Comscore Tracker

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101

#BewithX1 #IWillBeWithIZONE Welcome back ~

Buntut perkara hukum manipulasi program pencarian bakat Mnet Produce X 101 akhirnya menemui titik terang. Dilansir dari media EDaily, CEO dari CJ ENM selaku pihak yang bertanggung jawab atas program Produce akhirnya merilis pernyataan resmi kepada media.

Dalam pernyataan resminya, CEO Heo Min Hee menyampaikan permohonan maaf serta rincian mengenai rencana selanjutnya dari pihak CJ ENM untuk menangani kasus yang telah berjalan selama 8 bulan terakhir.

Inilah isi pernyataan yang telah dirilis oleh CJ ENM.

1. CEO mewakili seluruh staff yang bertugas meminta maaf kepada fans dan penonton

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101soompi.com

CEO Heo Min Hee membuka pernyataannya dengan menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak yang dirugikan, baik trainee, penggemar, hingga penonton setia program Produce. Pihaknya juga mengakui bahwa masalah yang terjadi merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari pihak CJ ENM.

"Tanpa banyak alasan, masalah ini adalah kesalahan kami. Saya merasa tanggung jawab yang besar sebagai CEO. Saya memohon maaf," ujarnya kepada media seperti yang dilansir dari Naver.

2. Pihak CJ ENM telah sepakat untuk tidak merilis hasil voting yang asli untuk menjaga perasaan partisipan

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101twitter.com/x1official101

Sejak masalah hukum kasus produce diperiksa lebih lanjut oleh pihak kepolisian, publik terus bertanya-tanya apakah hasil voting yang sebenarnya akan dirilis oleh pihak penyelenggara sebagai bentuk pertanggungjawaban. Namun Shin Yoon Young selaku Kepala Tim Komunikasi CJ ENM menyatakan bahwa timnya telah sepakat untuk tidak merilis daftar ranking yang asli.

"Kami tidak ingin memberikan tekanan lebih lanjut kepada trainee yang tidak bersalah pada insiden ini. Mengungkap hasil ranking yang asli hanya akan memberikan dampak tidak baik bagi seluruh korban yang dirugikan," ujarnya.

3. CJ ENM menyatakan akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk memberi kompensasi kepada korban manipulasi

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101twitter.com/official_izone

Sebagai bentuk permohonan maaf kepada trainee yang merasa dirugikan akibat adanya praktik manipulasi dalam hasil voting, CJ ENM yang diwakili CEO Heo Min Hee menyatakan akan bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi finansial kepada para trainee. Pihaknya akan memberikan bantuan sepenuhnya untuk mendukung kelanjutan karier dari pada trainee.

CEO Heo Min Hee mengaku saat ini timnya sedang fokus melakukan diskusi kepada perwakilan dari satu per satu trainee yang terdampak kasus ini. Rincian mengenai bantuan yang akan disalurkan segera diumumkan setelah diskusi selesai.

Baca Juga: Makin Memanas, 7 Fakta Baru dari Kasus Manipulasi Ajang Produce 101

4. Seluruh keuntungan yang didapat Mnet dari program Produce akan didonasikan

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101twitter.com/x1official101

Keuntungan yang diraih dari program Produce diperkirakan mencapai 30 miliar won (sekitar Rp300 miliar). CEO dari CJ ENM memastikan seluruh keuntungan tersebut akan diserahkan kepada organisasi bantuan untuk memajukan industri KPop.

Tak hanya itu, CEO Heo Min Hee juga mengumumkan CJ ENM akan menyisihkan sebagian keuntungan dari aktivitas grup X1 dan IZ*ONE untuk didonasikan.

5. Masa depan IZ*ONE dan X1 masih didiskusikan lebih lanjut, namun CEO mengisyaratkan karier dari kedua grup tersebut akan berlanjut

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101twitter.com/official_izone

Ketika ditanya mengenai masa depan nasib grup IZ*ONE dan X1 yang telah hiatus selama beberapa bulan terakhir untuk menghindari dampak negatif dari kasus yang terjadi, pihak CJ ENM mengaku tidak ada rencana untuk membubarkan kedua grup jebolan Produce 101 dan Produce X 101 tersebut.

CEO Heo Min Hee dan Ketua Tim Komunikasi Shin Yoon Young mengaku sedang berdiskusi lebih lanjut mengenai nasib X1 dan IZ*ONE dengan agensi dari masing-masing member. Kedua belah pihak mendiskusikan masa depan yang terbaik sambil mempertimbangkan kondisi setiap member.

Shin Yoon Young mengatakan, "Hasil akhirnya masih belum ditentukan. Rencana kami adalah agar mereka bisa kembali beraktivitas secepatnya. Fans juga terus-menerus mengirimkan dukungan. Kami akan mengumumkan hasil akhirnya setelah semuanya sudah dikonfirmasi."

6. CEO dan tim juga menjanjikan sistem yang serba baru dan tertata rapi dalam program berikutnya

Happy Ending? Inilah 6 Hasil Akhir Kasus Manipulasi Voting Produce 101korseries.com

Langkah terakhir yang akan dilakukan oleh CJ ENM untuk memulihkan kondisi setelah kasus yang terjadi adalah melakukan perombakan besar-besaran terhadap seluruh sistem dan tim yang menangani program Produce.

CEO Heo Min Hee mengatakan, "Tim yang menangani konten dari luar, seperti hasil suara publik akan dibentuk. Proses produksi dari program akan kami buat se-transparan mungkin. Sebagai tambahan, kode etik dari program penyiaran internal akan diperbaiki dengan pembekalan training kepada seluruh kru yang bertugas."

Itulah langkah-langkah akhir yang diambil oleh CJ ENM selaku pihak penyelenggara yang bertanggung jawab terhadap kasus Produce. Semoga semuanya bisa berjalan lancar sehingga para trainee maupun IZ*ONE dan X1 bisa segera melanjutkan langkah mereka untuk berkarya di panggung KPop.

Baca Juga: Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya