Comscore Tracker

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019

Benarkah 2019 tahun terburuk bagi KPop?

2019 bisa dikatakan menjadi tahun yang tidak cukup baik bagi industri hiburan Korea Selatan. Sejumlah kontroversi hingga kasus hukum menimpa beberapa nama selebriti tenar yang akhirnya berdampak pada perjalanan karier mereka yang terancam hancur.

Dari kasus kelab malam "Burning Sun" hingga kontroversi program "Produce 101", inilah 10 skandal paling menghebohkan yang terjadi di Korea Selatan sepanjang tahun 2019.

1. Awal tahun 2019 dibuka dengan kontroversi kelab malam Burning Sun yang melibatkan nama Seungri BIGBANG

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019straitstimes.com

Seungri yang sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif di kelab malam Burning Sun didakwa atas dugaan adanya praktik perdagangan obat-obatan terlarang dan prostitusi.

Keterlibatan Seungri dalam skandal terbesar dunia hiburan Korea Selatan sepanjang tahun 2019 ini menimbulkan banyak komentar negatif yang ditujukan publik kepadanya. Hingga akhirnya pada bulan Maret, Seungri resmi mengundurkan diri dari BIGBANG dan memutuskan untuk pensiun dari dunia hiburan.

2. YG Entertainment turut terseret dalam kasus Burning Sun, membuat Yang Hyun Suk dan adiknya lengser

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019todayonline.com

Penyelidikan kasus Burning Sun berdampak pula pada agensi YG Entertainment yang menaungi Seungri. Pendiri YG, Yang Hyun Suk diduga pernah melakukan penyediaan layanan prostitusi pada pertemuan khusus bersama calon investor. Yang Hyun Suk bersama adiknya, Yang Min Suk akhirnya mundur dari jabatan mereka di agensi.

3. Bulan Maret, terungkap adanya grup chat untuk membagikan video asusila. Jung Joon Young didakwa sebagai biang keladi

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019Berbagai Sumber

Tak hanya melibatkan agensi, penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian pada Seungri akhirnya turut mengungkap adanya praktik ilegal yang dilakukan beberapa idola KPop melalui sebuah grup chat online.

Hasil temuan polisi menyimpulkan bahwa Seungri tergabung dalam sebuah grup chat yang dibuat untuk membagikan video asusila buatan para anggota grup. Penyanyi solo Jung Joon Young akhirnya ditangkap sebagai biang keladi dari grup chat tersebut. Dalam persidangan yang digelar pada akhir November lalu, Jung Joon Young dituntut hukuman 7 tahun penjara.

4. Sejumlah Idol KPop terlibat dalam kasus grup chat Jung Joon Young. Satu per satu memutuskan pensiun dari dunia hiburan

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019koreatimes.co.kr

Choi Jong Hoon FT Island dan Lee Jong Hyun CNBlue dikonfirmasi menjadi anggota dari grup chat buatan Jung Joon Young. Setelah mendapat berbagai respon negatif dari publik, keduanya akhirnya mengundurkan diri dari band masing-masing. Sementara Junhyung HIGHLIGHT memberikan pengakuan bahwa ia pernah melihat video asusila yang dibuat oleh Jung Joon Young. Dengan segala rasa penyesalannya, ia memutuskan untuk mundur dari HIGHLIGHT.

5. Kasus narkotika yang melibatkan nama B.I IKON terungkap pada bulan Juni. Ia pun hengkang dari grup

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019allkpop.com

Kasus narkotika B.I IKON terjadi pada tahun 2016, namun baru bocor ke media pada Juni 2019. Dispatch mewartakan B.I diduga pernah memesan narkotika pada April 2016 kepada seorang mantan trainee YG, yang kemudian terungkap adalah Han Seo Hee.

B.I menjalani pemeriksaaan pertama pada 17 September selama 14 jam. Setelah mengakui beberapa tuduhan, status pria bernama asli Kim Han Bin ini akhirnya berubah dari saksi menjadi tersangka.

Baca Juga: Tampil Tanpa B.I, 10 Potret Keseruan GUDFEST Hari Pertama Bersama iKON

6. Dilaporkan mantan kekasih, Park Yoo Chun terlibat kasus narkotika hingga memutuskan pensiun

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019billboard.com

Meski sempat berkelit, Park Yoo Chun akhirnya mengakui perbuatannya pernah mengonsumsi narkotika bersama mantan tunangan, Hwang Ha Na. Pentolan JYJ ini dijatuhi hukuman percobaan selama dua tahun.

7. Drama perceraian Goo Hye Sun and Ahn Jae Hyun sempat menjadi perbincangan panas akibat perang statement antara keduanya

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019forbes.com

Berita perceraian pasangan yang telah menikah selama tiga tahun ini pertama kali terungkap ke publik lewat unggahan Goo Hye Sun di akun Instagram. Aktris Boys Before Flowers tersebut mencurahkan kekecewaannya pada suami yang telah berubah dan berhenti mencintainya.

Dari unggahan tersebut, perang statement antara Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun akhirnya terus berlanjut sampai beberapa minggu kemudian. Goo Hye Sun melemparkan tuduhan bahwa Ahn Jae Hyun telah selingkuh, namun Ahn Jae Hyun membantah dan justru menuduh Goo Hye Sun telah menuntut banyak syarat yang membuatnya merugi. Hingga saat ini, gugatan cerai yang dilayangkan oleh Ahn Jae Hyun pada bulan September masih dalam proses di pengadilan.

8. Kasus manipulasi hasil voting Produce X 101 mulai ramai diperbincangkan pada bulan Juli hingga sekarang

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019twitter.com/x1official101

Berawal dari hasil temuan netizen mengenai keganjilan selisih hasil perolehan suara untuk 11 kontestan yang lolos Produce X 101 dan layak didebutkan bersama X1, polisi akhirnya menyelidiki dugaan adanya manipulasi dalam program survival buatan Mnet ini.

Satu demi satu penyelidikan akhirnya mengungkap adanya praktik suap yang dilakukan sejumlah agensi terhadap PD program Produce untuk melakukan perubahan pada hasil voting. PD akhirnya Ahn Joon Young ditetapkan sebagai tersangka. Kepada polisi, pihaknya mengakui adanya manipulasi di program Produce 48 dan produce X 101.

9. Perseteruan antara Wonho Monsta X dengan ulzzang Jung Da Eun dan Han Seo Hee menuai banyak kontroversi

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019koreaboo.com

Ulzzang Jung Da Eun menuduh Wonho memiliki hutang mencapai Rp356 juta kepadanya dan belum dibayarkan selama 6 tahun. Tuduhan Jung Da Eun juga turut gentar disuarakan oleh teman spesialnya, Han Seo Hee, seorang mantan trainee idola KPop yang sempat terlibat kasus bersama T.O.P BIGBANG dan B.I IKON.

Kontroversi berlanjut ketika Da Eun dan Seo Hee mulai mengungkap kisah masa lalu Wonho dan mengklaim bahwa member boyband Monsta X tersebut pernah didakwa semasa remaja karena kasus pencurian. Dengan banyaknya komentar negatif akibat kontroversi ini, Wonho akhirnya mundur dari Monsta X.

10. Berawal dari cuitan di Twitter, Park Kyung Block B bersiteru dengan banyak musisi akibat tuduhan sajaegi

10 Skandal Dunia Hiburan Korea Paling Mencengangkan di Tahun 2019naver.com

Park Kyung di akun Twitter pribadinya pada 24 November menulis, "Aku ingin melakukan sajaegi seperti Vibe, Song Ha Ye, Lim Jae Hyun, Jeon Sang Keun, Jang Deok Cheol, dan seperti Hwang In Wook ^^."

Dalam waktu singkat, cuitan tersebut mendapat beragam reaksi. Para musisi yang disebut oleh Park Kyung langsung mengajukan gugatan hukum atas tuduhan pencemaran nama baik. Namun tak melulu dikritik, ada juga pihak yang mendukung keberanian Park Kyung dalam menyindir kasus sajaegi alias manipulasi chart musik, yang memang sudah lama menjadi masalah serius di industri musik Korea Selatan.

Itulah 10 skandal paling menghebohkan yang terjadi di dunia hiburan Korea Selatan sepanjang tahun 2019. Semoga tahun 2020 mendatang akan diwarnai lebih banyak berita positif.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar Sajaegi, Benarkah Chart Musik KPop Bisa Dimanipulasi?

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You