Comscore Tracker

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020

Berapa nominasi untuk Joker dan Parasite?

Ajang penghargaan tahunan di Amerika Serikat, Golden Globe Awards akhirnya merilis daftar nominasi untuk seluruh kategori film dan serial TV. Sesuai dugaan, film-film besar dari Hollywood tahun ini, seperti Joker, The Irishman, hingga Once Upon a Time....in Hollywood sukses mendominasi.

Namun ajang Golden Globe kali ini akan terasa berbeda karena nominasi baik film maupun serial TV tak melulu diisi oleh produksi Hollywood. Dari Amerika, Inggris, hingga Korea Selatan, inilah daftar lengkap nominasi untuk Golden Globe Awards 2020.

1. Film Terbaik Genre Drama dan Komedi

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020Dok. Netflix

Kategori utama Best Picture dibagi menjadi dua, genre drama dan komedi atau musikal. Kategori Best Picture Drama diisi oleh film 1917, The Irishman, Joker, The Two Popes, dan Marriage Story.

Sedangkan Best Picture - Comedy / Musical diisi oleh Dolemite is My Name, Knives Out, Jojo Rabbit, Once Upon a Time.... in Hollywood, dan Rocketman.

2. Sutradara Terbaik & Naskah Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020deadline.com

Kategori Best Director diisi oleh sejumlah nama yang sudah digadang-gadang akan berjaya tahun ini, seperti Bong Joon Ho dari film Parasite, Sam Mendes dari film 1917, Todd Phillips untuk film Joker, Martin Scorsese untuk The Irishman, serta Quentin Tarantino untuk film Once Upon a Time.... in Hollywood.

Sedangkan kategori Best Screenplay diisi oleh film Marriage Story dari Noah Baumbach, The Two Pops dari Anthony McCarten, Once Upon a Time... in Hollywood dari Quentin Tarantino, Parasite dari Bong Joon Ho dan Han Jin Won, serta The Irishman dari Steven Zaillian.

3. Aktor Terbaik Genre Drama & Komedi / Musikal

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020syfy.com

Nominasi untuk kategori Best Actor bisa dikatakan sangat ketat. Untuk genre drama, nominasi ini diisi oleh Adam Driver dari Marriage Story, Joaquin Phoenix dari Joker, Antonio Banderas dari Pain and Glory, Christian Bale dari Ford v Ferrari, serta Jonathan Pryce dari The Two Popes.

Sedangkan nominasi Best Actor - Comedy / Musical diisi oleh, Daniel Craig dari Knives Out, Roman Griffin Davis dari Jojo Rabbit, Leonardo DiCaprio dari Once Upon a Time... in Hollywood, serta Eddie Murphie dari Dolemite is My Name.

4. Aktris Terbaik Genre Drama & Komedi / Musikal

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020latimes.com

Best Actress - Drama diisi oleh Renee Zellweger dari film Judy, Cynthia Erivo dari Harriet, Scarlett Johansson dari Marriage Story, Saoirse Ronan dari Little Woman, serta Charlize Theron dari Bombshell.

Sementara nominasi Best Actress - Comedy / Musical diisi oleh Awkwafina dari The Farewell, Ana de Armas dari Knives Out, Cate Blanchett dari Where'd You Go, Bernadette?, Beanie Feldstein dari Booksmart, dan Emma Thompson dari Late Night.

Baca Juga: 6 Kelebihan Ford v Ferrari yang Membuatnya Pantas Masuk Nominasi Oscar

5. Aktor & Aktris Peran Pendukung Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020variety.com

Nominasi Best Supporting Actor diisi oleh Al Pacino dari The Irishman, Brad Pitt dari Once Upon a Time....in Hollywood, Tom Hanks dari A Beautiful Day in the Neighborhood, Joe Pesci dari The Irishman, dan Anthony Hopkins dari The Two Popes.

Sementara itu, Best Supporting Actress diisi oleh, Kathy Bates dari Richard Jewell, Annette Bening dari The Report, Laura Dern dari Marriage Story, Jennifer Lopez dari Hustlers, dan Margot Robbier dari Bombshell.

6. OST Original & Score Original Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020ebaumsworld.com

Nominasi Best Original Song diisi oleh, Beautiful Ghosts dari Taylor Swift dan Andrew Lloyd Webber untuk film Cats, Into The Unknown dari Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez untuk Frozen II, Spirit dari Beyonce untuk The Lion King, Love Me Again dari Elton John untuk Rocketman, serta Stand Up dari Cynthia Erivo untuk Harriet.

Sedangkan Best Original Score diisi oleh film Little Women garapan Alexandre Desplat, Joker dari Hildur Guonadottir, Marriage Story dari Randy Newman, 1917 dari Thomas Newman, serta Motherless Brooklyn dari Daniel Pemberton

7. Film Bahasa Luar Negeri & Film Animasi Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020forbes.com

Nominasi Best Foreign Language Film antara lain, Parasite (Korea Selatan), The Farewell (China), Portrait of a Lady on Fire (Perancis), Les Misérables (Perancis), serta Pain and Glory (Spanyol).

Sedangkan Best Animated Feature diisi oleh, Toy Story 4, Frozen II, How to Train Your Dragon: The Hidden World, Missing Link, dan The Lion King.

8. Serial TV Terbaik Genre Drama, Komedi, serta Serial Pendek Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020thedigitalweekly.com

Persaingan kategori untuk serial TV juga tidak kalah ketat dari film. Nominasi Best Series, Drama diisi oleh Big Little Lies, The Crown, Killing Eve, The Morning Show, dan Succession. Sedangkan Best Series, Comedy diisi oleh Barry, Fleabag, The Kominsky Method, The Marvelous Mrs. Marvel, dan The Politican.

Sementara itu, Best Limited Series diisi oleh Catch 22, Chernobyl, Fosse/Verdon, The Loudest Voice, dan Unbelievable.

9. Aktor Serial TV Terbaik Genre, Drama, Komedi, dan Serial Pendek

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020indiewire.com

Nominasi Best Actor in A Drama Series diisi oleh Brian Cox dari Succession, Kit Harrington dari Game of Thrones, Rami Malek dari Mr. Robot, Tobias Menzes dari The Crown, serta Billy Porter dari Pose. Untuk genre komedi, nominasi ini diisi oleh Michael Douglas dari The Kominsky Method, Bill Hader dari Barry, Ben Platt dari The Politician, Paul Rudd dari Living with Yourself, dan Ramy Youssef dari Ramy.

Sementara kategori Best Actor in a Limited Series diisi oleh Christopher Abbott dari Catch 22, Sacha Baron Cohen dari The Spy, Russell Crowe dari The Loudest Voice, Jared Harries dari Chernobyl, dan Sam Rockwell dari Fosse/Verdon.

10. Aktris Serial TV Terbaik Genre, Drama, Komedi, dan Serial Pendek

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020latimes.com

Nominasi Best Actress in a Drama Series diisi oleh Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon dari The Morning Show, Olivia Colman dari The Crown, Jodie Corner dari Killing Eve, dan Nicole Kidman dari Big Little Lies.

Untuk genre komedi, kategori ini diisi oleh, Christina Applegate dari Dead to Me, Rachel Brosnahan dari The Marvelous Mrs. Maisel, Kirsten Dunst dari On Becoming a God in Central Florida, Natasha Lyonne dari Russian Doll, serta Phoebe Waller-Bridge dari Fleabag.

Sementara kategori Best Actress in a Limited Series diisi oleh Kaitlyn Dever dan Merritt Wever dari Unbelievable, Joey King dari The Act, Helen Mirren dari Catherin The Great, serta Michelle Williams dari Fosse/Verdon.

11. Aktor & Aktris Peran Pendukung Serial TV Terbaik

Hollywood Sampai Korea, Inilah Daftar Nominasi Golden Globe 2020npr.org

Pengisi nominasi Best Supporting Actor in a TV Series antara lain, Alan Arkin (The Kominsky Method), Kieran Culkin (Succession), Andrew Scott (Fleabag), Stellan Skarsgard (Chernobyl), dan Henry Winkler (Barry).

Sementara itu, nominasi Best Supporting Actress in a TV Series diisi oleh, Patricia Arquette (The Act), Helena Bonham Carter (The Crown), Toni Collette (Unbelievable), Meryl Streep (Big Little Lies), dan Emily Watson (Chernobyl).

Ajang Golden Globe 2020 akan digelar pada 5 Januari 2020. Jagoan kamu yang mana saja nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Berbau Keluarga, Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film Parasite

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You