Comscore Tracker

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019

Parasite dan Kim Ji Young bikin merinding!

Dunia perfilman Korea Selatan di sepanjang tahun 2019 tidak kalah booming dari KDrama. Dari Parasite hingga Kim Ji Young, Born 1982, ada begitu banyak film produksi negeri gingseng yang sukses secara komersil di dalam negeri hingga mampu menembus skala internasional.

Terdiri dari beragam genre, inilah 10 film Korea Selatan terbaik sepanjang tahun 2019 versi IDN Times!

1. Extreme Job pecahkan rekor sebagai film terlaris kedua di Korea Selatan setelah Roaring Currents (2014)

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019draco.pe.kr

Dibintangi oleh aktor Ryu Seung Ryong dan Honey Lee, film laga detektif ini bercerita tentang sekelompok detektif yang membuka usaha restoran ayam goreng. Namun di balik bisnis sukses tersebut, ada praktik ilegal perdagangan obat-obatan terlarang.

Extreme Job tayang di Korea pada 23 Januari 2019 dan telah menembus angka lebih dari 12 juta penonton.

2. Sukses besar di negeri sendiri, Parasite diprediksi akan melenggang ke Oscars

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019theepochtimes.com

Film besutan sutradara Bong Joon Ho ini memuat sindiran keras terhadap perbedaan strata antara keluarga kaya dan keluarga miskin. Tema cerita yang berani didukung dengan penampilan para aktor yang memukau membuat Parasite sukses mendunia.

Di Korea Selatan, Parasite meraup hingga lebih dari 10 juta penonton.

3. Perpaduan cerita bencana alam dengan bumbu laga dan komedi membuat EXIT banyak disukai

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019/medium.com

Film EXIT sudah menjadi perbincangan panas di Korea sejak tayang perdana pada bulan Juli. Film yang dibintangi oleh aktor Jo Jung Suk dan Yoona SNSD ini menampilkan kisah bencana yang terjadi di kota Seoul, yang dibalut dengan bumbu komedi yang menghibur dan mampu menyatu dengan sejumlah adegan menegangkan.

Selama masa penayangan di Korea Selatan saja, EXIT mampu menarik perhatian hingga lebih dari 9,4 juta penonton.

4. The Gangster, The Cop, The Devil menjadi salah satu suguhan genre crime-criminal terbaik di Korea tahun ini

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019haninchicago.com

Rilis pada 15 Mei, film yang dibintangi oleh Ma Dong Seok, Kim Moo Yeol, dan Kim Sung Kyu ini bercerita tentang perseteruan gangster dan polisi yang berujung pada pertaruhan nyawa. Film ini mendapat sambutan positif dari para penikmat film, hingga aktor senior Hollywood Sylvester Stallone mengaku tertarik untuk membuat remake dari The Gangster, The Cop, The Devil dalam versi Hollywood.

5. Sindir budaya patriarki, film Kim Ji Young, Born 1982 dibanjiri pujian

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019naver.com

Mengadaptasi dari novel fenomenal sudah menjadikan peluang besar bagi Kim Ji Young, Born 1982 untuk dapat sukses di pasaran. Terang saja, begitu rilis pada bulan November lalu, film yang disutradarai oleh Kim Do Young ini langsung dibanjiri pujian atas tema cerita yang dekat dengan kehidupan sekitar serta penampilan para pemain seperti Jung Yoo Mi, Gong Yoo, hingga Kim Mi Kyung, yang mampu membuat penonton terbawa suasana.

Baca Juga: Review Film Kim Ji Young, Born 1982: Dilema Perempuan dan Patriarkisme

6. Money yang dibintangi Ryu Jun Yeol, Yoo Ji Tae, dan Jo Woo Jin juga sukses secara komersil dan banjir komentar publik

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019namu.wiki

Film besutan sutradara Park Noo Ri ini bercerita tentang Jo Il Hyun (Ryu Jun Yeol), pemuda yang bermimpi menjadi orang kaya. Ia yang bekerja sebagai makelar saham tiba-tiba tersangkut dalam kasus penipuan saham.

7. Baru tayang bulan November lalu, Black Money raih sukses besar

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019pressian.com

Black Money menampilkan aktor Jo Jin Woong sebagai seorang Jaksa bernama Yang Min Hyeok yang terlibat kasus setelah salah satu tersangka yang ditanganinya ditemukan bunuh diri. Saat sedang menyelidiki penyebab dari kematian tersangka tersebut, Min Hyeok justru menemukan fakta mengenai adanya skandal keuangan.

8. Dibintangi Yoo Hae Jin dan Ryu Jun Yeol, film perang The Battle: Roar to Victory raih banyak pujian

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019slist.kr

Film ini mengadaptasi kisah nyata perang Fengwudong antara Korea Selatan dan Jepang yang terjadi pada tahun 1920. Aktor Yoo Hae Jin berperan sebagai tentara andalan Korea Hwang Hae Cheol yang bertugas memimpin pengiriman bantuan kepada Pemerintahan Korea di Shanghai.

Film The Battle: Roar to Victory meraih penghargaan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di ajang Korean Culture and Entertainment Awards.

9. Perpaduan laga dan komedi, film Miss & Mrs Cop juga menarik banyak peminat

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019naver.com

Kolaborasi antara aktris veteran Ra Mi Ran dengan aktris masa kini Lee Sung Kyung menjadi salah satu keunggulan yang banyak dipuji dari film Miss & Mrs Cop.

Ra Mi Ran berperan sebagai mantan polisi patroli yang bekerja di Pusat Pelayanan Publik setelah menikah. Sedangkan Lee Sung Kyung memerankan seorang polisi wanita baru. Mereka bersatu untuk mengungkap misteri di balik kasus bunuh diri seorang wanita yang berujung pada terkuaknya praktik perdagangan narkotika dan video asusila.

10. Film Bad Guys: Reign of Chaos raih sukses yang tidak kalah dari versi KDrama

Laga Hingga Komedi, 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Tahun 2019naver.com

Diadaptasi dari KDrama populer dari OCN, Bad Guys, yang booming tahun 2014, film Bad Guys: Reign of Chaos meraih sukses besar secara komersil hingga meraup hingga lebih dari 4,5 juta penonton. Porsi adegan aksi, konflik serius, hingga bumbu komedi yang disajikan dalam film ini tidak kalah ciamik dari versi dramanya.

Itulah 10 film Korea terbaik sepanjang tahun 2019 versi IDN Times. Kamu setuju gak dengan daftar di atas? Kalau ada judul film lain yang ingin kamu tambahkan, tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Review "Bad Guys": Salah Satu Film Korea Terlaris Tahun Ini

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You