Comscore Tracker

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagal

Padahal diperankan bintang terkenal

Ketika sebuah drama Korea meraih rating tinggi serta sambutan yang hangat dari publik, tidak jarang tim produksi pada akhirnya memutuskan untuk membuat sekuel atau spinoff dari cerita dalam drama tersebut. Sayangnya, tidak semua sekuel atau spinoff pada akhirnya berhasil memenuhi harapan fans dan melampaui kesuksesan seri pertamanya.

Seperti keenam judul drama Korea berikut. Meski mendapat antusias yang begitu tinggi dari fans, sayangnya hasil dari cerita sekuel yang ditampilkan tidak sesuai harapan.

1. Iris 2 (2010)

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagalasianwiki.com

Drama Iris yang dibintangi oleh Lee Byung Hun tercatat sebagai drama genre aksi tersukses sampai saat ini. Sayangnya, sekuel yang diberi judul Iris II: New Generation yang tayang satu tahun setelahnya justru dinilai gagal dengan perolehan rating tiga kali lipat lebih rendah dari seri pertama.

Meski publik tidak kecewa pada penampilan Jang Hyuk sebagai pengganti Lee Byung Hun di seri kedua ini, banyak yang menyebut plot cerita yang membosankan menjadi faktor utama mengapa sekuel ini gagal.

2. Full House Take 2 (2012)

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagalviki.com

Semua pencinta K-Drama pasti mengenal drama Full House yang booming tahun 2004, namun tak banyak yang tahu bahwa drama fenomenal ini pernah dibuatkan sekuel berkonsep reboot berjudul Full House Take 2 yang ditayangkan tahun 2012 dan dibintangi oleh No Min Woo dan Hwang Jung Eum.

Sekuel ini juga gagal total menyamai kesuksesan Full House original yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo. Selama masa penayangan sepanjang 32 episode, drama ini kerap dikritik karena plot cerita yang dinilai membosankan.

3. Dream High 2 (2011)

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagalamazon.com

Dream High pertama meraih sukses besar dengan rating tertinggi 20 persen. Drama ini juga berhasil melambungkan popularitas pemainnya. Kesuksesan ini membuat KBS2 akhirnya membuat sekuel yang tayang satu tahun setelahnya dengan dibintangi oleh Ji Yeon T-ara, Kang Sora, dan Jinwoon 2AM.

Sayangnya, hasil seri kedua tidak sesuai harapan. Plot cerita dinilai membosankan dan mudah ditebak. Seri kedua akhirnya hanya mampu meraih rating rata-rata 7 persen.

Baca Juga: Gak Kerasa, 10 Drama Korea Populer Ini Sudah Berusia Satu Dekade Lho!

4. Prince Hours (2007)

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagalthefangirlverdict.com

Drama ini merupakan spinoff dari drama fenomenal Princess Hours yang tayang tahun 2006. Dibintangi oleh penyanyi Se7en bersama aktris Park Shin Hye, hasil dari sekuelnya ternyata tidak sesuai harapan. Berbeda jauh dari seri pertama yang berhasil meraih rating hingga 28 persen, Prince Hours hanya meraih rating rata-rata 7,8 persen.

5. Neighborhood Lawyer Jo Deul Ho 2

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagaldoramaskpop.com

Diadaptasi dari webtoon populer, drama Neighborhood Lawyer Jo Deul Ho yang tayang tahun 2016 berhasil mendapat sambutan hangat dari publik dengan pencapaian episode terakhirnya sebesar 17,3 persen. Tiga tahun kemudian, MBC memutuskan untuk membuat sekuel dari drama tersebut. Bahkan MBC membuat sekuelnya sejumlah 40 episode yang ditayangkan pada Januari hingga Maret 2019 lalu.

Sayangnya, hasil sekuel tersebut tidak sesuai harapan. Rating tertinggi dari Neighborhood Lawyer Jo Deul Ho 2 hanya mampu mencapai angka 9 persen.

6. Mrs. Cop 2

Tak Sesuai Harapan, 6 Sekuel dan Spinoff K-Drama Ini Dinilai Gagalnews.chosun.com

Sedikit bernasib beruntung, Mrs. Cop 2 yang merupakan sekuel dari drama Mrs. Cop dari Kim Hee Ae ini tidak banjir kritik seperti beberapa sekuel lainnya. Namun dari segi rating dan popularitas, drama ini tetap gagal menyaingi pendahulunya. Duel epic antara Kim Sung Ryung dengan Kim Bum pada akhirnya hanya mampu meraih rating 10 persen, selisih cukup jauh dengan seri pertama yang meraih 15,8 persen.

Kamu sudah menonton keenam drama di atas? Kalau menurut kamu hasil dari drama-drama ini bagaimana? Apakah layak disebut 'gagal'?

Baca Juga: Jadi Cameo di K-Drama "Hotel Del Luna", 10 Potret Keakraban Sulli & IU

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You