Comscore Tracker

8 Film Tentang Media Sosial yang Bikin Menguras Emosi, Capek Beb!

Membuat kita berhati-hati dalam menggunakan media sosial

Di jaman modern seperti sekarang, media sosial sudah menjadi hal yang lumrah, hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, banyak hal positif yang bisa diambil dari media sosial, misal adanya bisnis online yang memudahkan para penggunanya mencakup lebih banyak orang. Namun tak sedikit media sosial digunakan untuk hal negatif oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal-hal itulah yang mungkin membuat para sineas film mengangkat tema media sosial sebagai film. Seperti kedelapan film hollywood di bawah ini, apa saja ya? Disimak yuk!

1. Searching

https://www.youtube.com/embed/3Ro9ebQxEOY

Film yang dibintangi oleh Jhon Cho ini bercerita tentang seorang ayah yang bernama David Kim yang kehilangan putri satu-satunya, Margot Kim. Kejadian itu membuat David Kim melaporkannya ke pihak kepolisian dan ditangani oleh seorang detektif wanita. Namun selama 37 jam putrinya tetap belum ditemukan. Merasa frustasi, David Kim akhirnya mencarinya sendiri lewat laptop putrinya. Melihat putrinya sering sekali menggunakan media sosial, David menelusuri akun media sosial putrinya.

2. Cyberbully

https://www.youtube.com/embed/ojk2TOVrtX0

Film yang hanya menampilkan satu orang saja ini bercerita tentang seorang remaja perempuan bernama Casey yang tengah berselancar di dunia maya. Ketika tengah asyik stalking media sosial temannya, tiba-tiba seseorang bernama Alex mengajaknya ngobrol di chat room dan menyuruh Casey untuk menulis status di akun media sosial milik temannya, Nathan.

Awalnya hal itu membuat Casey merasa senang telah ikut serta menghack akun media sosial Nathan ,namun lama kelamaan seseorang yang mengaku Alex tersebut malah menuduhnya sebagai pelaku bullying Jennifer Li yang merupakan salah seorang teman sekelas Casey. Karena bullying yang dilakukan Casey itulah, Jenifer Li bunuh diri. 

3. Disconnect

https://www.youtube.com/embed/gkoM0IbbLiY

Film yang memiliki tiga cerita dari berbagai sudut pandang tentang internet, bercerita tentang seorang reporter bernama Nina Dunham, dirinya tengah bertugas untuk mewawancarai seorang penari striptis bernama Kyle yang ternyata mendapat tekanan dari bosnya yang jahat, Nina pun mencoba untuk menyelamatkan Kyle. Di sisi lain ada dua orang remaja bernama Jason dan Frye yang membuat akun palsu di facebook dengan nama Jessica.

Mereka pun chating dengan Ben yang pendiam dan merupakan teman sekolahnya. Ben dan Jessica pun intens sampai-sampai Ben memberikan foto telanjang dirinya. Namun Jason dan Frye yang menyamar sebagai Jessica pun menyebar foto tersebut sampai membuat Ben malu bahkan melakukan gantung diri hingga dirinya koma. Ayah Ben yang bernama Rich mencoba mencari tahu penyebab putranya melakukan aksi bunuh diri dengan menelusuri pertemanan putranya di facebook.

Baca Juga: 5 Fakta Unik soal Green Book, Film Terbaik Piala Oscar 2019

4. Catfish

https://www.youtube.com/embed/BuE98oeL-e0

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Nev yang merupakan fotografer profesional, suatu ketika Nev mendapati pesan seorang anak kecil bernama Abby di akun my space miliknya. Abby meminta izin mengambil hasil foto Nev untuk dia gambar. Dan betapa terkejutnya Nev, hasil gambar yang dibuat Abby sangat bagus. Hal itulah yang membuat Nev dan Abby bertambah dekat. Sampai Abby pun mengenalkan keluarganya termasuk sang kakak Meg kepada Nev. Nev pun merasa tertarik pada Meg, merekapun intens di facebook, namun ternyata seseorang yang dikenal di dunia maya ternyata berbeda di dunia nyata.

5. Nerve

https://www.youtube.com/embed/Pz12rRU_l78

Film ini berkisah tentang seorang remaja bernama Vee yang tengah bermain truth or dare di internet, kebetulan Vee mendapatkan tantangan dari para penontonnya untuk melakukan aksi-aksi konyol. Pada awalnya tantangan yang diberikan penonton Vee mudah dan Vee pun menikmatinya. Namun lama kelamaan tantangan yang diberikan malah berbahaya.

6. Unfriended

https://www.youtube.com/embed/Lgj4GjqCFlY

Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Blaire yang tengah menonton video bunuh diri Laura Barns yang juga teman sekolahnya. Laura Barns merupakan korban cyberbully dan dia menembak dirinya sendiri di hadapan teman-temannya. Kemudian, Blaire pun mengobrol dengan teman-temannya melalui skype, namun sebuah akun misterius ikut dalam video chat mereka. Akun misterius tersebut mengaku sebagai Laura Barns yang sudah meninggal setahun lalu. Hal menakutkanpun terjadi ketika komputer Blaire dan teman-temannya dalam kuasa akun misterius tersebut.

7. Trust

https://www.youtube.com/embed/Ibi9pvs4h4I

Film ini berkisah tentang seorang gadis 14 tahun bernama Annie, Annie merupakan seorang gadis yang polos, pada saat ulang tahunnya, Annie dihadiahi orangtuanya sebuah laptop. Di laptop tersebut Annie mulai berselancar di dunia internet dan dirinya memiliki teman ngobrol di dunia maya bernama Charlie yang mengaku berumur 16 tahun. Selama tiga bulan, mereka intens mengobrol di chat room sampai akhirnya Charlie mengajak Annie bertemu di mall.

Charlie di dunia maya ternyata berbeda dengan Charlie di dunia nyata, Charlie ternyata adalah seorang pria berusia sekitar empat puluhan. Dengan teknik psikologi, Charlie berhasil mengajak Annie ke sebuah motel, disanalah Charlie memperkosa Annie. Annie yang frustasi bercerita pada teman baiknya, Brittany. Dan Brittany menyarankan Annie untuk menceritakannya pada psikolog sekolah yang pada akhirnya kasus Annie pun diketahui orangtua bahkan melibatkan FBI. Pihak FBI pun mencoba menangkap Charlie dengan menjebaknya menggunakan akun sosial media milik Annie.

8. Men, Women, Children

https://www.youtube.com/embed/MHMqpwnUazY

Film ini menampilkan beberapa cerita tentang plus minus menggunakan internet, dimulai dari cerita seorang pria bernama Don yang merupakan suami dari istrinya yang bernama Hellen. Don yang kesepian karena jarang menyentuh istrinya, memulai perselingkuhannya dengan seorang psk di situs-situs online.

Kemudian ada Hannah, seorang remaja puteri yang memiliki impian menjadi aktris, dibantu sang ibu, Donna, Hannah menyimpan foto-foto seksinya di galeri website yang dikelola sang ibu. Kemudian, ada Tim, seorang remaja korban broken home yang melepas mimpinya menjadi pemain sepak bola dengan mengurung dirinya memainkan game online. Dan cerita-cerita lainnya yang tak kalah seru.

Nah itu dia kedelapan film yang bercerita tentang media sosial, tertarik untuk menonton?

Baca Juga: 5 Film Nominasi Best Picture Oscar 10 Tahun Lalu, Tonton Ulang Yuk!

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya