Comscore Tracker

5 Film Timur Tengah tentang Anak-anak yang Pas Ditonton Saat Ramadan

#RamadanMasaKini Inspiratif dan bikin nangis

Film-film bertema anak-anak memang seru. Selain ceritanya yang ringan sehingga bisa ditonton bersama dengan keluarga tercinta. Film-film genre ini juga tentunya tidak terlepas dari pesan moral yang terkandung di dalamnya sehingga bisa menjadi media pembelajaran baik untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak apalagi di bulan Ramadan seperti ini. Seperti kelima film Timur Tengah tentang anak-anak di bawah ini. Disimak yuk!

1. Wadjdja (2012)

https://www.youtube.com/embed/3koigluYOH0

Film dari tanah Arab ini berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Wadjdja. Dia merupakan seorang anak yang ceria dan berani. Suatu ketika, sepulang sekolah, Wadjdja dijahili oleh teman sekelasnya yang bernama Abdulloh dengan merebut sandwich milik Wadjdja. Hal itu tentunya membuat Wadjdja marah dan mengejar Abdulloh.

Namun, Abdulloh tak terkejar karena dia memakai sepeda. Wadjdja pun berjanji bahwa dirinya juga akan membeli sepeda agar bisa mengejar Abdulloh. Wadjdja pun meminta pada ibunya agar membelikannya sepeda. Namun, sang ibu yang tengah menghadapi masalah dengan suaminya yang ingin menikah lagi tak menggubris keinginan Wadjdja.

Wadjdja pun sedih dan bermaksud untuk mencari uang sendiri dengan menjual gelang yang dibuatnya sendiri sampai menjadi peserta lomba menghafal Alquran. Film ini bagus banget dan recommended untuk ditonton oleh keluarga.

2. Turtles Can Fly (2005)

https://www.youtube.com/embed/rlXuyadNQyU

Film yang berlatar perang ini benar-benar bikin nangis, berkisah tentang seorang remaja bernama Satelite, dia tinggal di sebuah perkampungan pengungsian suku Kurdi. Karena keterbatasan informasi, para pengungsi biasa mengandalkan pengetahuan yang dimiliki Satelite, yang dianggap serba tahu dan pandai bernegosiasi.

Satelite menyukai seorang remaja perempuan bernama Agrin yang menurutnya misterius namun manis. Satelite selalu tak berkutik jika berhadapan dengan Agrin. Sebenarnya sifat pendiam Agrin tercipta karena rasa trauma yang besar sebagai korban perang.

Orangtuanya dibunuh oleh tentara Amerika, sedangkan dirinya diperkosa hingga menghasilkan seorang anak laki-laki buta bernama Riga. Lalu ada Hengove, sepupu Agrin yang pintar meramal juga ada Pashow dan Shirkooh, kaki tangan Satelite yang setia. Mereka semua merupakan anak-anak korban peperangan Irak-Amerika yang berusaha untuk tetap survive menjalani hidup.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Film Dunia Bernuansa Islami Terbaik, Bangga Jadi Muslim 

3. The Color of Paradise (1999)

https://www.youtube.com/embed/3_RvGYkUhEk

Film yang bercerita tentang ayah dan anak ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Mohamad yang memiliki keterbatasan tidak bisa melihat. Meskipun begitu, Mohamad termasuk anak yang cerdas dan selalu ingin tahu.

Saat liburan sekolah, Mohamad diajak sang ayah untuk menemui nenek dan kedua adik perempuannya. Sang nenek sangat menyayangi Mohamad begitupun sebaliknya, sampai-sampai nenek ingin terus tinggal dan menyekolahkan Mohamad disana.

Ayah Mohamad sebenarnya sudah lelah mengurus Mohamad yang buta, dan dirinya berencana untuk menikah lagi setelah lima tahun ditinggal sang istri. Kecewa karena lamaran ayahnya ditolak, sang ayah membawa Mohamad dan menitipkannya pada seorang lelaki tunanetra. Neneknya bersedih karena berpisah dengan Mohamad sampai dia meninggal. Sang ayah pun merasa menyesal karena telah memisahkan Mohamad dengan sang nenek.

4. Hayat (2005)

5 Film Timur Tengah tentang Anak-anak yang Pas Ditonton Saat Ramadanimdb.com

Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Hayat, yang tiba-tiba diberi pekerjaan rumah dan mengurus adik-adiknya oleh ibunya. Ibunya terpaksa memberinya pekerjaan rumah karena suaminya tiba-tiba sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. Padahal Hayat akan menghadapi ujian akhir sekolah.

Hayatpun berencana meninggalkan adiknya yang masih bayi di rumah sendirian atau menitipkan pada tetangganya namun dirinya tidak tega, pada akhirnya Hayat membawa adiknya ke sekolah. Pihak sekolah tidak mengizinkan Hayat membawa sang adik ke ruangan kelas karena hal itu akan mengganggu siswa lain.

Hayatpun pasrah jika dirinya tidak lulus ujian, pengawas sekolah yang melihatnya terharu dengan perjuangan Hayat. Dirinya bersedia menjaga adiknya agar Hayat bisa melanjutkan ujian dengan baik.

5. Children of Heaven (1997)

https://www.youtube.com/embed/dqxvZeQsVzY

Siapa yang tidak tahu dengan film fenomenal ini? Film besutan sutradara kondang Majid Majidi ini bercerita tentang sepasang kakak beradik yang bernama Ali dan Zahra yang hidup sederhana.

Suatu ketika saat Ali tengah membeli sayuran di pasar, sepatu Zahra yang berhasil di sol hilang. Ali pun dengan nada sedih mengatakan kejadian tersebut pada sang adik. Melihat kondisi keluarganya yang miskin, Ali tak tega meminta dibelikan sepatu pada orangtuanya.

Sebagai gantinya, kakak beradik itu pun bergantian memakai sepatu Ali yang juga satu-satunya itu. Suatu hari Ali melihat pengumuman lomba lari yang berhadiah sepatu, Ali pun tertarik untuk ikut, dirinya berlatih hingga menyabet juara satu. Namun, hadiah yang diterima Ali hanya sebuah piala saja, sedangkan hadiah sepatu dimenangkan oleh orang lain yang menyabet juara tiga.

Itulah kelima film timur tengah bertema anak-anak yang menginspirasi yang cocok ditonton saat Ramadan. Pas banget, nih buat ngabuburit!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You