Comscore Tracker

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR Thailand

Alumnus dari lima universitas, lho!

Dunia politik menarik untuk diperbincangkan karena berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. Salah satu contoh yang menyedot perhatian khalayak umum adalah Wayo Assawarungruang. Ia merupakan seorang anggota parlemen asal Thailand.

Meski nama Wayo Assawarungruang masih terdengar asing di Tanah Air, tetapi ia telah dikenal masyarakat Negeri Gajah Putih sebagai sosok yang gigih, pekerja keras, dan berprestasi. Berikut enam fakta tentang Wayo Assawarungruang yang bakal bikin kamu terpana.

1. Wakil juru bicara yang terpilih menjadi anggota DPR Thailand

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR ThailandWayo Assawarungruang (instagram.com/wayots6)

Wayo Assawarungruang memasuki dunia politik untuk pertama kalinya dengan bergabung sebagai anggota Partai Future Forward. Kemudian, ia diangkat partai menjadi Wakil Juru Bicara yang memegang jabatan sejak 20 Desember 2018 hingga 21 Februari 2020.

Dilansir dari The Standard pada 20 Desember 2018, Partai Future Forward mengumumkan bahwa Wayo Assawarungruang tengah mempersiapkan diri sebagai kandidat DPR di Bangkok. Ia pun akhirnya terpilih pada penyelenggaraan pemilu tahun 2019 dan kini menjadi anggota sekaligus pengurus Sekretariat DPR Thailand.

2. Salah satu founder dari Thai Medical Law Office

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR ThailandWayo Assawarungruang (instagram.com/wayots6)

Thai Medical Law Office atau disingkat menjadi TMLO didirikan pada 2016 oleh lima pendiri, yaitu Pairoj Boonsirikumchai M.D., LL.D., Assist. Prof. Thanee Worapat LL.D., Wayo Assawarungruang M.D., LL.M., Nithi Laieddee LL.M., dan Wichet Sinprasitkul LL.M..

Tujuan didirikannya TMLO adalah untuk mengumpulkan para ahli hukum kedokteran dan mendirikan firma hukum medis khusus untuk pertama kalinya di Thailand, guna meningkatkan standar prosedur peradilan Thailand dan membawa keadilan pada orang yang tidak bersalah, serta ​​memberikan layanan pada setiap pemangku kepentingan, baik itu dokter, pasien, atau pihak lain yang terlibat.

Baca Juga: 9 Dokter Thailand yang Juga Menjadi Artis, Prestasinya Bikin Kagum!

3. Mengantongi beberapa gelar dari lima universitas yang berbeda

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR ThailandWayo Assawarungruang (instagram.com/wayots6)

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Hal itulah yang mendasari niat Wayo Assawarungruang untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Bahkan, anggota Partai Move Forward ini mengantongi beberapa gelar dari lima universitas, lho.

Wayo Assawarungruang merupakan lulusan Doctor of Medicine di Mahidol University, Sarjana Hukum di Ramkhamhaeng University , Magister Anti-Aging dan Regenerative Medicine di Mae Fah Luang University, Magister Hukum di Dhurakij Pundit University, Magister Administrasi Bisnis di UTCC, dan Diploma Pascasarjana Tinggi (Ilmu Kedokteran Klinis) di Mahidol University.

Selain itu, anggota DPR Thailand yang lahir pada 27 Desember 1987 ini memiliki gelar Diploma of The Thai Board of Forensic Medicine dan menerima sertifikat dokter spesialis kedokteran forensik dari The Medical Council of Thailand.

4. Mantan kontestan The Star 6 yang berbakat dalam menyanyi

https://www.youtube.com/embed/EygnwQr2-3Y

Juga dikenal publik sebagai dokter dan pengacara medis, tetapi siapa sangka jika Wayo Assawarungruang mulai berkarier di industri hiburan melalui ajang pencarian bakat. Pada 2010 silam, ia sempat mencoba peruntungan dengan mengikuti kontes The Star 6.

Sayangnya, Wayo Assawarungruang harus tereliminasi dan berada di posisi delapan besar. Namun, kiprahnya sebagai penyanyi gak berhenti begitu saja. Selain bersama kontestan The Star 6, ia berhasil merilis single berjudul "Pahk Geng" dan "Mai Long Kong Mai Dai" di bawah naungan GMM Grammy.

5. Dikenal sebagai aktor yang terlibat dalam belasan drama

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR Thailandcuplikan drama Kahon Maha Ratuek (instagram.com/wayots6)

Selang satu tahun dari audisi ajang menyanyi, Wayo Assawarungruang melebarkan sayap melalui sitkom Baan Nee Mee Ruk (2011) sebagai dokter Oh. Pada tahun yang sama, ia juga terlibat dalam drama Kohn Teun.

Meski ia acap mendapat peran kecil sejak drama perdana, tetapi Wayo Assawarungruang gak pernah absen membintangi drama dari tahun ke tahun, seperti Pan Ruk Pan Rai (2013), Sud Sai Pan (2013), Leh Nangfah (2015), dan Tae Pang Korn (2017). Kini, ia masih hiatus di dunia akting usai membintangi drama Kahon Maha Ratuek pada 2018.

6. Resmi menikah dengan Grace Kewalin pada 24 Oktober 2021

6 Fakta Wayo Assawarungruang, Dokter dan Anggota DPR ThailandGrace Kewalin dan Wayo Assawarungruang (instagram.com/gracekewalin)

Wayo Assawarungruang melamar sang pujaan hati, Grace Kewalin, pada 24 September 2021. Keduanya memantapkan diri untuk ke jenjang yang lebih serius setelah menjalin hubungan selama hampir enam tahun dan resmi menikah pada 24 Oktober 2021.

Pasangan asal Thailand ini dijuluki couple goals sebab memiliki banyak kesamaan, baik dalam bidang pendidikan maupun profesi yang dijalani. Pasalnya, Grace Kewalin dikenal sebagai penyanyi melalui audisi The Star 11 (2015) yang kini bekerja di gedung parlemen.

Pemilik nama Kewalin Poonpeekrai ini juga mengenyam pendidikan tinggi dan menyandang dua gelar sarjana, yakni Sarjana Administrasi Bisnis di UTCC dan Sarjana Sains di Sukhothai Thammathirat Open University. Saat ini, ia merupakan mahasiswa kedokteran tahun kedua di Gullas College of Medicine.

Dengan segala ketekunan hingga berhasil menyandang profesi dokter dan anggota DPR Thailand, pemilik sapaan akrab Geng ini merupakan sosok yang sangat inspiratif. Salut banget, deh!

Baca Juga: 7 Artis Thailand yang Menamatkan Studi di Chiang Mai University

Yeoli Choco Photo Verified Writer Yeoli Choco

No need to rush, just enjoy the process, and never give up!✌🏻

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya