Comscore Tracker

12 Alur Bikin SIM C Tanpa Calo, Gak Susah Kok!

Kalau lewat calo, kamu bisa dipatok harga Rp 400 ribu sampai Rp 1 juta loh. Enak urus sendiri...

Udah pada bawa motor ke kantor, sekolah, kampus, atau ke pasar nemenin emak, tapi kok masih belum punya sim sih? Katanya warga negara yang baik, tapi masih aja melanggar aturan. Emang kenapa sih gak pada bikin sim? Takut gak lulus? Takut ribet? Gak usah takut, guys.

Dan yang paling penting, urus SIM kalian sendiri, jangan pakai calo deh. Kenapa? Bayangin deh, kalau sama calo, kamu bisa dipatok harga Rp 400 ribu sampai Rp 1 juta loh. Sedangkan urus sendiri maksimal hanya Rp 120 ribu doang. Biar gak bingung, nih ada cara yang perlu kamu persiapkan, berdasarkan pengalaman penulis.

Seberapa penting sih punya SIM?

12 Alur Bikin SIM C Tanpa Calo, Gak Susah Kok!okezone.com

Biar gak ketilang pak Polisi!! 

Caranya bikin SIM gimana dong?

12 Alur Bikin SIM C Tanpa Calo, Gak Susah Kok!Doc. Pribadi

  1. Datang ke polres atau polresta ya.
  2. Pergi ke koperasinya polres, beli map sesuai sim yang mau kamu urus.
  3. Siapin fotokopi KTP kamu. Satu cukup kok.
  4. Bawa map dan fotokopian ke dokter buat minta surat sehat. Biaya bikin surat sehat ini Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu aja. Udah dapat kartu asuransi dari polres.
  5. Setelah mendapat surat sehat, pergi ke ruang pelayanan SIM. Biasanya kan rame tuh. Nanti disuruh ngumpulin dulu, dipanggil satu per satu dan dikasih semacam id card buat masuk ruang itu.
  6. Setelah masuk, ikuti aja prosedurnya. Jangan lupa bawa bolpoint ya. Nanti disuruh isi semacam biodata di situ, terus foto deh. Bawa e-ktpnya juga ya.
  7. Abis dari situ, nanti masuk ruang tunggu sebelum ke ruang tes teori. Kamu bisa belajar lebih dulu karena ada bukunya. Biasanya menunggu selama lima menit.
  8. Lalu kamu masuk ke ruang teori. Ikuti instruksinya.
  9. Kalau  lulus tes teori, kalian bakal dikasih surat kecil dan disuruh langsung ke lapangan untuk menjalani tes praktik. Kalau gagal, kalian bakal disuruh balik buat langsung tes teori seminggu sesudahnya. Jadi tidak perlu surat sehat dan beli map lagi.
  10. Khusus SIM C hanya menjalani tiga tes saja. Di antaranya tes lurus, zigzag, dan angka delapan.
  11. Setelah lulus praktik, kamu dikasih map dan disuruh balik ke ruang pelayanan SIM tadi buat ambil nomor resi untuk bayar di bank BRI. Buat yang gagal, kalian disuruh balik seminggu sesudahnya, tanpa harus tes teori lagi.
  12. Setelah bayar di BRI, kalian balik lagi ke ruang pelayanan sim tadi, dan nunggu SIM dicetak deh.

Setelah menunggu beberapa menit, SIM kamu langsung jadi deh. Semoga berhasil ya. Gak perlu pakai calo.

Ahmad Adi Sudrajat Photo Verified Writer Ahmad Adi Sudrajat

quiteaddict and crowdlover. Make some noise!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You