Comscore Tracker

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasional

Akan tayang di Eropa lalu ke Indonesia #IDNTimesHype

Kehidupan tokoh marginal yang sering terlupakan menjadikan stigma masyarakat berakhir negatif. Dua wanita tua dalam film dokumenter You and I berikut ini berikan kisah inspiratif tentang cara menjalani hidup yang sederhana, namun mampu menghipnotis penonton. 

Film dokumenter You and I yang disutradarai oleh Fanny Chotimah akan ditayangkan perdana di Eropa dalam CPH:DOX (Copenhagen International Documentary Film Festival) di Denmark pada 21 April hingga 2 Mei 2021. Film ini juga terseleksi dalam sesi kompetisi Next:Wave Award, bersaing dengan 12 film dari berbagai negara. Yuk, simak fakta film You and I berikut.

https://www.youtube.com/embed/CqwXFWJJ2DM

1. Sinopsis film dokumenter You and I

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasionalyoutube

Film You and I menceritakan perjalanan hidup Kaminah dan Kusdalini, dua perempuan
lansia yang bersua di penjara setengah abad yang lalu. Setelah keluar dari penjara, mereka hidup bersama hingga masa tuanya di Solo, Jawa Tengah.

2. Tentang memori dan persahabatan

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasionalyoutube

Salah satu tokoh utama film ini, Kusdalini, menderita demensia sehingga sering mengalami kelupaan. Sutradara film kemudian membuat catatan yang ditaruh di dekat kotak kacamata agar mudah mengingat.

Baca Juga: 4 Film yang Raih Banyak Penghargaan di Sundance Film Festival

3. Berlatar tempat di Solo, film You and I penuh nilai budaya Jawa yang ramah

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasionalyoutube

Film berlatar budaya Jawa lekat dengan keramahan dan nilai gotong royong. Oleh karena itu, Kaminah dan Kusdalini sangat akrab dan saling bahu-membahu dalam berbagai kondisi.

4. Tiga tahun syuting penuh makna dan memori

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasionalyoutube

You and I diproduksi sejak tahun 2016 oleh KawanKawan Media, Partisipasi Indonesia, dan Yayasan Super 8mm Studio dan diproduseri oleh Amerta Kusuma, Tazia Teresa Darryanto, dan Yulia Evina Bhara.

Fanny Chotimah mengawali proses film melalui potret Mbah Kaminah dan Kusdalini di foto Sang Pemenang Kehidupan karya fotografer Andrian Mulya. Menarik, Fanny bukan hanya mengambil momen, namun juga menjalin hubungan yang dekat.

5. Raih berbagai penghargaan

5 Fakta You and I, Film Dokumenter Peraih Penghargaan Internasionalyoutube

Film You and I meraih penghargaan yang gemilang di dalam dan luar negeri, seperti Film Terbaik di Asian Perspective, 12th DMZ International Documentary Film Festival, Film Dokumenter Panjang Terbaik, Festival Film Indonesia 2020, Film Dokumenter Panjang Terpilih, Piala Maya 2020, Official Selection, Jogja-Netpac Asian Film Festival 2020, dan Asian Vision, Singapore International Film Festival 2020.

You and I akan segera tayang secara nasional di Indonesia agar dapat ditonton dan didiskusikan penonton Indonesia yang lebih relevan dengan konteks film ini. Fanny menyatakan, “Sedari awal film ini dipersembahkan untuk penonton Indonesia, untuk merawat empati melalui kisah persahabatan tanpa menghakimi.”

Nah, keren banget, kan, premis film garapan Fanny Chotimah ini?

Baca Juga: Film Dokumenter Rumah Dokter Metro Rilis 12 Januari di YouTube

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya