Comscore Tracker

5 Film Pendek Bertema Religi Ini Bisa Jadi Teman Ngabuburit

#RamadanMasaKini pas ditonton sambil menunggu adzan Maghrib

Bulan suci Ramadan telah tiba, saatnya kita sebagai umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Meskipun kita sedang berpuasa, namun aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan belajar tetap dijalankan ya. Di waktu-waktu senggang, apalagi menjelang berbuka puasa, terkadang kita membutuhkan hiburan.

Nah, agar hiburan kita bermanfaat dan menambah pengetahuan ilmu agama, di bawah ini ada lima film pendek bertema religi yang bikin kita merenungi diri, apa saja ya? Disimak yuk!

1. Dibalik Hati

https://www.youtube.com/embed/Ra9kWHm9iwc

Film pendek yang diproduksi oleh film maker Muslim ini sangat seru, bercerita tentang setan yang selalu menggoda manusia, semakin tinggi iman seseorang, semakin menarik bagi setan untuk dihancurkan, dan bagi mereka itulah kemenangan yang besar. Di episode pertama dikisahkan seorang pria bernama Hari yang terbilang soleh, taat beribadah, jujur dan amanah.

Ada Ana, seorang mahasiswi soleha dan setan datang untuk menghancurkan iman Ana. 

2. Salah Soleh

https://www.youtube.com/embed/0xB2JBPypao

Film pendek bergenre drama komedi ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Mentari, setelah kematian ibunya, dia tinggal bersama sang ayah. Ayahnya mendidik Mentari dengan pengetahuan agama yang tinggi, sehingga Mentari tumbuh sebagai pribadi yang agamis. Suatu ketika, seorang laki-laki bernama Soleh menyerahkan proposal nikah padanya, dan ingin bertaaruf.

Mentari pun berbicara pada ayahnya tentang hal itu, karena tak ingin putrinya salah memilih pasangan, sang ayah menawarkan diri untuk menjadi perantara taaruf putrinya dengan Soleh. Disisi lain, Soleh yang merupakan seorang selebgram memiliki kisah hidup yang berbanding terbalik dengan yang diceritakan Mentari. Banyak kejadian-kejadian lucu dan tentunya menginspirasi yang dihadirkan di film pendek ini.

3. Jalan

https://www.youtube.com/embed/zjUAo787vuk

Film pendek dari film maker Muslim terbaru ini bercerita tentang kisah-kisah delapan orang perempuan dengan cerita yang berbeda. Di episode pertama yang berjudul Berputar Kembali ini berkisah tentang sepasang kekasih bernama Sarah dan Abi, mereka berpacaran backstreet karena takut dimarahi orang tua.

Karena hubungan mereka tidak ada tanda-tanda menuju pernikahan, akhirnya Sarah memutuskan Abi. Suatu ketika, saat Sarah hendak pulang kerja, dia memakai jasa ojek online, yang tak disangka adalah pengemudi ojek onlinenya merupakan mantan kekasihnya, Abi.

Baca Juga: Bertema Religi hingga Patah Hati, 10 Lagu Indonesia Rilis April 2019

4. Laras

https://www.youtube.com/embed/POwHKxKOWE4

Film pendek ini bercerita tentang seorang perempuan yang hendak bertaaruf dengan laki-laki pilihannya, saat membicarakannya dengan ibunya, sang ibu menolak dengan alasan tanggal lahir Laras dengan laki-laki yang hendak bertaaruf dengannya tidak cocok. Meskipun Laras sudah memberi tahu bahwa mempercayai ramalan itu dilarang dalam Islam, namun sang ibu tetap keukeuh tidak setuju.

5. Hijab dari Masa Depan

https://www.youtube.com/embed/2UxkRB649Ho

Film pendek ini bergenre fantasi berkisah tentang seorang perempuan bernama Nisa yang memiliki karakter tomboy dan sangat menyukai olahraga basket. Suatu ketika, sepulangnya dari latihan basket, Nisa ketiduran, dan dia bermimpi bertemu dengan dirinya di masa depan. Pada awalnya Nisa tidak percaya namun, dirinya di masa depan meyakinkan bahwa yang ada di hadapannya adalah memang dirinya.

DIrinya di masa depan memberitahu Nisa tentang pentingnya berjilbab, dia menyesal kenapa dirinya tidak memakai jilbab sejak dulu.

Nah, itulah kelima film pendek yang membuat kita merenungi diri, pas ditonton sambil menunggu adzan Maghrib lho.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You