debut. Setelah berhasil melepaskan cuci otak Emilico dan Shaun, Kate masih berusaha untuk melepaskan cuci otak Patrick dan Lou. Namun, masalah tak hanya terletak pada cuci otak.

Keadaan di wastu anak-anak tiba-tiba menjadi kacau setelah Rosemary kembali terkena penyakit jelaga. Tak hanya itu saja, ia juga membawa jelaga kecil dan membuat banyak boneka hidup terkena penyakit jelaga juga. Belum lagi, gabungan jelaga juga membentuk hantu dan mulai menyerang secara membabi buta. Di tengah-tengah keributan, sosok yang berjubah misterius tampak melihat segalanya dari kejauhan. 

Tindakan Kate yang diam-diam ingin melepaskan cuci otak membuat para pembawa bintang menjadi curiga. Ia pun sementara dituduh sebagai pelaku yang menyebabkan kekacauan. Karena tak terima dituduh, Kate mulai menyusun rencana untuk menyelidiki siapa sebenarnya sosok misterius yang menyebabkan banyak masalah di wastu anak-anak.

Musim kedua dari Shadow House kali ini menurut penulis lebih seru daripada musim pertamanya. Penonton akan turut diajak menebak siapakah karakter yang melakukan pemberontakan di rumah bayangan. Misteri mengenai boneka hidup dan rumah bayangan pun akan sedikit demi sedikit terjawab dan membuat penonton mulai mengerti dengan akar permasalahan dalam anime ini. Pemberontakan yang dilakukan tak semata-mata untuk membahayakan penghuni wastu anak-anak. Penonton juga akan diajak mengetahui motif si pelaku melakukan pemberontakan pada paruh akhir cerita.

2. Karakter sampingan punya peran penting pada musim kedua ini

[REVIEW] Shadow House Season 2—Misteri Rumah Bayangan Makin Terkuak!Barbie, Barbara, Maryrose, dan Rosemary. (dok. CloverWorks/Shadow House Season 2)

Karakter yang mungkin hanya sekilas muncul dalam musim pertama, seperti Barbie, Barbara, Rosemary, dan Maryrose, akan memiliki durasi tampil lebih banyak pada musim kedua. Bukannya tanpa alasan, mereka akan cukup berperan penting mengingat kedua pasangan ini adalah anggota bayangan yang paling senior di wastu anak-anak. 

Barbara dan Barbie adalah pembawa bintang yang dikenal punya sikap yang keras dan sangat taat aturan. Barbara yang awalnya punya sikap lembut kian berubah tegas karena tanggung jawab yang membebaninya sebagai pembawa bintang.

Sementara itu, Maryrose diperkenalkan sebagai sosok bayangan yang santai dan misterius. Ia memiliki pandangan tersendiri untuk menghadapi hierarki di rumah bayangan dan memiliki tujuan yang sama dengan Kate serta Emilico.

Baca Juga: 9 Anime Gak Aman Ditonton Bocil, Banyak Adegan Dewasanya!

3. Desain dan animasi dari CloverWorks masih sama dengan musim pertama

[REVIEW] Shadow House Season 2—Misteri Rumah Bayangan Makin Terkuak!Kate dan Emilico (dok. CloverWorks/Shadow House Season 2)

Jeda antara musim pertama dan musim kedua Shadow House bisa dibilang hanya berjarak setahun. Jadi, dari segi desain dan animasi, tidak ada yang berbeda antara dua musim Shadow House ini. Mengingat anime ini bertema gothic, kita tentu akan diperlihatkan kembali dengan desain yang dominan gelap. 

Meskipun desain didominasi dengan warna-warna gelap, setiap karakter dapat ditonjolkan dengan baik, terutama untuk karakter anggota bayangan yang tidak menampakkan wajah mereka. CloverWorks selaku rumah produksi lagi-lagi berhasil membuat desain animasi yang ciamik untuk Shadow House.

4. ReoNa kembali mengisi lagu untuk Shadow House Season 2

https://www.youtube.com/embed/0T7QV-kwLvY

Jika pada musim pertama ReoNa mengisi lagu penutup, musisi sekaligus cosplayer ini kembali hadir membawakan lagu pembuka untuk Shadow House Season 2. Lagu "Shall We Dance?" yang dibawakan oleh ReoNa dimulai dengan dramatis dan memang sangat cocok untuk nuansa dalam anime Shadow House. 

Selain ReoNa, ClariS juga turut hadir dalam mengisi lagu penutup musim kedua Shadow House. Dengan membawakan lagu berjudul "Masquerade", suara ClariS juga gak kalah memikat dengan lagu bertempo lambat yang makin menegaskan kesan misterius pada penghujung anime ini.

5. Kazuki Ohashi kembali menggarap Shadow House Season 2

[REVIEW] Shadow House Season 2—Misteri Rumah Bayangan Makin Terkuak!Emilico (dok. CloverWorks/Shadow House Season 2)

Anime Shadow House Season 2 kembali ditangani oleh Kazuki Ohashi. Sama seperti musim sebelumnya, penggarapan yang dilakukan Ohashi kali ini pun tampaknya gak mengecewakan. Apalagi, ia juga menjadi storyboarder dan unit director untuk desain lagu opening dan ending dalam anime ini. 

Nama Ohashi mungkin belum terlalu dikenal sebab Shadow House adalah anime pertama yang digarapnya sebagai sutradara. Ohashi sendiri lebih dominan bekerja sebagai episode director dan unit director. Meskipun begitu, deretan anime yang digarapnya termasuk sebagai anime-anime yang populer bagi penggemar anime, lho. Kakegurui, Nisekoi, Saekano, Aho-Girl, hingga Girlish Number juga turut digarap oleh Ohashi.

Mengingat Shadow House Season 2 telah digarap dengan sangat baik, penulis juga menantikan kelanjutannya pada musim ketiga nanti. Alur cerita disajikan dengan baik dengan tempo yang pas, begitu juga desain dan musik seolah melengkapi segalanya dalam anime ini. Oleh karena itu, anime garapan CloverWorks ini layak mendapatkan skor 3,5/5. Jika kamu tertarik menonton Shadow House Season 2, kamu bisa menonton seri ini di Animax Asia dan BStation, ya. Selamat menonton!

https://www.youtube.com/embed/80QqLhhwOpY

Baca Juga: 5 Anime Mirip Classroom of the Elite yang Wajib Kamu Tonton

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

(~ ̄³ ̄)~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya