Comscore Tracker

6 Pencapaian Lagu 'Dynamite' BTS dalam Setahun Terakhir

Lagu bersejarah bagi BTS di kancah musik internasional! 

Lagu “Dynamite” rilis satu tahun yang lalu tepatnya di tanggal 21 Agustus 2020. Lagu yang bergenre disko-pop ini merupakan lagu pertama BTS yang secara penuh menggunakan lirik bahasa Inggris. Perilisan “Dynamite” juga menjadi pengalaman pertama bagi BTS untuk merilis lagu sebelum album mereka rilis. Menariknya lagi, lagu ini sebenarnya tidak ada dalam perencanaan, namun dengan adanya pandemik yang dihadapi seluruh dunia, BTS ingin mengeluarkan lagu yang bisa memberikan kebahagiaan di kondisi seperti itu.

Meskipun dirilis di luar rencana dan menjadi tantangan sendiri bagi BTS untuk menyanyi sepenuhnya dalam bahasa Inggris, lagu “Dynamite” berhasil memecahkan berbagai macam rekor yang mengagumkan dari awal rilis hingga setahun kemudian. Apa saja rekor itu? Berikut di bawah ini, enam pencapaian yang diraih lagu “Dynamite” dalam kurun waktu setahun terakhir.

1. Memecahkan berbagai rekor YouTube

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

MV “Dynamite” yang dirilis pada pukul 13:00 KST atau 11:00 WIB berhasil memecahkan berbagai rekor YouTube. Dilansir Variety, YouTube menyatakan bahwa MV yang disutradari oleh Choi Yong-seok (Lumpens) itu berhasil mencatatkan rekor untuk YouTube Premiere yang paling banyak dilihat dengan lebih dari 3 juta pemirsa langsung secara bersamaan. MV “Dynamite” juga berhasil trending di nomor satu di YouTube secara global dalam waktu 12 jam sejak dirilis.

Selain itu, secara resmi pada 23 Agustus 2020, YouTube mengkonfirrmasi bahwa video klip tersebut berhasil memecahkan rekor 24 jam pertama dengan 101,1 juta penayangan. Kedua rekor ini yakni YouTube Premiere dan 24 jam pertama penayangan kembali berhasil dipecahkan oleh BTS di tahun ini melalui lagu “Butter” dengan 3,9 juta pemirsa serentak dan 108,2 juta penayangan.

Selanjutnya, MV “Dynamite” juga menciptakan rekor pada beberapa bulan setelah dirilis. MV “Dynamite” berhasil menjadi MV grup Korea tercepat yang meraih 1 miliar penayangan di YouTube. Hal tersebut diraih dalam waktu singkat yakni tujuh bulan setelah dirilis tepatnya di tanggal 12 April 2021. Terbaru pada 6 Agustus 2021, MV tersebut kembali memecahkan rekor sebagai MV Grup Korea tercepat yang melampau 1,2 miliar penayangan di YouTube.

2. Debut Terbesar dalam Spotify Global di Tahun 2020 

BTS melalui lagu “Dynamite” berhasil debut pada peringkat teratas tangga lagu Spotify Global dengan 7,7 juta streams. Hal itu membuat “Dynamite” menjadi lagu dengan debut terbesar di Spotify pada tahun 2020 menggeser lagu “Cardigan” milik Taylor Swift yang sebelumnya menduduki peringkat pertama dengan 7,74 juta streams. Rekor ini kembali dipecahkan oleh BTS dengan Lagu “Butter” yang rilis pada 21 Mei 2021 dengan 11 juta streams.

Lebih lanjut, pada tahun 2020, “Dynamite” memecahkan rekor untuk debut terbesar sepanjang sejarah untuk grup di tangga lagu mingguan Spotify dengan 39,9 juta streams. Lagu “Dynamite” juga debut di peringkat tinggi di tangga lagu mingguan Spotify di berbagai negara, misalnya di Filipina debut di peringkat pertama dengan 2,8 juta streams, peringkat pertama di Indonesia dan peringkat keempat di Amerika Serikat, menggambarkan kesuksesannya di platform Spotify.

3. Sukses di tangga lagu berbagai negara

Pencapaian “Dynamite” yang ketiga adalah sukses di tangga lagu berbagai negara. Lagu “Dynamite” di Korea Selatan berhasil memuncaki berbagai macam layanan streaming musik salah satunya layanan streaming musik terbesar yakni Melon.

Setelah satu jam rilis, “Dynamite” berhasil masuk ke tangga lagu Melon 24Hits dan lima hari setelahnya berhasil menempati peringkat pertama di tangga lagu tersebut. Hal ini bukanlah hal yang mudah karena peringkat di Melon 24Hits didasarkan tidak hanya berdasarkan jumlah stream tetapi juga banyaknya pendengar. Dalam 24 jam rilis, lagu yang catchy ini telah didengarkan oleh 455 ribu pendengar.

Tidak hanya sukses pada awal perilisan, satu bulan setelahnya di tanggal 19 September 2020, jumlah pendengar unik “Dynamite” mencapai puncak baru dengan 708 ribu pendengar. Hingga 29 Agustus 2021, “Dynamite” masih berada dalam 20 besar Melon 24Hits memperlihatkan popularitasnya yang berlangsung lama.

Selanjutnya, “Dynamite” juga menjadi lagu BTS dengan jumlah PAK terbanyak yakni 610 jam. PAK adalah predikat yang diberikan kepada lagu yang berhasil menduduki peringkat teratas di tangga lagu berbagai layanan streaming musik Korea baik dalam waktu real-time, harian serta mingguan. Tak banyak lagu yang berhasil mendapatkan predikat ini dan “Dynamite” yang menerima banyak PAK menggambarkan kesuksesannya di Korea Selatan.

Kesuksesan “Dynamite” juga terjadi di Jepang, pasar musik kedua terbesar di dunia. Lagu “Dynamite” berhasil debut di peringkat ke-8 untuk penjualan lagu dan peringkat ke-3 berdasarkan jumlah stream pada tangga lagu mingguan Oricon. Dilansir The Korea Herald, sekitar delapan bulan setelah rilis, lagu ini menjadi lagu dari musisi asing pertama yang mencapai kumulasi 300 juta streams dan tiga terbesar di antara lagu-lagu lain di tangga lagu Oricon. “Dynamite” juga berada dalam jajaran 10 besar selama 36 minggu berturut-turut.

Di luar benua Asia, lagu “Dynamite” hingga sekarang masih menjadi lagu BTS dengan debut tertinggi di tangga lagu ARIA (Australia) yakni di posisi kedua. Pada German Official Singles Chart, lagu ini debut pada posisi ke-8 menjadikannya lagu dari musisi Korea pertama yang debut dalam sepuluh besar tangga lagu tersebut. Terakhir, setelah dirilis lagu ini berhasil memuncaki tangga lagu iTunes di 104 negara, semua pencapaian ini memperlihatkan kesuksesan lagu “Dynamite” di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: 10 Prestasi Butter BTS setelah 24 Jam Rilis, Pecahkan Rekor Dynamite

4. Meraih peringkat 1 di tangga lagu Billboard HOT 100

Lagu “Dynamite” berhasil debut di posisi pertama pada tangga lagu Billboard HOT 100 tertanggal untuk 5 September 2020. Hal ini ialah pencapaian yang luar biasa bagi BTS karena untuk pertama kalinya lagu mereka berhasil debut di posisi teratas. Selain di Billboard HOT 100, lagu ini juga berada di peringkat pertama di tangga lagu baru yakni Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl. U.S, tertanggal untuk 3 Oktober 2020.

Lagu “Dynamite” juga stabil berada di tangga lagu Billboard. Performanya di Billboard HOT 100 membuatnya mendapatkan rekor dari Guiness World Record untuk lagu KPop yang bertahan dengan minggu terbanyak di tangga lagu itu melampaui catatan 31 minggu PSY dengan lagu “Gangnam Style”. Pada 10 April 2021, “Dynamite” sudah bertahan selama 32 minggu di tangga lagu tersebut dengan rincian sebagai berikut: 1-1-2-2-1-2-2-5-7-12-16-17-14-3-10-24-9-44-5-25-35-45-46-46-43-5-50-43-43-34-26-30.

5. Meraih nominasi Grammy

https://www.youtube.com/embed/m1aAyKMVUUU

Lagu “Dynamite” yang memberikan keceriaan ini berhasil membawa BTS mendapatkan nominasi pertamanya di ajang penghargaan musik terbesar, Grammy. Pada 25 November 2020, BTS mendapatkan nominasi dalam Best Pop Duo/Group Performance. Hal ini tentu saja disambut gembira oleh para anggota dan juga penggemar. Tak lama setelah nominasi diumumkan, BTS mengunggah video detik-detik mereka menunggu pengumuman tersebut di akun Twitter mereka, dalam video itu tampak wajah tegang RM, Jimin, V dan Jung Kook yang duduk berdekatan di atas sofa.

Selain itu, BTS juga mengunggah cuitan berisi ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah mendengarkan dan berempati dengan musik mereka di masa yang sulit serta berterima kasih kepada ARMY dan mengatakan bahwa merekalah yang membuat keajaiban terwujud (nominasi Grammy), cuitan tersebut ditutup dengan ucapan terima kasih kepada Recording Academy.

Selain mendapatkan nominasi, BTS juga tampil membawakan lagu “Dynamite” di acara Grammy ke-63 tersebut. Anggota BTS yang mengenakan setelan jas membawakan “Dynamite” dengan apik di panggung dengan tatanan gramopon besar hingga bergerak ke atas atap gedung tinggi di Yeouido, Seoul. Tentu saja nominasi dan penampilan Grammy ini menjadi salah satu momen bersejarah bagi grup dengan tujuh anggota itu.

6. Mencapai 1 miliar stream di Spotify

6 Pencapaian Lagu 'Dynamite' BTS dalam Setahun Terakhirgambar Billions Club BTS (twitter.com/Spotify)

Lagu “Dynamite” kembali memberikan pencapaian fantastis kepada grup BTS. Satu bulan lalu, tepatnya di tanggal 20 Juli 2021, lagu ini berhasil mencapai satu miliar streams di Spotify. Hal ini tidak hanya sebuah pencapaian hebat bagi BTS tapi juga bagi dunia musik Korea secara umum karena pertama kalinya lagu dari musisi Korea meraih hal tersebut.

Pencapaian ini membawa BTS masuk ke dalam jajaran musisi yang berada dalam klub miliar Spotify seperti Ed Sheeran, Queen, Drake dan lain-lain. Lagu “Dynamite” pun telah dimasukan ke dalam daftar putar resmi Spotify Billions Club

Apa pencapaian selanjutnya?

6 Pencapaian Lagu 'Dynamite' BTS dalam Setahun Terakhirsketsa foto MV 'Dynamite' (facebook.com/bangtan.official)

Dalam wawancara dengan Amazon Music, RM, pemimpin grup BTS, menyatakan harapannya terhadap lagu-lagu berbahasa Inggris mereka sebagai gerbang pembuka bagi pendengar yang nantinya membawa mereka menjelajahi diskografi BTS lebih dalam yakni pada lagu-lagu berbahasa Korea yang liriknya memuat cerita pribadi mereka seperti rasa sakit, rasa hormat atau kebahagiaan. RM memikirkannya seperti sebuah rute dari “Dynamite” lalu ke lagu BTS yang rilis sebelumnya hingga ke lagu-lagu mereka di tahun 2013.

Terakhir, di luar keberhasilan mencapai berbagai rekor kuantitatif, salah satu pencapaian terbesar lagu “Dynamite” ialah membawa kebahagian bagi pendengarnya. Perasaan menyenangkan dari lagu ini tidak hanya sampai di telinga para penggemar (ARMY) namun juga telah dirasakan oleh pendengar umum.

Hal tersebut sesuatu yang diharapkan oleh BTS sendiri. Pada saat konferensi pers “Dynamite”, SUGA menyatakan bahwa, "Kami memiliki target baru untuk “Dynamite” yang bukan berupa angka atau peringkat, yakni bahwa kita berharap banyak orang menemukan rasa nyaman dan kekuatan ketika mendengarkan lagu tersebut". Terkait hal ini, semoga lagu “Dynamite” dapat terus memberikan rasa nyaman dan kekuatan bagi banyak orang.

Baca Juga: 10 Penampilan Memukau BTS 'Dynamite', Ada yang di Bandara Incheon!

Widyastuti Sari Photo Writer Widyastuti Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya