Comscore Tracker

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.P

Akankah grup ini bubar?

2018 nampaknya menjadi tahun yang penuh kejutan bagi penggemar KPop, khususnya boyband Korea B.A.P. Setelah ditinggal sang leader yang mengakhiri kontraknya dengan agensi TS Entertainment di bulan Agustus lalu, kini di akhir tahun giliran sang maknae, Zelo yang kontraknya berakhir dengan agensi. Sejak 24 Desember lalu, TS secara resmi mengumumkan Zelo tidak lagi menjadi bagian dari B.A.P.

Kini grup yang namanya merupakan akronim dari Best Absolute Perfect ini hanya menyisakan empat member, Himchan, Daehyun, Youngjae, dan Jongup. Kondisi ini membuat publik bertanya-tanya akan seperti apa masa depan dari grup yang populer lewat lagu-lagu seperti Warrior, One Shot, dan No Mercy ini. Mungkinkah mereka akan bubar?

Jangan pesimis dulu. Sebab penggemar B.A.P sendiri ternyata tidak terlalu panik menanggapi kabar keluarnya Yongguk maupun Zelo. Karena jika kita melihat kembali perjalanan karir grup ini selama hampir tujuh tahun lamanya, masih ada lima hal berikut yang mungkin akan terjadi pada mereka.

1. Empat member lainnya diperkirakan akan menyusul Bang Yong Guk dan Zelo

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.Pinstagram.com/chanchanieeeeee

Sebelumnya dalam konser solo B.A.P yang digelar di Seoul pada pertengahan tahun ini, keenam member memberitahukan secara langsung pada fans bahwa masing-masing personel di B.A.P memang memiliki tanggal kontrak yang berbeda-beda dengan agensi mereka. Bang Yong Guk memiliki tanggal kontrak yang lebih awal karena ia lebih dulu debut solo di tahun 2011, sebelum debut dengan B.A.P pada Januari 2012. Itulah sebabnya kontrak sang leader berakhir lebih dulu dibandingkan member lain.

Kemudian disusul dengan Zelo, yang kontraknya juga lebih dulu dibandingkan empat member tersisa karena sebelum debut bersama B.A.P, Zelo lebih dulu debut sebagai duo Bang & Zelo bersama Yongguk pada Desember 2011. Empat member tersisa, Himchan, Daehyun, Youngjae, dan Jongup, baru menandatangani kontrak dengan TS pada Januari 2012, sehingga bisa dipastikan kontrak mereka dengan TS akan berakhir Januari 2019 mendatang.

Apa yang akan terjadi setelah kontrak mereka berakhir? Fans masih memiliki harapan besar bahwa Himchan cs juga tidak akan memperpanjang kontrak mereka dan memilih untuk menyusul Yongguk serta Zelo.

Ini bukan tidak mungkin menjadi kenyataan, sebab hubungan B.A.P dan agensi memang sudah lama dikabarkan berjalan dengan tidak baik.

2. Tidak ada konflik yang terjadi antar member, sehingga fans optimis B.A.P akan bersatu kembali

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.Pinstagram.com/chanchanieeeeee

Kebanyakan grup Korea yang bubar pada dasarnya memang memiliki masalah antar member, atau sepakat bubar untuk fokus pada karir solo masing-masing. Sebut saja girlband seperti Sistar atau miss A, selain masalah kontrak yang berakhir, grup ini sepakat bubar karena setiap member memiliki keinginan untuk mengembangkan karir solo.

Dalam kasus B.A.P, fans memiliki harapan besar grup idola mereka dapat kembali bersatu karena melihat sampai saat ini belum ada member B.A.P yang berkeinginan kuat untuk fokus pada karir solo. Di berbagai kesempatan, keenam member kerap mengatakan bahwa mereka masih lebih menikmati kegiatan promosi bersama-sama daripada saat promosi individu.

Faktor lainnya juga karena B.A.P tidak terlihat memiliki masalah antar member. Satu-satunya masalah hanyalah hubungan mereka dengan agensi yang kurang baik. Penghujung tahun 2014 lalu, keenam member pernah menggugat TS atas tuduhan 'kontrak budak'. Saat itu B.A.P mengaku dipekerjakan secara tidak layak oleh TS yang mengatur jadwal konser terlalu padat namun memberikan bayaran yang tidak setimpal. Kuasa hukum B.A.P mengatakan pembagian keuntungan grup dan agensi sangat tidak adil dengan persentasi 90 persen keuntungan untuk TS, sedangkan hanya 10 persen untuk B.A.P.

Meski kasus hukum B.A.P vs TS saat itu berakhir damai dengan Yongguk cs kembali ke agensi mereka, masih banyak pihak yang memperkirakan hubungan grup ini dengan pihak manajemen masih menemui banyak konflik.

Baca Juga: Resmi Tinggalkan B.A.P, Ini 10 Potret Perjalanan Karier Zelo

3. Kemungkinan besar B.A.P akan dibubarkan, kemudian debut dengan nama baru

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.Pinstagram.com/yjaybaby/

Jika nantinya semua member B.A.P benar-benar keluar dari TS Entertainment dan bersama-sama mencari agensi baru, maka akan ada satu konsekuensi besar yang harus mereka hadapi, yaitu mereka tidak akan lagi bisa menggunakan nama B.A.P yang sudah menjadi hak cipta agensi. Kemungkinan besar mereka harus mengganti nama grup, seperti yang dilakukan boyband BEAST dari Cube Entertainment, yang kini namanya berganti HIGHLIGHT.

Masalah hak cipta tidak hanya seputar nama, tetapi juga penggunaan logo, lagu-lagu di seluruh diskografi mereka, dan semua atribut grup selama 7 tahun terakhir. Meski sebagian besar lagu B.A.P diproduseri Bang Yong Guk namun jika nantinya tidak lagi bernaung di bawah TS, nampaknya akan sedikit sulit bagi B.A.P untuk membawakan lagu-lagu lama mereka yang masih dilabeli TS.

4. B.A.P bisa saja bernasib seperti SHINHWA atau HIGHLIGHT

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.Pinstagram.com/yjaybaby/

Akan ada dua kemungkinan tersisa tentang masa depan B.A.P. Mereka bisa saja bernasib seperti grup senior SHINHWA yang setelah keluar dari SM Entertainment, mereka mampu bertarung secara hukum dengan agensi untuk memperebutkan hak cipta nama grup. Meski tentu saja prosesnya sangat panjang, SHINHWA memenangkan tuntutan mereka sehingga nama beserta semua atribut lainnya masih dapat digunakan sampai saat ini,

Pilihan lainnya, jika nantinya TS Entertainment bersikukuh tidak memperbolehkan penggunaan nama B.A.P, mereka akan bernasib seperti HIGHLIGHT yang harus mengganti nama mereka setelah bergabung dengan agensi baru.

Apapun itu, baik menggunakan nama lama atau baru, nampaknya fans tidak akan terlalu mempermasalahkan asalkan keenam member masih bersatu dalam satu grup.

5. Sayangnya comeback selanjutnya akan terganjal wajib militer Bang Yong Guk dan Himchan

Tinggal Berempat, Ini 5 Hal yang Mungkin Akan Terjadi Pada B.A.PDok. KStyle (via itsbap.com)

Satu masalah yang masih akan terganjal jika nantinya enam member B.A.P kembali bersatu adalah, fans masih harus menunggu dalam waktu cukup lama lagi untuk menyaksikan penampilan grup idola mereka dalam formasi yang utuh. Sebab tahun depan akan menjadi deadline bagi Bang Yong Guk dan Himchan untuk mendaftarkan diri mengikuti wajib militer.

Itulah lima hal yang mungkin akan terjadi pada B.A.P setelah kontrak semua member berakhir. Kita doakan saja supaya mereka mendapat jalan yang terbaik ya!

Baca Juga: Bang Yongguk Resmi Tinggalkan B.A.P, 15 Perjalanan Karier sang Leader

Irene Adler Photo Verified Writer Irene Adler

A poor yet busy fangirl who was born to be different and unique than those pretty girls around you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya