Comscore Tracker

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modern

Sukses mengadaptasi kisahnya dengan sangat baik!

Tak hanya screenwriter, Korea pun memiliki banyak penulis novel berbakat. Tak jarang, karya mereka diadaptasi menjadi drama Korea. Beberapa di antaranya bahkan meraih popularitas yang luar biasa. 

Jika kamu menyukai drama Korea yang diangkat dari kisah novel, berikut adalah beberapa rekomendasinya. Apa saja, ya?

1. River Where the Moon Rises (2021) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama River Where the Moon (dok. KBS2/Rises River Where the Moon Rises)

River Where The Moon Rises merupakan drama KBS2 yang mengisahkan tentang seorang putri dari Raja Goguryeo bernama Pyeonggang yang diculik dan ingatannya dihapus. Dia kemudian dibesarkan sebagai prajurit yang tangguh dalam berperang. Tak disangka, ia kemudian berhasil menjadi pemimpin wanita pertama pada era Goguryeo. 

Drama garapan sutradara Yoon Sang Ho ini diadaptasi dari novel tahun 2010 berjudul Princess Pyeonggang karya Choi Sa Gyu. Dibintangi oleh Kim So Hyun, drama ini berhasil meraih rating tertingginya di episode ke-4 menurut AGB Nielsen Korea, yaitu 10 persen. 

2. The Witch's Diner (2021) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama The Witch's Diner (dok. tvN/The Witch's Diner)

The Witch's Diner juga merupakan drama yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Goo Sang Hee yang terbit tahun 2016. Drama fantasi yang juga digarap oleh sutradara So Jae Hyun dan Lee Soo Hyun ini dibintangi oleh Song Ji Hyo, Nam Ji Hyun, dan Chae Jong Hyeop. 

Kisahnya fokus pada sebuah restoran misterius yang dapat mengabulkan keinginan para pelanggan. Sebagai imbalan, penyihir yang menjalankan restoran tersebut akan mengambil hal yang diinginkannya dari mereka. 

3. So I Married an Anti-Fan (2021) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama So I Married an Anti-Fan (dok. Naver TV Cast/So I Married an Anti-Fan)

Mengangkat tema musik yang dibalut komedi romantis, So I Married an Anti-Fan adalah sebuah drama yang dibintangi oleh Choi Tae Joon, Sooyoung SNSD, hingga Chan Sung 2PM. Drama ini juga merupakan drama adaptasi novel yang diterbitkan pada tahun 2010 berjudul sama karya Kim Eun Jung.  

Drama yang juga digarap oleh sutradara Kang Cheol Woo ini mengisahkan tentang kisah cinta antara seorang bintang top, Hoo Joon dan seorang reporter sekaligus anti-fan, Lee Geun Young (Choi Soo Young). Akibat sebuah kejadian, mereka memutuskan untuk tinggal bersama. 

4. When the Weather Is Fine (2020) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama When the Weather Is Fine (dok. jTBC/When the Weather Is Fine)

When the Weather Is Fine adalah drama yang diadaptasi dari sebuah novel best seller dengan judul sama karya Lee Do Woo. Drama ini digarap oleh sutradara Han Ji Seung dan berhasil meraih rating rata-rata menurut AGB Nielsen Korea sebesar 2,29 persen.

Untuk alur ceritanya, drama ini mengisahkan tentang seorang mantan pelatih cello bernama Mok Hae Won (Park Min Young) yang mengalami kejadian buruk hingga harus kembali ke kampung halamannya. Di sana, dia bertemu dengan sahabat masa kecilnya, Im Eun Sub (Seo Kang Joon) yang pernah membuatnya merasa sakit hati dan membuat keduanya saling menjauh. 

5. Hush (2020)              

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama Hush (dok. jTBC/Hush)

Han Joon Hyuk (Hwang Jung Min) adalah karakter utama di drama Korea Hush. Dia merupakan seorang reporter senior untuk sebuah surat kabar yang memiliki tujuan mengejar keadilan. Akan tetapi, saat menjalankan tugasnya, ia harus menghadapi konflik di mana ia harus memilih. Apakah tetap berpegang teguh pada idealismenya atau mengikuti realitas yang ada.

Hush diadaptasi dari sebuah novel tahun 2018 berjudul Silence Warning karya Jung Jin Young. Selain itu, drama garapan sutradara Choi Kyu Shik ini meraih rating tertingginya di episode pertama menurut AGB Nielsen Korea, yaitu sebesar 3,38 persen.

6. King Maker: The Change of Destiny (2020) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama King Maker: The Change of Destiny (dok. TV Chosun/King Maker: The Change of Destiny)

Choi Chun Joong (Park Si Hoo) adalah penafsir ekspresi wajah terbaik di era Joseon yang lahir dari keluarga bangsawan. Akan tetapi, keluarganya terbunuh dan ia pun dipandang rendah sebagai peramal. Ia dan Lee Bong Ryeon (Go Sung Hee) berusaha untuk mengubah nasib Joseon pada masa itu.  

Drama garapan sutradara Yoon Sang Ho ini diangkat dari sebuah novel tahun 70-an berjudul Wind and Cloud and Rain karya Lee Byung Joo. Selain itu, drama yang tayang di TV Chosun ini juga mendapat respon yang cukup baik. Menurut AGB Nielsen Korea, rating tertingginya ada pada episode ke-12, yaitu 6,3 persen.  

Baca Juga: 10 Karakter Cowok Drama Korea Ini Bucin Parah, Bikin Melting!

7. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama Flower Crew: Joseon Marriage Agency (dok. jTBC/Flower Crew: Joseon Marriage Agency)

Masih berkisah tentang era Joseon, Flower Crew: Joseon Marriage Agency adalah adaptasi novel tahun 2014 dengan judul yang sama karya Kim Yi Rang. Ia juga sekaligus merupakan penulis naskah drama tersebut. 

Drama ini cukup unik yaitu berkisah tentang sebuah biro jodoh bernama Flower Crew Matchmaking Agency. Agensi ini beranggotakan tiga pria tampan bernama Ma Hoon (Kim Min Jae), Do Joon (Byeon Woo Seok), dan Ko Young Soo (Park Ji Hoon). Mereka mendapat perintah dari seorang raja, Lee Soo (Seo Jin) untuk mengubah cinta pertamanya, Gae Ddong (Gong Seung Yeon), menjadi seorang bangsawan. 

8. The King in Love (2017) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter The King in Love (dok. MBC/ The King in Love )

The King in Love adalah sebuah drama garapan sutradara Kim Sang Hyub dan Kim Sang Woo yang berlatar pada era Goryeo. Drama ini juga merupakan adaptasi dari novel tahun 2011 dengan judul yang sama, karya Kim Yi Ryung. 

Untuk alur ceritanya adalah tentang Putra Mahkota Wang Won (Im Shi Wan) yang sedang berusaha menjadi seorang raja. Dia memiliki seorang sahabat, Wang Rin (Hong Jon Hyun) dan gadis yang dicintainya, Eun San (Im Yoon Ah). Meski awalnya berniat untuk melindungi keduanya, namun akhirnya dia harus terjebak pada dilema kisah cinta segitiga. 

9. The Moon Embracing the Sun (2012)

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama Moon Embracing the Sun (dok. MBC/Moon Embracing the Sun)

Lee Hwon (Kim Soo Hyun) adalah karakter utama dalam drama The Moon Embracing the Sun.  Dia adalah seorang raja yang kemudian jatuh pada peramal bernama Wol (Han Ga In). Keduanya pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. 

The Moon Embracing the Sun merupakan drama garapan sutradara Lee Sung Joon yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jung Eun Gwol. Menurut AGB Nielsen Korea, perolahan rating di episode terakhirnya sangat luar biasa yaitu mencapai 42,2 persen. Selain itu, drama ini juga menjadi salah satu drama yang meraih banyak penghargaan.   

10. Coffee Prince (2007) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama Coffee Prince (dok. MBC/Coffee Prince)

Coffee Prince adalah drama adaptasi novel dengan judul yang sama karya Lee Sun Mi. Drama ini telah di-remake di banyak negara. 

Drama garapan sutradara Lee Yoon Jung ini berkisah tentang Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang menyamar menjadi seorang pria agar dapat bekerja di sebuah kafe yang dijalankan oleh seorang pria bernama Choi Han Gyul (Gong Yoo). Dari sinilah kemudian kisah cinta keduanya di mulai.   

Menurut TNS Media Korea, drama ini meraih rating yang tertinggi di episode ke-12, yaitu 29,9 persen. Selain itu, Coffee Prince juga berhasil meraih banyak penghargaan.   

11. Personal Taste (2010) 

11 KDrama ini Diangkat dari Novel Korea, dari Sageuk hingga Modernposter drama Personal Taste (dok. MBC/Personal Taste)

Personal Taste diadaptasi dari novel tahun 2007 berjudul sama karya Lee Se In. Drama garapan sutradara Song Hyung Suk dan Noh Jong Chan ini berhasil meraih rating tertingginya menurut AGB Nielsen Korea, yaitu 13,1 persen.     

Kisahnya tentang Park Kae In (Son Ye Jin), perempaun yang ditipu rekan kerjanya yang menggunakan rumahnya sebagai jaminan utang. Karena membutuhkan uang, dia akhirnya mengijinkan Jeon Jin Ho (Lee Min Ho), seorang arsitek untuk tinggal di rumahnya. Keduanya pun akhirnya terlibat kisah cinta. 

Diadaptasi dari novel, drama-drama di atas memiliki cerita yang tak kalah menarik untuk ditonton. Dari list di atas, drama mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 6 Film dan Drama Bertema Permainan Maut, Terbaru Ada Squid Game!

Sakura Sakura Photo Verified Writer Sakura Sakura

Just trying my best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya