Comscore Tracker

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!

Film horor memang paling susah masuk Oscar!

Daftar nominasi ajang Academy Awards 2020 telah resmi dirilis pada Senin (13/1) lalu. Sejumlah film sukses Hollywood seperti Joker, Once Upon a Time in Hollywood, The Irishman, hingga 1917 sukses mendominasi di hampir seluruh kategori.

Namun di balik kesuksesan film-film besar yang mendominasi, masih ada banyak film keren Hollywood tahun 2019 yang sayangnya gagal masuk nominasi di Oscar. Dari genre horor hingga komedi, berikut 10 judul film Hollywood yang sempat digadang-gadang akan berjaya di Oscar, namun justru tak mendapat nominasi yang selayaknya.

1. Tuai pujian dari kritikus tak membuat Hustlers masuk nominasi. Padahal Jennifer Lopez mempersembahkan penampilan terbaik sepanjang kariernya

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!themovieblog.com

Karya sutradara Lorene Scafaria ini termasuk salah satu film bertema feminisme yang meraih sukses besar di tahun 2019. Kritikus film lokal juga banyak memberikan review positif untuk Hustlers. Terutama untuk penampilan Jennifer Lopez yang dianggap telah menampilkan performa terbaik sepanjang kariernya di dunia akting.

Meski meraih banyak penghargaan di festival film dan sempat dianugerahi nominasi Aktris Pendukung Terbaik di Golden Globe 2020 untuk Jennifer Lopez, Hustlers tak mendapat satu pun nominasi di Oscar.

2. US memiliki kualitas cerita dan akting di atas rata-rata. Sayangnya, Academy Awards belum terbuka pada genre horor

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!buzzfeed.com

US menjadi salah satu film horor yang paling banyak diperbincangkan sepanjang tahun 2019. Karya Jordan Peele ini menuai pujian berkat ide cerita yang menarik dan tema horor yang menantang. Penampilan Lupita Nyong'O juga meraih banyak pujian bahkan dianggap telah mencapai Oscar level. Sayangnya, US tak masuk nominasi apapun di Oscar.

3. Begitu pula dengan Midsommar. Mahakarya Ari Aster ini tak dianugerahi satu pun nominasi

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!ntv.com

Selain US, film horor Midsommar juga harus menerima kenyataan karena tak mampu masuk nominasi apapun di Oscar, meski film ini dibanjiri review positif dari kritikus sepanjang penayangannya di Amerika.

4. Berjaya di Golden Globe tak membuat The Farewell mampu menembus Oscar

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!sine.tv

Film The Farewell karya Lulu Wang sempat menjadi perbincangan hangat setelah kemenangan Awkwafina sebagai Aktris Musikal atau Komedi Terbaik di ajang Golden Globe 2020. Sepanjang tahun 2019, The Farewell juga menuai prestasi lewat kemenangan di festival film kelas dunia di San Diego, Atlanta, London, dan masih banyak lagi.

Sayangnya kesuksesan sebesar ini tetap tak mampu membawa The Farewell masuk nominasi di Oscar.

5. Adam Sandler sempat digadang-gadang jadi kandidat Aktor Terbaik. Nyatanya, film Uncut Gems tak meraih satu pun nominasi

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!fandangonow.com

Bersama Joaquin Phoenix (Joker), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes), Adam Sandler sering kali dipilih media Hollywood sebagai kandidat kuat Aktor Terbaik di Oscar. Alih-alih menang kategori tersebut, Uncut Gems bahkan tak disebut sama sekali oleh Oscar dalam daftar nominasinya.

Baca Juga: 27 Pemenang 77th Golden Globe Awards 2020, Parasite Juara!

6. Sejumlah kritikus film Hollywood tak menyangka film dokumenter Apollo 11 tak masuk dalam pilihan Oscar

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!cineman.ch

Film dokumenter Apollo 11 meraih sambutan positif dari kritikus film hingga mendapat skor 99% dari Rotten Tomatoes. Tak heran betapa terkejutnya para penikmat film Hollywood ketika Apollo 11 dikalahkan lima nominator dokumenter dari Oscar tahun ini, antara lain American Factory, The Cave, The Edge of Democracy, For Sama, dan Honeyland.

7. Meski Marriage Story berjaya, film lain dari Adam Driver, The Report tak mengantongi satu pun nominasi

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!mediamikes.com

Film Marriage Story boleh saja berjaya dengan perolehan enam nominasi di Oscar. Namun Adam Driver masih memiliki project keren lain di tahun 2019 yang rupanya kurang diapresiasi oleh Oscar. The Report garapan Scott Z. Bruns tak mendapat satu pun nominasi meski film ini juga mendapat sambutan hangat dari kritikus film.

8. Film comeback Eddie Murphy setelah 3 tahun vakum akting, Dolemite is My Name, juga tak raih nominasi

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!kknews.cc

Tak dicantumkannya film Dolemite is My Name dalam daftar nominasi Academy Awards 2020 juga tak kalah mengejutkan. Di ajang Golden Globe 2020, film garapan Craig Brewer ini mendapat nominasi Film Musikal atau Komedi Terbaik serta Aktor Musikal atau Terbaik untuk penampilan Eddie Murphy. Namun di Oscar, film ini tak masuk dalam kategori apapun.

9. Banyak dipuji sebagai salah satu film animasi terbaik 2019, Frozen II harus puas hanya masuk nominasi Original Song

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!disneybound.co

Frozen II memang mendapat satu nominasi di Oscar 2020, namun tidak dicantumkannya film ini dalam nominasi Film Animasi Terbaik menjadi kejutan tersendiri. Frozen II dinyatakan kalah dari lima film animasi yang menjadi nominator, yakni How To Train Your Dragon: The Hidden World, I Lost My Body, Klaus, Missing Link, dan Toy Story 4.

10. The Lighthouse harus puas dengan nominasi Sinematografi Terbaik meski film ini dianggap pantas masuk kategori akting dan film

10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!oldies.com

Film The Lighthouse karya Robert Eggers menjadi salah satu film Hollywood paling underrated di tahun 2019. Selama penayangannya di Amerika pada bulan Oktober lalu, The Lighthouse banyak didukung kritikus film lokal untuk masuk nominasi Film Terbaik serta Aktor Terbaik untuk William Dafoe dan Robert Pattinson. Sayangnya, rumah produksi The Lighthouse harus puas dengan perolehan satu nominasi di Sinematografi Terbaik.

Itulah sepuluh judul film keren Hollywood yang gagal berjaya di Oscar 2020 meski telah banyak diprediksi para kritikus film untuk menuai prestasi dalam ajang penghargaan bergengsi. Kamu setuju kalau sepuluh film di atas layak masuk nominasi Oscar?

Baca Juga: Dominasi Parasite dan Joker, Inilah Daftar Nominasi Oscar 2020

Topic:

  • Venita Beauty
  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya