Comscore Tracker

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film 

Memilih terjun juga ke balik layar produksi film

Tak hanya piawai di depan layar kaca, sejumlah artis Korea Selatan juga rupanya memiliki kemampuan untuk bekerja di belakang layar. Beberapa di antara mereka bahkan melakukan pekerjaan tersebut di tengah kesibukan kariernya sebagai bintang drama dan film Korea. 

Di bawah ini merupakan artis yang dikenal dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa dan akhirnya terjun sebagai penulis skenario dan sutradara film. Siapa sajakah mereka?

1. Goo Hye Sun

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Goo Hye Sun (instagram.com/kookoo900)

Goo Hye Sun adalah salah satu artis Korea yang cerdas dan multitalenta. Aktris yang akan berusia 37 tahun ini dikenal dengan perannya sebagai Geum Jan Di di drama Boy Over Flowers (2010). Selain sebagai aktor, Hye Sun juga seorang penyanyi, penulis lagu, seniman, penulis skenario atau screenwriter hingga sutradara film. 

Sebagai penulis skenario dan sutradara, aktris lulusan dari Sungkyunkwan University dan Seoul Institute of the Arts ini sudah menggarap beberapa film, di antaranya adalah Mystery Pink (2018) dan Daughter (2014). Ia  juga pernah mendapat penghargaan sebagai Best Young Director pada Seoul Senior Film Festival ke-6 tahun 2014. 

2. Namgoong Min

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Nam Goong Min merupakan aktor, screenwriter, dan sutradara asal Korea selatan (dok. 935 Entertainment/Nam Goong Min)

Meski lulus dari Universitas Chung-Ang dengan gelar Mechanical Engineering atau Teknik Mesin, tapi kemampuan akting Nam Goong Min tak perlu diragukan. Tak hanya itu, setelah sukses di depan layar, aktor berusia 43 tahun ini pun kemudian mencoba melakukan pekerjaan di balik layar sebagai penulis skenario dan sutradara film. 

Film yang pernah digarapnya adalah Light My Fire yang tayang pada 2018 lalu. Di film bergenre thriller, mystery, dan psychological ini, Nam Goong Min kemudian menggaet sederet aktor berbakat seperti Lee Dong Hwi, Oh Jung Se, hingga Jung In Ki.  

3. Cha Tae Hyun

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Chat Tae Hyun merupakan aktor, penyanyi, tokoh televisi, DJ radio dan sutradara Korea Selatan (dok. Blossom/Cha Tae Hyun)

Selain berkarier sebagai aktor, Cha Tae Hyun juga merupakan seorang penyanyi, pengisi acara televisi, DJ radio yang kini merambah ke dunia sutradara film. Bersama dengan Yoo Ho Jin, sutradara dari TV Show Unexpected Business (2021), ia menggarap drama KBS2 karya penulis Lee Young Chul, yaitu Hit The Top (2017).  

Cha Tae Hyun merupakan lulusan dari Seoul Institute of the Arts jurusan Broadcasting Entertainment, Kyonggi University untuk jurusan Multimedia Imaging, dan Chung Ang University. Dia juga adalah seorang co-founder dari Blossom Entertainment. 

Baca Juga: 10 Aktor Drama Korea dengan Reputasi Brand Tertinggi Oktober 2021

4. Lee Jung Jae

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Lee Jung Jae merupakan aktor asal Korea selatan (dok. C-JeS Entertainment/Lee Jung Jae)

Memulai karier sebagai aktor dan model Korea sejak tahun 1993, Lee Jung Jae, pemeran Seong Gi Hoon di serial Netflix Squid Game ini juga dikabarkan akan berperan dalam film Korea Hunt. Selain jadi aktor, film yang akan mulai syuting pada 2021 ini juga akan menjadi debutnya sebagai sutradara film dengan naskah yang juga telah dikerjakannya selama 4 tahun.  

Tak hanya sukses dengan kariernya di dunia entertainment, Lee Jung Jae juga memiliki background pendidikan yang sesuai. Dia merupakan lulusan Universitas Dongguk yang meraih gelar master jurusan Teater dan Film. 

5. Kim Joon Han 

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Kim Joon Han merupakan aktor, penulis, dan sutradara film asal Korea selatan (dok. Walnut & U Entertainment/Kim Joon Han)

Kim Joon Han merupakan aktor Korea Selatan yang dikenal dengan berbagai perannya dalam drama seperti Prison Playbook (2017), Time (2018), dan Hospital Playlist (2020). Aktor berusia 38 tahun ini juga mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik di Jeonbuk Independent Film Festival ke-16(2016).       

Tak hanya itu, aktor lulusan dari Woosong Information College ini juga berkarier sebagai sutradara dan penulis film. Karya debutnya adalah film pendek berjudul Frog (2015) dan juga sebagai penulis skenario di film Greet (2016).

6. Yoo Ji Tae

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Yoo Ji Tae (dok. Netflix/Money Heist Korea)

Yoo Ji Tae adalah aktor berusia 45 tahun yang juga seorang model, penulis skenario dan sutradara film. Selain telah membintangi banyak drama dan film, tahun ini ia juga akan mengambil peran karakter The Professor di drama Money Heist yang merupakan remake dari La casa de papel (Money Heist).

Aktor lulusan Universitas Katolik Korea dan Chung-Ang University jurusan Advanced Imaging Science, Multimedia & Film ini juga merupakan sutradara dan penulis skenario film. Ia dikabarkan akan kembali menggarap sebuah proyek terbaru berjudul The Man Only I Can See.

7. Ryoo Seung Wan

7 Aktor Korea yang Juga Seorang Penulis Skenario dan Sutradara Film Ryoo Seung Wan merupakan aktor, sutradara dan penulis skenario film asal Korea Selatan (dok. Filmmaker R&K/Ryoo Seung Wan)

Ryoo Seung Wan merupakan seorang penulis naskah, sutradara, produser film yang kemudian merambah ke dunia akting sebagai aktor. Beberapa film yang dibintangi sekaligus digarap olehnya sendiri adalah Die Bad (2000) dan The City of Violence (2006).

Meski putus sekolah saat SMA, tapi kini karyanya sebagai sutradara dan penulis skenario film tak perlu diragukan. Beberapa film garapannya yang sangat populer dan masuk box office antara lain Veteran (2015), The Battleship Island (2017) dan Escape from Mogadishu (2021)

Tak hanya sebagai bintang, artis Korea di atas juga memiliki ketertarikan untuk berkarya di belakang layar. Mereka adalah orang-orang yang telah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan dalam bidang yang mereka geluti saat ini.

Baca Juga: 11 Artis Korea yang Jadi Kameo di Beberapa KDrama 2021, Produktif!

Sakura Sakura Photo Verified Writer Sakura Sakura

Just trying my best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya