Comscore Tracker

12 Lagu Ciptaan Kim Hanbin, Sosok di Balik Suksesnya iKON

Lagu-lagunya ngehits banget

B.I adalah leader dari boyband asal Korea Selatan, iKON. Pria dengan nama asli Kim Hanbin ini sudah menggemari musik sejak kecil. Pada tahun 2009 , saat berusia 13 tahun, Hanbin untuk pertama kalinya menunjukan diri ke publik sebagai rapper lagu Indian Boys milik Penyanyi hip hop, MC Mong.

Hanbin kemudian bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2011. Ia dilatih selama beberapa tahun di sana sebelum menjadi rapper terkenal saat ini. Namun, untuk mencapai semua itu dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Untuk debut, Hanbin harus melewati 3 program survival show untuk menunjukan kualitasnya selama masa pelatihan, sebelum akhirnya debut bersama iKON pada tahun 2015 lalu. 

Atas perjuangannya menggapai mimpi debut sebagai idol korea dengan melewati 3 survival show, kualitas bermusik Hanbin sudah tidak dapat diragukan lagi seperti menyanyi, rap, hingga memproduksi lagu sendiri. Bahkan CEO YG Entertainment pun mengatakan jika Hanbin adalah sosok G-DRAGON Kedua.

Hal itu dibuktikan dari awal debut hingga saat ini, keseluruhan lagu iKON diproduksi oleh Hanbin. Pada tahun 2018 lalu, Hanbin menjadi idol pertama yang mendapatkan gelar 'Best Songwriter' di ajang Melon Music Awards.

Penasaran seperti apa sih karya-karya dari Hanbin yang berhasil membawa iKON meraih kesuksesan? Berikut ini 12 lagu terbaik yang ditulis oleh B.I alias Kim Hanbin!

1. Empty (Winner)

https://www.youtube.com/embed/gEqlF5N8UMs

Winner merupakan pemenang dari acara survival show yang diikuti oleh Hanbin dkk.
Saat itu, Tim B yang menjadi nama grup Hanbin dkk harus kalah dari Tim A yang di acara survival show tersebut berhak debut lebih dahulu.

Hanbin memberikan lagu ciptaanya yang berjudul Empty sebagai ucapan selamat atas kemenangan Tim A, dan lagu ciptaannya dijadikan lagu debut Winner.

2. Climax (Team B)

https://www.youtube.com/embed/-hlm7oVFCcs

Climax merupakan lagu yang ditulis oleh Hanbin bersama teman-temannya untuk pertandingan final melawan Tim A di survival show 'WIN: Who Is Next'. Sayangnya, lagu Climax tidak mampu membawa Team B debut pada saat itu.

3. My Type

https://www.youtube.com/embed/ZS6vfv4sszg

My Type merupakan lagu pemanasan iKON sebelum debut yang ditulis oleh Hanbin bareng Bobby dan Kush.

4. Airplane

https://www.youtube.com/embed/ORzHsIWx8UQ

Pada tahun 2015 akhirnya Hanbin resmi debut bersama iKON dengan Album Welcome Back. Salah satu lagu di album debutnya yang wajib kamu dengar adalah Airplane. Lagu ini ditulis oleh Hanbin bersama rekannya Bobby.

5. I Miss You So Bad

https://www.youtube.com/embed/xl4LGEJdQ7A

I Miss You So Bad merupakan lagu spesial milik iKON di album debut 'Welcome Back'. Lagu ini merupakan pemberian dari G-DRAGON untuk iKON sebagai ucapan selamat atas debutnya, dan lagu ini disempurnakan oleh Hanbin dan Bobby.

6. Anthem

https://www.youtube.com/embed/jbDR3Qg3QoY

Anthem merupakan lagu duet B.I dan Bobby di album 'Welcome Back'.  Lagu ini diproduksi oleh mereka dibantu oleh Teddy dan Kush.

Baca Juga: 10 Transformasi Yugyeom GOT7 dari Bocah hingga Idola yang Penuh Pesona

7. Love Scenario

https://www.youtube.com/embed/vecSVX1QYbQ

Tahun 2018 merupakan puncak karir iKON. Lewat lagu Love Scenario yang dibuat oleh Hanbin, iKON berhasil meraih banyak perhatian dan prestasi. Salah satu prestasinya adalah menjadi tamu di Closing Asian Games 2018 di Jakarta.

https://www.youtube.com/embed/88nY1biBDf8

8. Best Friend

https://www.youtube.com/embed/w7PLmEFkgPI

Selain Love Scenario, salah satu lagu yang wajib kamu dengar di album iKON 'Return' adalah Best Friend. 

9. Whistle (Blackpink)

https://www.youtube.com/embed/dISNgvVpWlo

Hanbin turut andil dalam kesuksesan Blackpink saat ini. Hanbin membuatkan lagu debut untuk Blackpink yang berjudul Whistle bersama Teddy dan Kush. Sempat jadi kegaduhan di antara penggemar karena YG Entertainment enggak mencantumkan nama B.I di credit lagu.

10. Freedom

https://www.youtube.com/embed/wfY-VPZinvU

Pengen dengerin lagu iKON dengan nuansa band? Coba deh kamu denger lagu iKON berjudul Freedom!

11. Killing Me

https://www.youtube.com/embed/RyVS7R9PN6U

Setelah sukses dengan Love Scenario, iKON menjaga konsistensinya di Musik Kpop lewat lagu Killing Me.

12. Mic Check 1, 2 (Show Me The Money 3)

https://www.youtube.com/embed/pBSKYG0yYIg

Pada tahun 2014, YG Entertainment mengirim B.I dan Bobby untuk mengikuti acara survival show antar rapper. Lewat lagu Mic Check 1, 2, BI berhasil memikat penonton. Sayang langkahnya harus terhenti, namun rekannya Bobby berhasil menjuarai acara ini.

Itu dia 12 lagu terbaik yang ditulis oleh Kim Hanbin alias B.I iKON. Dari kedua belas lagu di atas, yang mana favorit kamu?

Baca Juga: 6 Idol KPop yang Tampil Menawan dengan Pakaian Baseball, Cool Abis!

Zeihan Syaheif M Photo Community Writer Zeihan Syaheif M

[Admin] [Fanboy] [Writer] [Young Entrepreneur] Visit my blog : zeihand.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You