Comscore Tracker

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunya

Masa kecil tak bahagia hingga kenakalan saat remaja

Lima bulan berlalu sejak kabar hengkangnya Wonho dari Monsta X setelah terlibat perseteruan dengan ulzzang Jung Da Eun, Wonho akhirnya buka suara. Diwawancarai secara eksklusif oleh media lokal Korea, Dispatch, Wonho mengutarakan sejumlah pengakuan dan pembelaan dirinya.

Dari cerita masa lalu hingga masalah yang mengakibatkan ia harus mundur dari grup yang telah membesarkan namanya, inilah pengakuan lengkap Wonho kepada Dispatch.

1. Wonho membuka cerita tentang masa kecilnya yang tak bahagia

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyametro.co.uk

Kepada jurnalis Dispatch, Wonho bercerita bahwa ia menghabiskan masa kecilnya dalam kemiskinan. Ia tinggal di sebuah apartemen kecil bersama nenek, ayah, ibu, dan adik laki-lakinya. Namun bukan kemiskinan yang membuat masa kecil Wonho tidak bahagia, melainkan masalah pertengkaran orangtua yang membuatnya trauma.

"Saya tidak merasa nyaman di rumah. Orangtua saya sering bertengkar karena uang. Saya lebih sering berada di luar rumah," ujarnya.

2. Selain merasa tidak bahagia di rumah, Wonho juga sempat menjadi korban bullying

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyadispatch.co.kr

Ketidaknyamanan di dalam rumah semakin diperburuk dengan pengalaman tak menyenangkan di lingkungan sekolah. Wonho mengaku kerap menjadi sasaran bullying sejak kecil.

Pria kelahiran 1 Maret 1993 ini bercerita, "Kadang saya diganggu karena penampilan saya kotor. Kadang juga diganggu karena mereka (bully) sedang bosan. Teman-teman sekelas membenci saya. Ada banyak kenangan yang tidak ingin saya ingat. Sederhananya, saya adalah orang terasingkan di sekolah."

3. Masalah keluarga membuat Wonho keluar dari rumah, tapi hidupnya menjadi semakin runyam

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyadispatch.co.kr

Saat remaja, Wonho mengaku sempat kabur dari rumah karena tidak tahan menyaksikan pertengkaran orangtuanya. Namun kehidupan di luar rumah justru menjerumuskan Wonho ke beberapa hal tidak baik. Wonho bersama beberapa rekan ditangkap karena melakukan sesuatu yang ilegal. Teman-teman Wonho dibawa ke penjara anak, sedangkan Wonho diberi hukuman percobaan.

"Saya tidak bisa menyalahkan mereka (teman-temannya). Itu juga keputusan saya. Mungkin terdengar seperti alasan, tapi memang saat itu saya belum dewasa. Itu kesalahan saya. Saya menyesal," akunya.

4. Pertemuan dengan Jung Da Eun membuka pintu Wonho untuk menggapai impian

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyadispatch.co.kr

Pemilik nama asli Lee Ho Seok ini mengaku bertemu Jung Da Eun saat ia kelas 2 SMA. Saat itu, keduanya sama-sama merintis karier sebagai model pakaian. Wonho mengaku Jung Da Eun telah banyak mendukungnya untuk menjadi penyanyi.

Dukungan Jung Da Eun membawa Wonho lolos audisi sebagai trainee. Ia berlatih keras setiap harinya untuk dapat mewujudkan impian tampil di atas panggung idola.

"Saya bernyanyi dan menari sepanjang malam bersama teman-teman sesama trainee. Rasanya tidak sulit. Saya akhirnya yakin bahwa saya memiliki masa depan. Saat itu saya merasa bahagia. Banyak pelajaran yang saya dapatkan selama empat tahun."

Baca Juga: Muncul tuduhan Baru, 12 Fakta Seputar Kontroversi Wonho Monsta X

5. Kerja kerasnya untuk menjadi seorang idola terwujud lewat Monsta X

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyadispatch.co.kr

Impian Wonho menjadi kenyataan pada tahun 2015. Ia debut bersama grup Monsta X di bawah naungan Starship Entertainment. Grup ini telah meraih sukses tidak hanya di Korea, tetapi juga di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. Lagu mereka juga berhasil menembus chart musik dunia Billboard.

6. Wonho mengaku kerap dihantui masa lalunya. Ketika semua terbongkar, ia harus berkorban

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyaeonline.com

Namun di tahun 2019, masa depan Wonho terancam. Cerita masa lalunya terbongkar ke publik. Dari masalah hutang yang tak dibayar, masa percobaan, semua terungkap. Polisi bahkan membuka kembali investigasi terhadap kasus marijuana yang diduga dilakukan Wonho pada tahun 2013.

"Semuanya salah saya. Tentu saja, saya tahu saya tidak bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semuanya. Saya banyak belajar selama masa percobaan," ungkapnya.

7. "Saya benci melihat grup hancur karena saya. Satu-satunya jalan agar grup bisa bertahan adalah saya harus keluar"

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa LalunyaDok. Dispatch Korea

Wonho memutuskan untuk mundur dari Monsta X pada Oktober 2019. Masa depan grup beserta para member menjadi pertimbangan utamanya untuk mengorbankan kariernya sendiri.

Ia juga mengatakan, "Saya bisa dengan percaya diri mengatakan bahwa pribadi saya telah banyak berubah setelah bertemu MONBEBE (fans Monsta X). Saya belajar banyak hal tentang bagaimana rasanya dicintai. Saya ingin hidup sebagai orang yang lebih baik setiap harinya."

8. Wonho mengakui semua keburukan masa lalunya, namun ia bersikeras membantah pernah mengonsumsi obat-obatan terlarang

Buka Suara, 8 Pengakuan Wonho eks Monsta X Tentang Masa Lalunyaibtimes.sg

Bantahan dari Wonho juga senada dengan pernyataan yang dirilis oleh perwakilan Starship pada 14 Maret lalu, bahwa Wonho telah dibebaskan dari segala tuduhan penggunaan obat-obatan terlarang. Wonho telah mengikuti semua prosedur dan dinyatakan bersih sejak 10 Maret.

Akhir kata, Wonho menyampaikan rasa bersalahnya kepada fans, "Saya belum melupakan fans. Saat ini saya merasakan banyak penyesalan. Seharusnya saya bisa melakukan yang lebih baik untuk mereka. Saya minta maaf."

Apa pun jalan karier yang akan diambil oleh Wonho setelah ini, semoga ia selalu diberi perlindungan dan kelancaran.

Baca Juga: Hengkang dari Grup, 10 Potret Perjalanan Karier Wonho Monsta X

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya