Comscore Tracker

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh Motivasi

Film paling menyentuh nih!

Motivasi adalah hal yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Motivasi bisa datang dari keluarga, teman, publik figur dan juga tentunya sebuah film.

Membahas mengenai film, berikut saya akan berbagi 5 film buat kalian yang sedang butuh motivasi, dijamin setelah nonton film-film ini kalian akan memandang hidup dengan cara yang berbeda. Penasaran? Ini dia daftarnya.

1. Persuit Of Happyness (2006)

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh MotivasiInstagram.com/jordancross1993

Ada alasan khusus mengapa film ini ada di urutan pertama yaitu film ini berasal dari kisah nyata seorang pengusaha sukses Amerika Chris Gardner. Film ini menceritakan kehidupan mereka di kala masih serba kekurangan.

Kisah film ini di mulai pada tahun 1981 di San Fransisco, California. Chris Gardner (Will Smith) dan Linda (Thandie Newton) hidup di sebuah apartemen kecil bersama anak mereka yang berusia 5 tahun, Christopher (Jaden Smith). Chris merupakan seorang salesman, dengan keberaniannya ia mencoba menerima tawaran sebagai dristibutor sebuah alat kedokteran yang baru dan canggih.

Bahkan Chris berani menghabiskan seluruh tabungan keluarga untuk menjadi sales scanner tulang (Bone Density Scanner) portable yang diasumsikan dapat menghasilkan gambar yang jauh lebih dari daripada X-ray. Setelah mencoba memasarkannya, dia baru sadar kebanyakan dokter menganggap alat tersebut terlalu mahal dan tidak terlalu dibutuhkan.

Setelah itu kehidupannya mulai luntang lantung setelah ditinggalkan istrinya dan ia hanya tinggal bersama Christopher. Chris tidak putus asa dan terus bekerja keras sembari tinggal di penampungan tuna wisma hingga akhirnya ia menjadi pialang saham yang sukses dan menjadi miliuner.

Film ini mengajarkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin asal mau berusaha karena takdir kita telah dituliskan oleh Tuhan.

2. Forrest Gump (1994)

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh MotivasiInstagram.com/forrestgumpfilm

Forrest Gump (1994) bercerita tentang seorang bernama Forrest Gump (Tom Hanks) yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata. Tetapi dengan segala kekurangannya, Forrest telah menginspirasi banyak orang di sekitarnya untuk tetap berjuang dan berani untuk mengatasi masalah yang ada.

Ia tidak pantang menyerah dan menjadi apa saja yang ia mau, mulai dari tentara, jadi atlet juga membeli kapal penangkap udang.

Film Forrest Gump ini memiliki muatan pesan yang sangat bagus. Bahwa kekurangan yang ada, bukanlah suatu alasan untuk kita tidak berkreasi dan melatih potensi yang kita miliki. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan datang dalam kehidupan kita, seperti apa yang dikatakan oleh Forrest Gump: “Life was like a box chocolates, you never know you’re gonna get” memang hidup penuh dengan misteri.

Seperti kotak coklat. Kita bisa dapat coklat yang enak sekali maupun coklat yang sedikit asam. Coklat yang keras maupun coklat yang lembek. Begitu pula hidup. Ada yang hidupnya penuh halangan, rintangan, namun ada pula yang santai dan penuh kedamaian.

Yang terpenting adalah sikap kita untuk memberikan respon yang positif terhadap apa pun yang terjadi, sehingga kita dapat menjalani hidup ini dengan penuh semangat.

3. The Blind Side (2009)

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh MotivasiInstagram.com/zinyetebdurehmarova

film yang bercerita tentang kehidupan atau lebih tepatnya biografi seorang pemain football ternama di Amerika sana bernama Michael Oher, biografi yang sangat menyentuh, digambarkan dengan sangat apik oleh sang sutradara John Lee Hancock.

Michael Oher (Quinton Aaron) adalah seorang pemuda kulit hitam yang hidup sendiri tanpa rumah dan ditelantarkan oleh orang tuanya, hingga dia bertemu Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock) beserta keluarganya yang sangat baik. Ketika Oher ditemui keluarga Tuohy sedang berjalan sendirian di tepi jalan tak menentu, maka Leigh Anne menawarkan Oher untuk bermalam di rumahnya, walaupun sang suami dari Leigh Anne nampak khawatir.

Alasannya, karena dia adalah pemuda kulit hitam yang hidup sebatang kara dan bisa saja mencuri sesuatu dari rumahnya. Tapi nyatanya keesokan hari Oher sudah meninggalkan rumah keluarga Tuohy dengan keadaan rapi. Terkesima dengan sifat polos dan tulus Oher maka Leigh Anne memutuskan untuk membiarkan Oher tinggal di rumahnya.

Seiring waktu Oher menjadi bagian dari keluarga Tuohy hingga tak sengaja Leigh Anne menemukan bakat tersembunyi Tuohy yang bisa sangat bermanfaat dalam olahraga football. Karena keluarga Tuohy adalah keluarga atlit. Walaupun Leigh Anne sendiri seorang cheerleader ketimbang suaminya yang seorang atlit bola basket.

Bersama keluarga Tuohy, Oher dididik untuk menjadi seorang pemain football yang hebat dengan sistem pengajaran yang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan yang diajarkan dengan baik oleh keluarga Tuohy. Bukan hanya olahraga, bidang akademik Oher pun ditingkatkan dengan pendekatan yang berbeda. Karena sebelumnya para guru di sekolah Oher menganggap Oher adalah sorang murid yang bodoh. Padahal Oher bukan bodoh hanya tidak bisa mengungkapkan secara langsung apa yang dipelajarinya seperti pelajar lain kebanyakan.

Maka kehidupan Oher yang bermasa lalu kelam dan menyedihkan berubah menjadi berharga dan bernilai di semua mata orang yang memandangnya. Oher tidak bisa dinilai sebelah mata lagi oleh orang orang sekelilingnya, apalagi orang orang yang menganggap pemuda kulit hitam selalu berada di “jalan yang tidak benar”. Oher pun mematahkan semua pendapat negatif tentang dirinya dengan prestasinya yang gemilang di bidang football. Hingga akhirnya Oher diperebutkan oleh para  “pesohor” universitas ternama di seluruh Amerika untuk memasukan Oher ke dalam tim football mereka sekaligus memberi beasiswa.

Pelajaran yang bisa dipetik adalah tak ada yang tau masa depan, yang kita butuhkan sekarang adalah kerja keras.

Baca Juga: 10 Film Inspiratif yang Siap Menemanimu Cari Jati Diri di Usia 20an

4. The Billionaire (2011)

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh MotivasiInstagram.com/dvdwarehouse

Film ini terinspirasi dari seorang pemuda asal Thailand bernama Top Ittipat yang sukses menjadi pengusaha muda dengan produk cemilan rumput laut yaitu Tao Kae Noi.

Awalnya, Top merupakan pemuda biasa yang menyukai game online. Dari hobinya tersebut, ia mampu menghasilkan uang sebesar 400.000 Bath (sekitar Rp150 juta). Akan tetapi uang tersebut harus direlakan karena akunnya di-banned sebab menyalahi aturan dalam game. Berbagai bisnis telah dicoba namun hasilnya nihil.

Setelah itu, ia kembali mencoba dengan berjualan kacang dan sempat berkembang. Namun usaha tersebut juga tidak berjalan lama karena harus ditutup akibat dari asap dari pembuat mesin kacang yang mengotori langit-langit di mall tempat ia berjualan. Berbagai macam usaha telah dilakukannya hingga akhirnya kesuksesan itu datang menghampirinya.

Pelajaran yang bisa kita ambil adalah apa pun yang terjadi, hidup harus terus berjalan jangan menyerah.

5. 3 Idiots (2009)

5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh MotivasiInstagram.com/officialchabhi

Film ini bisa dibilang adalah list wajib dalam hal film paling memotivasi. Film ini menceritakan tentang tiga sahabat yaitu Rancho (Aamir Khan), Farhan (R. Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi). Mereka bertiga kuliah di kampus teknik ternama di India. Selama di sana, mereka menghadapi beban dan tekanan dalam sistem pendidikan.

Mereka sangat dekat hingga apa pun yang mereka lakukan di universitas itu selalu bersama-sama hingga mereka mendapat julukan “idiot” oleh salah satu profesor yaitu Virus. Hal ini karena mereka melakukan keanehan-keanehan bersama-sama hingga membuat Virus marah besar. Dan ketika apa pun terjadi, Rancho mengajarkan teman-temannya mengatakan “all is well” agar tenang karena semua akan baik-baik saja.

Rancho adalah orang yang jenius dibandingkan dengan kedua temannya. Ia berani menantang Virus karena ia merasa ada yang salah dengan sistem pengajaran hingga ada salah seorang mahasiswa yang gantung diri. Di sinilah Rancho mulai menentang sekaligus diberi julukan idiot oleh Virus. Di sisi lain, ada juga mahasiswa yang pro terhadap Virus yaitu Chatur.

Film ini bisa mengubah cara pandang kalian dalam menghadapi masalah dan mengubah pola pikir kita untuk lebih maju. Itulah dia 5 film buat kalian yang sedang butuh motivasi. Apa pun masalahnya tetap semangat.

Baca Juga: 6 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Jadi Lebih Menghargai Pendidikan

Ulul Fikri Hasibuan Photo Community Writer Ulul Fikri Hasibuan

Seorang mahasiswa yang mencoba mengisi waktu dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You