Comscore Tracker

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!

Banyak idola KPop menjadi korban

Tidak ada dunia hiburan yang bebas dari kabar menyedihkan sepanjang tahun, namun tahun 2019 seolah menjadi tahun terkelam bagi penggemar KPop. Setiap bulannya, satu demi satu kabar menyedihkan datang dari dunia hiburan Korea Selatan.

Dari kabar kontroversi yang berdampak pada karier sejumlah grup KPop hingga kepergian beberapa idola di usia belia, inilah 10 kejadian paling menyedihkan di dunia KPop sepanjang tahun 2019.

1. Kontroversi manipulasi voting dalam program "Produce" menghambat karier IZ*ONE dan X1

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!Berbagai Sumber

PD dan staff dari program Produce 101 sudah diperiksa oleh pihak kepolisian terkait dugaan manipulasi voting sejak bulan Juli. Dalam proses investigasi, muncul pengakuan dari PD Ahn Joon Young bahwa pihaknya telah melakukan manipulasi pada hasil perolehan suara di Produce 48 yang menghasilkan grup IZ*ONE dan Produce X 101 yang menghasilkan X1.

Dengan munculnya pengakuan tersebut, pihak agensi langsung menghentikan kegiatan IZ*ONE dan X1 untuk sementara demi menghindari komentar negatif dari publik. Hingga saat ini, nasib para personel IZ*ONE dan X1 masih belum jelas.

2. Dari hasil pemeriksaan, muncul dugaan dua season pertama "Produce" juga dimanipulasi

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!mnews.joins.com

Tak cukup sampai Produce season ketiga dan keempat, penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian juga memunculkan dugaan bahwa PD Ahn Joon Young juga memanipulasi hasil penghitungan suara dari Produce 101 yang menghasilkan I.O.I dan Produce 101 season 2 yang menghasilkan Wanna One.

Dalam investigasi terbaru yang dilakukan awal bulan ini, Ahn Joon Young mengakui bahwa dirinya melakukan sedikit manipulasi dalam daftar 11 kontestan yang lolos Produce 101 season 2 untuk debut bersama Wanna One. Tentu saja, kabar ini menimbulkan kekecewaan dari penggemar yang telah mengikuti program Produce sejak pertama kali ditayangkan.

3. Mina TWICE istirahat dari seluruh kegiatan karena mengalami gangguan kecemasan

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!goxuan.my

JYP Entertainment mengumumkan masa hiatus Mina pada bulan Agustus. Member TWICE asal Jepang ini membutuhkan istirahat dari seluruh kegiatan di dunia hiburan setelah didiagnosa memiliki gangguan kecemasan. Mina baru kembali beraktivitas bersama member TWICE lainnya pada acara jumpa fans yang digelar akhir Oktober.

4. Kepergian Sulli bagaikan mimpi buruk bagi penggemar KPop. Mantan personel f(x) ini meninggal dunia di usia 25 tahun

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!scmp.com

Sulli ditemukan tak bernyawa oleh sang manajer pada 14 Oktober di kediamannya. Penyanyi bernama asli Choi Jin Ri ini diduga mengakhiri hidupnya setelah berjuang melawan depresi akibat sering menjadi sasaran komentar jahat oleh netizen di media sosial.

5. Satu bulan setelah kepergian Sulli, sahabat baiknya, Goo Hara eks KARA ditemukan meninggal dunia

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!instagram.com/koohara__

Mantan personel girlband KARA ini ditemukan meregang nyawa di kediamannya pada 24 November. Sama seperti Sulli, Goo Hara juga sudah cukup lama menjadi sasaran komentar jahat netizen, terutama semenjak ia menjadi korban kekerasan dan perekaman video asusila yang dilakukan oleh mantan kekasihnya. 

Dari kepergian Sulli dan Goo Hara, publik akhirnya membuka mata terhadap penderitaan selebriti Korea melawan penulis komentar jahat. Sejumlah pihak mulai ramai menggalangkan petisi berupa tuntutan agar semua pengguna internet di Korea Selatan menggunakan username dengan nama asli.

Baca Juga: 8 Perubahan di Dunia Hiburan Korea Selatan Pasca Kepergian Idola KPop

6. Dua member TRCNG, Wooyeop & Taeseon menggugat TS Entertainment atas tuduhan kekerasan

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!soompi.com

Pada 18 November, Wooyeop dan Taeseon diwakili oleh tim pengacara telah melayangkan gugatan untuk memutus kontrak dengan TS Entertainment. Wooyeop dan Taeseon mengaku mendapat perlakuan tidak adil yang berujung pada kekerasan fisik dan psikis dari orang-orang di agensi.

Ini bukan pertama kalinya TS Entertainment terlibat masalah dengan artis binaannya. Sebelum TRCNG, TS juga pernah digugat oleh grup B.A.P, Jieun dan Hyosung Secret, rapper Sleepy, serta Nahyun dan Sumin SONAMOO.

7. Banyak boyband dan girlband KPop yang bubar sepanjang tahun

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!sbs.com.au

Total ada 10 grup KPop yang dinyatakan bubar sepanjang tahun 2019 ini. Termasuk di antaranya adalah Wanna One yang bubar di awal tahun setelah kontrak berakhir. Selain grup jebolan Produce tersebut, grup KPop yang bubar tahun ini antara lain, Wa$$up, Nine Muses, A-Jax, Hello Venus, 14U, Pristin, Boyfriend, dan Bigstar.

8. Sejumlah idola KPop hengkang dari grup karena kontroversi

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!soompi.com

Seungri BIGBANG, Jonghoon FT Island, Junhyung HIGHLIGHT, serta Jonghyun CNBLUE mengundurkan diri dari grup masing-masing setelah namanya terseret dalam skandal kelab malam Burning Sun dan grup chat yang dijadikan wadah penyebaran video asusila.

Sementara itu, B.I hengkang dari IKON setelah kasus narkotika tahun 2016 yang melibatkan namanya mulai ramai diberitakan pada pertengahan tahun ini. Ada juga Wonho yang mundur dari Monsta X setelah bersiteru dengan ulzzang Jung Da Eun dan Han Seo Hee.

9. Ada pula idola KPop yang mundur karena alasan pribadi hingga masalah kontrak

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!upstation.asia

Mina AOA dan Min We in the Zone mundur dari grup dan agensi setelah kontrak berakhir. Sedangkan Laun ONF, Sunghyun IN2IT, Hwall The Boyz, hingga Woojin Stray Kids mengundurkan diri dari grup masing-masing karena alasan pribadi.

10. Kang Daniel hiatus dari dunia hiburan karena menderita depresi

10 Kejadian Paling Menyedihkan dari Dunia KPop 2019, Pilu dan Kelam!Instagram.com/kangdaniel_k1

Awal bulan Desember, agensi KONNECT Entertainment mengumumkan bahwa Kang Daniel akan istirahat dari seluruh aktivitas di dunia hiburan karena didiagnosa menderita depresi. Daniel akan fokus pada proses memulihkan kondisi mentalnya sampai membaik sepenuhnya, kemudian bersiap kembali menyapa penggemar lewat karya baru.

Itulah 10 kejadian paling menyedihkan yang terjadi di dunia hiburan KPop sepanjang tahun 2019. Semoga tahun 2020 nanti diwarnai lebih banyak kabar yang menggembirakan!

Baca Juga: Kang Daniel dan 9 Idola KPop yang Harus Rehat Demi Kesehatan

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya