Comscore Tracker

Unik, Peringati Hari Kartini dengan Fashion Show Inline Skate 

Berkebaya dan berlenggak lenggok layaknya model di catwalk 

Malang, IDN Times - Sebuah komunitas Inline Skate bernama Malang Freestyle Slalom Team (Mafest) menyambut peringatan Hari Kartini 21 April dengan cara unik. Mereka menggelar fashion show bertema inline skate di Jalan Ijen, Kota Malang sebagai catwalk, Selasa (20/4/2021) petang.

Pesertanya adalah anggota dari Mafest sendiri yang terdiri dari anak-anak usia 4-12 tahun. Sebagaimana fashion show pada umumnya, para anggota komunitas berdandan mengenakan kebaya. Fashion show tidak mereka lakukan dengan berlenggak-lenggok berjalan kaki, melainkan melakukan sejumlah atraksi menggunakan sepatu roda. 

1. Tak kagok meski berkebaya

Unik, Peringati Hari Kartini dengan Fashion Show Inline Skate Dua anak sedang melakukan aksi inline skate di trotoar Jl Ijen, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski dibalut dengan kebaya, anak-anak tersebut sama sekali tak kaku. Mereka tetap terlihat lincah melewati beberapa rintangan kecil untuk atraksi inline skate. Secara bergantian mereka melakukan aksi sambil tetap menerapkan protokol kesehatan.

Naraya Putri Ekira, salah satu peserta fashion show tersebut mengakui sangat senang bisa beraksi di tempat terbuka. Ia juga mengakui tak kesulitan beraksi meski mengenakan kebaya. Siswi kelas 5 di MIN 2 Kota Malang itu justru mengaku senang karena bisa memperingati Hari Kartini dengan cara yang unik.

"Tidak sulit bermain sepatu roda meski pakai kebaya. Malah senang sekali karena juga untuk peringatan Hari Kartini. Pahlawan perempuan yang sangat berjasa," katanya Selasa (20/4/2021). 

2. Ajak anak-anak mengingat perjuangan RA Kartini

Unik, Peringati Hari Kartini dengan Fashion Show Inline Skate Salah seorang anggota komunitas sedang melakukan aksi di atas trotoar Jl Ijen. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Pelatih sekaligus pendiri komunitas Mafest, Badai Rizky menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk membuat anak-anak kembali mengingat perjuangan sosok pahlawan wanita Indonesia itu. Terlebih saat ini banyak generasi muda yang mulai melupakan jasa para pahlawannya. Untuk itu, dirinya mencoba mengajak anak-anak agar mereka bisa menghargai jasa pahlawan emansipasi wanita itu. 

"Memang kami coba buat konsep yang berbeda agar unik saja. Karena jarang sekali ada anak-anak berkebaya tetapi bermain inline skate," terangnya. 

3. Perkenalkan pakaian khas Indonesia

Unik, Peringati Hari Kartini dengan Fashion Show Inline Skate Anggota komunitas inline skate Mafest menunggu giliran untuk melakukan aksi. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain untuk memperingati Hari Kartini, Badai juga mengakui bahwa melalui kegiatan tersebut dirinya ingin memperkenalkan pakaian khas Indonesia yakni kebaya. Saat ini banyak generasi muda yang seolah tak mau tahu dan bahkan malu mengenakan kebaya. Padahal kebaya merupakan pakaian yang sangat identik dengan wanita Indonesia. Kebaya sendiri dianggap sebagai representasi kecantikan dan keanggunan wanita tanah air sejak dulu. 

"Kebetulan tahun ini momen Hari Kartini tepat saat Ramadan, jadi sekaligus bisa untuk ngabuburit juga," sambungnya. 

4. Tetap disiplin protokol kesehatan

Unik, Peringati Hari Kartini dengan Fashion Show Inline Skate Seorang anak anggota komunitas inline skate Mafest melakukan aksi dengan tetap mengenakan masker. IDN Times/Alfi Ramadana

Terkait protokol kesehatan, Badai menyebut bahwa setiap melakukan kegiatan baik latihan maupun bermain di luar ruangan, anak-anak anggota Mafest selalu diwajibkan memakai masker. Hal itu sebagai perlindungan awal dan protokol kesehatan wajib yang dilakukan anak-anak. Beruntungnya orang tua dari anak-anak tersebut juga turut ikut memberikan pendampingan. Jadi pada saat proses latihan anak-anak bisa tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Biasanya setiap sepekan sekali kami memang melakukan latihan di pinggir jalan seperti ini. Kalau latihan rutinnya kami di Mall Malang Town Square lantai 4," tandasnya. 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya