Comscore Tracker

11 KDrama Sageuk tentang Konspirasi Perebutan Takhta Kerajaan, Seru!

Dramatis dan penuh intrik! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Tak hanya berlatar di zaman modern, drama Korea juga sering menyajikan kisah dari masa lalu di masa kerajaan yang biasa disebut dengan drama historical atau sageuk.

Dari sekian banyak yang sudah tayang, beberapa diantaranya ada yang sangat kental dengan situasi menegangkan dimana beberapa pihak melakukan berbagai cara agar dapat meraih takhta kerajaan.

Seperti di bawah ini adalah beberapa drama sageuk yang mengisahkan tentang konspirasi perebutan takhta kerajaan. Penasaran ada drama apa saja? Simak artikelnya sampai habis, ya!

1. Six Flying Dragons

https://www.youtube.com/embed/AE3bam1X0T4

Six Flying Dragon menggambarkan tentang kisah dan ambisi dari enam orang yang berada di sekeliling pangeran Lee Bang Won (Yoo Ah In), yang bekerja sama untuk menjatuhkan pemerintahan yang tengah berkuasa.

Pangeran Lee Bang Won saat itu berusaha untuk membantu ayahnya, Raja Taejo untuk mendirikan Dinasti Joseon. Dia pun kemudian menjadi Raja Taejong, raja ketiga dari dinasti tersebut.

Drama yang tayang tahun tahun 2005 ini menyajikan cerita yang penuh dengan konflik ideologi dan politik, dimana Pangeran Lee Bang Won menginginkan kekuasaan mutlak, sedangkan Jung Do Jeon (Kim Myung Min) ingin sebuah negara yang diperintah oleh menteri.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

https://www.youtube.com/embed/2ljxyaAIphc

Terlepas dari kisah cintanya yang mampu mengaduk perasaan penonton, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, drama yang tayang tahun 2016 dan dibintangi oleh sederet aktor populer seperi Lee Joon Ki, IU, hingga Baekhyun EXO ini juga mengisahkan tentang perebutan kekuasaan yang dramatis. Persaingan mendapatkan takhta kerajaan tersebut dilakukan oleh beberapa pangeran dari kerajaan di masa Dinasti Goryeo dan mengakibatkan pertumpahan darah diantara saudara. 

Dalam drama tersebut sang raja TaeJo Wang Goen menginginkan Wang Moo (Kim San Ho) putra mahkota untuk meneruskan takhta kerajaan karena merupakan anak sulungnya.

Namun rupanya Wang Yo (Hong Jong Hyun), pangeran ke-3 Goryeo sangat menginginkan posisi tersebut dan menganggap bahwa Wang Moo terlalu lemah dan tidak layak untuk menjadi seorang raja. Dia pun melakukan banyak cara agar keinginannya dapat tercapai. 

3. Empress Ki

https://www.youtube.com/embed/C79v7qQ1IA8

Drama Korea yang tak kalah populer lainnya adalah Empress Ki. Drama tahun 2013 yang diangkat dari kisah nyata pada masa Dinasti Yuan, Mongolia ini tak hanya menyajikan kisah cinta yang rumit dan menguras air mata, namun juga memiliki kisah yang unik dan alur cerita yang kental dengan dunia politik. Banyak pihak yang menganggap Kaisar Ta Hwan (Ji Chang Wook) adalah sosok yang lemah sehingga banyak yang ingin melakukan kudeta kerajaan.

Selain itu, pamannya sendiri, yaitu El Temur yang merupakan Perdana Menteri menjadikan Ta Hwan sebagai 'boneka' yang hanya berperan sebagai tukang stempel dalam setiap keputusan yang diambil olehnya.

Meski begitu, situasi mulai berubah ketika Ki Seung Nyang (Ha Ji Woon), seorang perempuan biasa kelahiran Goryeo, Korea muncul dan diangkat menjadi permaisurinya. 

4. Kingdom

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

Drama Korea bertema zombie di abad ke-15 atau era dinasti Joseon, Kingdom juga mengisahkan konspirasi politik kerajaan yang penuh intrik. 

Disini pangeran Yi Chang (Ju Ji Hoon), penerus raja harus mengalami kisah yang sulit dan mengerikan yang dilakukan oleh sang ratu (Kim Hye Jun), yang berniat merebut takhta kerajaan dengan berbagai cara, termasuk memfitnah pangeran dan melakukan ilmu hitam pada raja yang sakit hingga memiliki sebuah penyakit yang menular. 

Tak hanya itu, demi melancarkan niatnya, sang ratu pun membuat siasat keji agar dia bisa memiliki keturunan agar bisa menggeser posisi pangeran Yi Chang. 

Baca Juga: 7 Aktor Korea yang Langganan Main di Drama Sageuk, Karismanya Beda!

5. The Great Queen Seondeok

https://www.youtube.com/embed/szLwthtEaPg

Tayang pada tahun 2009 di stasiun tv MBC, drama Korea Queen Seondeok juga memiliki nuansa yang sangat kental dengan politik.

Dalam ceritanya, Lee Yo Won yang berperan sebagai Deokman yang merupakan seorang putri Raja Jin Pyeong dari Dinasiti Shila yang diasingkan saat masih kecil demi keselamatan nyawanya dari ancaman Lady Mi Shil (Go Hyun Jung), seorang perempuan bangsawan yang berusaha merampas takhta kerajaan. Deokman atau Queen Seon Deok juga memiliki saudara kembar yaitu Putri Cheon Myeong yang akhirnya terbunuh dalam pertempuran. 

Drama yang ditulis oleh Kim Young Hyun, penulis skenario dari serial terkenal "Jewel in the Palace atau Dae Jang Geum" ini menjadi salah satu drama yang melegenda. Sebab, selain alur ceritanya yang seru dan berkesan, drama ini juga didasarkan pada kisah nyata kehidupan ratu Seondeok, penguasa ke-27 dinasti Silla (tahun 632 s.d 647 M). Ia juga menjadi wanita pertama yang berkuasa di kerajaan Korea.

6. Moon Embracing the Sun

https://www.youtube.com/embed/BXKBkx4MRas

Kisah yang juga kental dengan dunia politiknya adalah The Moon Embracing the Sun. Drama MBC yang diadaptasi dari novel karya Jung Eun Gwo ini mengisahkan tentang perebutan takhta dimana seorang putri calon ratu Joseon hendak dibunuh secara diam-diam oleh ibu suri.

Agar selamat, Heo Yeon Woo / Wol (Han Ga In) yang juga merupakan calon istri dari putra mahkota Lee Hwon (Kim Soo Hyun) akhirnya melarikan diri dengan bantuan sihir, namun akibatnya dia harus kehilangan ingatannya. Delapan tahun kemudian Wol muncul sebagai peramal yang akhirnya berusaha merebut kembali takhta kerajaan.

Saat penayangannya, drama ini mendapat respon yang luar biasa bahkan mencapai peringkat puncak 42,2 persen dan memenangkan penghargaan Drama Terbaik dan Aktor Terbaik dalam kategori televisi di Baeksang Arts Awards ke-48, dan beberapa penghargaan di MBC Drama Awards 2012, termasuk Drama of the Year.

7. Dong Yi

https://www.youtube.com/embed/pgjHPVbLTpQ

Dong Yi adalah drama Sageuk MBC tahun 2010 yang didasarkan pada kisah nyata seorang selir yang melahirkan seorang putra yang kemudian menjadi raja Joseon ke-21 bernama Yeong Jo. Sebelumnya Dong Yi (Han Hyo Joo) adalah seorang perempuan dari golongan Cheonmin atau kasta rendah pada masa dinasti Joseon. 

Dalam cerita drama ini seorang selir lain bernama Hui Bin (Lee So Yeon) sangat berambisi menjadi permaisuri dan melakukan berbagai cara licik agar keinginannya terwujud, termasuk menyingkirkan Dong Yi yang mulai dicintai oleh sang raja hingga berencana menggulingkan posisi Ratu In Heyon (Park Ha Sun). 

8. The Crowned Clown

https://www.youtube.com/embed/DgeBlXQe_nc

The Crowned Clown merupakan drama korea tvN tahun 2019 dengan kisah kerajaan Joseon pada masa pemerintahaan Raja Lee Hun yang diadaptasi dari film Korea Masquerade yang tayang pada 2012 lalu. 

Dalam ceritanya kala itu situasi Joseon berada dalam kondisi kacau balau dengan adanya pemberontakan dan karena hal tersebut ketakutan akan perebutan kekuasaan pun tak henti menghantui Raja Lee Hun (Yeo Jin Goo). Lebih dari itu, Wakil Perdana Menteri Shin Chi Cho melakukan banyak cara licik agar dia dapat mengendalikan raja. 

Merasa dalam kondisi tidak aman, Raja Lee Hun pun memerintahkan sekretaris istana untuk mencari solusi hingga akhirnya dia bertemu dengan sosok badut yang sangat mirip dengan raja yang memberikan saran agar keduanya bertukar tempat. 

9. Jumong

https://www.youtube.com/embed/steel28enCE

Jumong adalah pendiri Kerajaan Goguryeo atau Dinasti Goguryeo tahun 37 SM. Dia putra dari Jenderal Hae Mo Su dan Putri Yoo Hwa dan tumbuh sebagai Pangeran yang lemah dan pengecut. 

Dalam drama yang tayang tahun 2006 ini, Jumong kerap dibayang-bayangi oleh kedua kakak tirinya Pangeran Daeso dan Youngpo yang sangat berambisi menjadi seorang raja. Agar menjadi sosok yang kuat dan pemberani, akhirnya ibunya memutuskan agar Jumong berlatih beladiri, namun Jumong mengacaukannya hingga akhirnya dia di usir dari kerajaan. 

10. Queen for Seven Days

https://www.youtube.com/embed/CbZLrRmW9Qw

Queen for Seven Days diangkat dari kisah nyata Lady Shin dari Dinasti Joseon yang memiliki kisah tragis dan dikenal sebagai ratu dengan masa pemerintahan tersingkat dalam sejarah Korea.

Cerita dalam drama ini Lee Yoong (Lee Dong Gun) yang ditunjuk untuk menggantikan raja, namun sesuai wasiat ayahnya dia harus menyerahkan jabatan itu pada adik laki-laki yaitu Lee Yeok (Yeon Woo Jin) saat dia sudah dewasa. Karena alasan tersebut, Lee Yoong pun menjadi sangat membenci Lee Yeok. Saat waktunya tiba Lee Yeok atau raja Jung Jong menikah dengan Shin Chae Kyung (Park Min Young), yang kemudian dikenal sebagai Ratu Dang Yeon. 

Hanya menjabat selama tujuh hari, Ratu Dang Yeon kemudian diasingkan dari kerajaan setelah dipaksa mundur oleh lawan politik yang ingin menguasai kerajaan.

11. River Where The Moon Rises

https://www.youtube.com/embed/_DJGm8g8Cr4

River Where The Moon Rises adalah sebuah drama yang sempat menjadi sorotan di tahun 2021. Terlepas dari semuanya, drama ini memiliki cerita yang menarik dan kental dengan nuansa politik yang dramatis. 

Alur cerita dari drama KBS2 ini dimulai ketika putri Pyeonggang (Kim So Hyun) yang merupakan putri sulung Raja Goguryeo yang diculik dan ingatannya dihilangkan akibat rencana perebutan kekuasaan di istana. Dia kemudian dibesarkan sebagai tentara yang penuh ambisi menjadi pemimpin wanita pertama era Goguryeo. 

Nah, itulah sebelas drama sageuk yang berkisah tentang konspirasi dalam perebutan takhta kerajaan. Di antara semuanya drama mana nih yang paling dramatis dan penuh intrik?

Baca Juga: 9 Aktor Korea yang Cocok Jadi Pengawal Kece di Drama Sageuk, Memikat!

Sakura Sakura Photo Verified Writer Sakura Sakura

Just trying my best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya