Comscore Tracker

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!

Ada yang berhasil menjual Taj Mahal lho

Bagi yang sudah menonton Spider-Man: Far from Home, pasti sudah paham bagaimana hebatnya seorang Mysterio. Dia bukan penjahat super yang bisa terbang atau menggunakan sihir. Dia hanya orang biasa yang menggunakan teknologi ilusi berbasis hologram untuk membohongi orang-orang tentang monster, multiverse, atau menjadi pahlawan super yang bisa terbang.

Sosok-sosok seperti Mysterio benar-benar ada di dunia nyata. Meskipun tidak bisa menghasilkan ilusi yang terkesan nyata, tetapi mereka berhasil memanipulasi banyak orang dengan sangat cerdik.

Gak tanggung-tanggung, bahkan ada yang berhasil menjual landmark terkenal dunia seperti Taj Mahal. Berikut 6 raja hoaks paling hebat dalam sejarah.

1. Frank William Abagnale Jr. - Pemalsu cek dan pilot gadungan yang terbang lebih dari 250 kali

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!money.com

Frank William Abagnale Jr. merupakan seorang konsultan keamanan Amerika Serikat yang pernah menghebohkan dunia pada 1960-an dengan aksinya yang membuat geleng-geleng kepala. Bayangkan, Abagnale berhasil memalsukan cek senilai $2.5 juta dari 26 negara dan dia melakukannya pada usia 16 sampai 21 tahun. Sungguh 'wow' bukan? Dia sangat ahli dalam memproduksi cek palsu dengan desain yang sangat sempurna.

Selain memalsukan cek, Abagnale sangat ahli dalam menyamar. Bayangkan saja, dia pernah menyamar menjadi pilot dari Pan American World Airways, dokter, hingga pengacara. Ketika menjadi pilot, dia berhasil terbang lebih dari 250 kali melintasi 26 negara. Hal ini sangat luar biasa untuk pria yang tak pernah mengenyam pendidikan resmi pilot.

Harus diakui, penipu satu ini sangat jenius. Dia berhasil melarikan diri berkali-kali dari sergapan FBI meskipun akhirnya berhasil ditangkap. Kamu bisa menonton betapa jeniusnya Frank Abagnale dalam film "Catch Me if You Can" yang diperankan Leonardo DiCaprio.

2. Natwarlal - Si penjual Taj Mahal

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!indiatimes.com

Natwarlal dikenal dunia sebagai "pria yang menjual Taj Mahal". Tidak tanggung-tanggung, dia berhasil menjual ikon India itu sebanyak tiga kali, waw. Bukan hanya Taj Mahal, pria dengan nama asli Mithilesh Kumar Srivastava ini juga berhasil menjual Red Fort, Rashtrapati Bhavan, dan gedung Parlemen India.

Natwarlal memiliki kemampuan memalsukan tanda tangan yang baik dan lebih dari 50 alias. Dia juga ahli dalam melarikan diri. Meskipun sudah sembilan kali ditangkap, tetapi dia selalu berhasil kabur. Saking berbahayanya, Natwarlal dijatuhi hukuman 113 tahun penjara. Namun, sepanjang hidupnya, dia hanya mendekam selama 20 tahun di balik jeruji.

Baca Juga: 8 Pemimpin dengan Masa Pemerintahan Tersingkat Sepanjang Sejarah

3. Victor Lustig - Si penjual Menara Eiffel

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!sohanews.sohacdn.com

Selain Taj Mahal, ada juga yang berhasil menjual Menara Eiffel. Victor Lustig memiliki ide untuk menjual ikon Kota Paris tersebut setelah membaca surat kabar mengenai pemerintah Prancis yang ingin memindahkan menara Eiffel ke luar Paris karena kondisinya yang memburuk dan biaya perawatan yang mahal.

Lustig membuat dokumen-dokumen palsu lalu menawarkan kerja sama dengan para pengusaha besi bekas. Dia berhasil menipu seorang pria bernama Poisson dan pria lain di kesempatan berikutnya. Setelah penipuan kedua, Lustig terpaksa pindah ke Amerika Serikat.

Di negeri Paman Sam, Lustig melakukan penipuan dengan kedok sebuah mesin pencetak uang. Bahkan, Lustig berhasil menipu mafia legendaris, Al-Capone. Namun, akhirnya Lustig menyerahkan kembali $50.000 milik Al-Capone. Karena menghargai kejujuran Lustig, Al-Capone memberikannya uang sebesar $5.000.

Kisah kehebatan Victor Lustig akhirnya berakhir pada 9 Maret 9147 di penjara Alcatraz akibat penyakit pneumonia.

4. George C. Parker - Penjual Jembatan Brooklyn dan Patung Liberty

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!consumergrouch.com

Pada 1880-an, ada masa di mana Jembatan Brooklyn yang baru dibuka senjak 1883 dapat terjual minimal dua kali seminggu selama bertahun-tahun.  George C. Parker merupakan penipu ulung yang berhasil menjual monumen kota New York seperti Jembatan Brooklyn, Grant's Tomb, hingga Patung Liberty.

Parker biasanya mengincar para turis dan imigran. Dia dapat membuat sertiifikat kepemilikan palsu untuk meyakinkan para pembeli. Parker biasanya menjual jembatan Brooklyn dengan harga berkisar $50-$5000 dan memberikan pembelinya setumpuk surat kepemilikan. Dia juga pernah menjual Grant's Tomb dengan mengaku sebagai cucu dari presiden Amerika Serikat tersebut.

5. Sir Gregor MacGregor - Sang "pangeran" dari Poyais

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!futilitycloset.com

Jika Natwarlal, Lustig, dan Parker berhasil menjual landmark ikonik di dunia, Sir Gregor MacGregor berhasil membohongi investor tentang koloni baru bernama Poyais yang sebenarnya tidak pernah ada. MacGregor merupakan mantan prajurit Skotlandia abad ke-19. MacGregor berhasil menipu orang-orang Ingris mengenai sebuah koloni di benua baru kala itu, Amerika.

MacGregor mengklaim bahwa Raja George Frederick Augustus mewariskan kepadanya wilayah yang luas di daerah Honduras. Dia menggambarkan Poyais sebagai negara baru dengan administrasi dan militer lengkap dan tanah yang sangat subur dan bebas penyakit tropis. Selain itu, dia bahkan menerbitkan buku berjudul "Sketch of the Mosquito Shore, Including the Teritory of Poyais, Descriptive of the Country".

MacGregor berhasil mengambil hati para investor bahkan menawari mereka sebagai penghuni baru Poyais. Tak tanggung-tanggung, dia juga menerbitkan mata uang Dollar Poyais sebagai mata uang resmi negara itu.

Akhirnya, para investor itu sampai di daerah yang dijanjikan dan melihat hamparan hutan belantara tanpa ada negara yang dijanjikan. Malangnya, investor-investor itu harus tewas karena penyakit tropis yang mematikan dan hanya sedikit yang berhasil selamat.

6. Carlos Kaiser - Raja hoaks lapangan hijau

6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!topsport.it

Carlos Kaiser merupakan pesepak bola asal Brazil, sebuah negara produsen para pemain kelas dunia. Namun, ternyata Brazil juga menghasilkan penipu terbesar sepanjang sejarah sepak bola.

Kaiser memang bukan kriminal seperti raja hoax yang lain. Namun, kemampuan lidahnya sangat berbahaya. Bayangkan saja, Kaiser berkarir sebagai pesepak bola selama 26 tahun tanpa sekalipun bermain dalam pertandingan kompetitif. Benar-benar sebuah prestasi yang sangat 'gemilang' bukan? Bahkan, Kaiser pernah direkrut oleh klub besar seperti Flamengo, Fluminense, botafogo, hingga Vasco da Gama.

Kaiser berteman akrab dengan pemain-pemain besar seperti Bebeto, Zico, Carlos Alberto, Ricardo Rocha, hingga Renato Gaucho. Hal tersebut sangat membantunya mengembangkan karir meskipun memiliki skill pas-pasan.

Untuk menutupi aibnya itu, Kaiser biasanya beralasan cidera atau kurang fit agar tidak dimainkan. Kala itu, MRI scan belum ada sehingga memudahkan Kaiser untuk berpura-pura cidera. Bahkan, dia sangat senang jika hanya ditaruh sebagai pemain cadangan, suatu hal yang tidak disukai pesepak bola pada umumnya.

Itulah orang-orang yang terkenal 'berhasil' menipu daya negara dan sekitarnya. Apakah mungkin di masa depan akan ada orang seperti Mysterio? Semoga tidak, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Soal Mysterio, Tokoh yang Muncul di Spiderman: Far From Home

Aditya Reza Photo Community Writer Aditya Reza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You