Comscore Tracker

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!

Aktor pemeran Sherlock Holmes terbaik sepanjang masa!

Cerita petualangan detektif Sherlock Holmes di novel karya Sir Arthur Conan Doyle sudah dikenal luas di seluruh dunia dan telah beberapa kali diadaptasi dalam bentuk serial tv dan film. Salah satunya yang paling populer akhir-akhir ini adalah serial Sherlock dari BBC yang memasang nama aktor british Benedict Cumberbatch sebagai pemeran Sherlock Holmes.

Tak bisa dipungkiri, Benedict Cumberbatch memang cocok banget memerankan Sherlock Holmes versi modern. Bahkan tidak sedikit penggemar Sherlock Holmes era kini yang menyebut Benedict Cumberbatch sebagai aktor pemeran Sherlock terbaik, namun jauh sebelum Benedict memerankan Sherlock, di era tahun 80-an lalu, sudah ada aktor pemeran Sherlock yang mencuri perhatian dunia, dialah Jeremy Brett. Berikut fakta yang harus kamu ketahui tentang dia!

1. Jeremy Brett memerankan Sherlock Holmes di serial TV ‘The Adventure of Sherlock Holmes’ yang tayang di tahun 1984 sampai 1994.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!cloudpix.co

Aktor bernama lengkap Peter Jeremy William Huggins ini terpilih untuk memerankan Sherlock Holmes dalam serial tv The Adventure of Sherlock Holmes produksi staisun TV Granada ITV yang ditayangkan pada tahun 1984 sampai 1994. Di serial ini, Brett berpasangan dengan aktor David Burke yang memerankan karakter Dr. John Watson.

2. Perannya sebagai Sherlock Holmes kala itu menuai pujian dari para penggemar novel karya Sir Arthur Conan Doyle ini.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!www.alanoblebouffarde.com

Penampilan Jeremy Brett sebagai Sherlock Holmes sukses mencuri perhatian publik tak terkecuali para penggemar setia novel Sherlock Holmes di era itu. Bahkan tak sedikit penggemar yang menganggap Jeremy Brett sebagai versi nyata atau versi hidup dari Sherlock Holmes.

3. Brett juga turut tampil dalam sebuah pertunjukkan musikal tentang Sherlock Holmes.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!sherlockshome.net

Keberhasilannya membawakan peran Sherlock Holmes di layar kaca kemudian membuat Jeremy Brett terpilih untuk tampil di pertunjukkan musikal bertajuk The Secret of Sherlock Holmes yang digelar tahun1988 sampai 1989 bersama aktor Edward Hardwicke sebagai John Watson.

4. Menurut aktor british ini, Sherlock Holmes adalah peran tersulit yang pernah dia bawakan sepanjang karirnya.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!ihearofsherlock.com

Sepanjang 40 tahun perjalanan karirnya sebagai aktor, Brett telah terlibat dalam 20 judul serial tv, 10 judul film, dan 10 proyek drama musikal, dan dari semua peran yang pernah dibawakannya, Brett memilih peran Sherlock Holmes sebagai peran tersulit.

5. Menjadi pemeran Sherlock Holmes terbaik di dunia memang menjadi harapan terbesar dari Jeremy Brett.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!sherlockholmes101.weebly.com

Sejak pertama kali memutuskan untuk menerima peran Sherlock Holmes, Brett memang sudah berharap agar dia bisa menjadi aktor pemeran Sherlock Holmes terbaik di dunia, dan harapannya telah terwujud. Sampai saat ini, setiap kali digelar sebuah survey untuk memilih aktor pemeran Sherlock Holmes terbaik, nama Jeremy Brett selalu mendapatkan suara terbanyak mengalahkan aktor lain seperti Benedict Cumberbatch, Robert Downey Jr, dan Rupert Everett.

6. Jeremy Brett meninggal dunia pada tahun 1995, hanya satu tahun setelah serial ‘The Adventure of Sherlock Holmes’ berakhir.

Sebelum Bilang Benedict Cumberbatch adalah Sosok Sherlock Terbaik, Kenalan Dulu dengan Sherlock Tahun 80-an Ini, Jeremy Brett!cloudpix.co

Selama 5 tahun terakhir syuting The Adventure of Sherlock Holmes, Brett harus berjuang melawan penyakit jantung dan gangguan bipolar yang dideritanya. Satu tahun setelah serial ini berakhir, Brett meninggal dunia di usia 61 tahun pada 12 September 1995 di London.

Meski sosoknya tak akan lagi terlihat, kerja keras dan dedikasi Jeremy Brett untuk membawakan peran Sherlock Holmes akan selalu kita kenang!

Irene Adler Photo Verified Writer Irene Adler

A poor yet busy fangirl who was born to be different and unique than those pretty girls around you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya