Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesia

Sudah selesai, jangan war lagi. Damai itu indah!

Musisi dengan pemilik nama asli Erdian Aji Prihartanto memberikan pesan melalui akun Instagramnya kepada beberapa pihak yang terkait mengenai kisruhnya dengan beberapa EXO-L dengan maksud agar masalah selesai dan tidak ada lagi ujaran kebencian di akun media sosial miliknya. Anji pun memberikan pesan yang bijak kepada pihak terkait sebagai berikut.

1. Anji kembali menegaskan bahwa ia tak mengatakan EXO(CBX) plagiat

Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesiainstagram.com/duniamanji

Dari awal, Anji mengunggah perbandingan lagu miliknya dengan lagu EXO(CBX) dengan kata 'mirip', namun rupanya beberapa EXO-L terbawa emosi dengan dalih membela idolanya. Anji juga berterimakasih kepada EXO-L yang bersikap dewasa dan meminta maaf kepada dirinya atas nama fandom. Anji juga mengatakan bahwa EXO-L yang baik tersebut merupakan EXO-L yang bersifat menjaga komunitas dan membuat bangga idolanya.

Selain itu Anji juga mengonfirmasi mengenai lagunya memang mirip dengan lagu berjudul Orion yang dibawakan penyanyi Jepang, Mika Nakashima dan wajar jika ada nada yang mirip. Hal ini juga sempat dipertanyakan beberapa EXO-L.

2. Anji juga berpesan kepada media agar tidak memberitakan hal ini dengan kata 'plagiat'

Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesiainstagram.com/duniamanji

Anji berpesan kepada media agar tidak memberitakan hal ini dengan kata 'plagiat', karena sejak awal dirinya mengatakan kata 'mirip'. Kata 'plagiat' ini pula yang membuat sebagian EXO-L semakin terpancing.

3. Pesan untuk Antis yang membuat suasana makin panas

Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesiainstagram.com/duniamanji

Pesan kepada Antis (antifans, haters EXO), Anji mengatakan agar tidak mengompor-ngompori suasana dengan menghina EXO-L. Anji juga menjamin bahwa akun-akun yang menghina EXO-L bukanlah Teman Anji (sebutan untuk penggemar Anji). 

Seperti diketahui, di tengah permasalahan ini, ada pihak lain yaitu haters atau sebagian non KPopers yang justru memanfaatkan suasana agar semakin tegang dan memuaskan diri untuk menghina EXO maupun EXO-L. Hal ini juga disayangkan oleh Anji.

4. Untuk para orang tua, Anji berpesan agar memperhatikan aktivitas digital anak-anaknya

Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesiainstagram.com/duniamanji

Anji berharap para orang tua lebih mawas diri dengan memperhatikan aktivitas anak-anaknya di media sosial, agar tidak mudah membully orang lain akibat informasi yang salah.

5. EXO-L berterimakasih kepada Anji atas pesan yang disampaikan

Anji Sampaikan Pesan Bijak Terkait Kisruhnya dengan EXO-L Indonesiatwitter.com

Terkait suasana yang membaik dan pesan yang bijaksana dari Anji, tak sedikit EXO-L yang berterima kasih kepada musisi tersebut. Sebagian EXO-L juga kembali mengungkapkan permintaan maaf dan menyebutkan sebagai fandom yang besar EXO-L kadang susah diatur mengingat banyak terdapat EXO-L yang memang belum dewasa secara usia dan pemikiran.

Dengan pesan yang ditulis Anji tersebut, masalah bisa dikatakan telah selesai dan diharapkan tidak akan ada lagi fanwar antara EXO-L maupun akun-akun palsu yang mengaku Teman Anji. Diharapkan EXO-L, KPopers maupun Non KPopers juga mampu bersikap lebih bijak ke depannya. Lebih baik diam jika tidak ada hal baik untuk dikatakan, daripada menyakiti orang lain dan membuat perpecahan. Karena mengidolakan seseorang adalah hak masing-masing, kita tidak tahu hal-hal yang telah dialami orang lain, untuk itu kita tidak berhak menghakimi. Damai itu indah kan? 

Kim Photo Verified Writer Kim

An INTJ-A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya