Comscore Tracker

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? 

Kok bisa ya terpikirkan seperti itu?

Jakarta, IDN Times - Sudah lebih dari setengah tahun, masyarakat Indonesia berjuang melawan COVID-19. Tanpa perlu IDN Times jelaskan lagi, kita semua tahu bahwa situasi ini ‘mematikan’ hampir seluruh kegiatan khususnya yang berhubungan dengan perekonomian. Mulai dari pariwisata negara yang menurun, kehilangan pekerjaan, hingga pada berkurangnya omzet penjualan bagi para pengusaha maupun pedagang kecil.

Tapi kayaknya kita terlalu sering membaca atau mendengarkan berita yang justru membuat diri kamu sendiri jadi parno atau takut yang berlebihan. Makanya, kamu juga harus tahu nih kalau selama pandemik ini, sebenarnya Indonesia sudah berjuang lho untuk melakukan lima hal ini. Efeknya? Positif banget! 

1. Banyak bisnis baru bermunculan

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? Shutterstock/Andika Romansyah

Peluang bisnis ini ternyata sudah booming sejak awal masa PSBB lho, mungkin kamu salah satunya. Iya, hampir sebagian besar orang yang terpaksa dirumahkan akan memilih peluang emas ini. Apapun mereka jual, seperti makanan, minuman, baju tie dye, masker, hingga aneka barang lainnya.

Sebenarnya tren menjadi entrepreneur sudah ada sejak dulu, namun semenjak pandemik ini justru tren ini melonjak signifikan. Ada yang mulai dari nol lho, jadi mau gak mau ini adalah tantangan baru untuk mereka. Kira-kira, bagaimana kabar jualan kamu atau teman-temanmu? Semoga laris manis ya, guys!

2. Edukasi melalui konten

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? Shutterstock/Creativa Images

TikTok bisa dibilang jadi lahan baru dan legit bagi para penggunanya, terutama dalam mengekspresikan kreativitasnya. Jangan salah, kreativitas ini juga bisa menyelipkan edukasinya. Misalnya, edukasi soal protokol kesehatan yang dikolaborasikan dengan stand up comedy ataupun podcast. Akan selalu ada pesan moral di dalamnya.

Cuma anak-anak kreatif aja nih yang bisa bertahan hingga saat ini dengan kontennya. Siapapun kamu yang menggaungkan edukasi protokol kesehatan, IDN Times kasih dua jempol deh pokoknya. Tapi, jangan hanya demi mengejar views dan likes, eh kamu jadi bikin plot twist sendiri. Awas malah jadi blunder tuh!

3. Perhatian banyak pihak buat garda terdepan

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? Shutterstock/Herwin Bahar

Terima kasih secara khusus kita ucapkan kepada para tenaga medis nih guys, yang sudah sekuat tenaganya membantu para pasien positif COVID-19. Kita sebagai warga negara, harusnya bisa nurut dengan kebijakan dari pemerintah, dan juga arahan dari para tenaga medis. 

Masih ingat dengan kasus penolakan penguburan jenazah korban COVID-19? Coba deh kamu memposisikan dirimu menjadi para tenaga medis, pasti sakit rasanya ketika kerja kerasmu eh tiba-tiba gak didukung oleh orang lainnya bahkan di detik-detik terakhir penguburan jenazah. 

Di masa pandemik kayak gini, kita semua harus saling berbagi peran. Pada saat awal pandemik, teman-teman karyawan Unilever Indonesia juga ikut mendukung tenaga kesehatan. Mereka mendonasikan uang makan siang mereka untuk dikonversikan menjadi paket makanan untuk para tenaga  kesehatan lho. Sebanyak 52.000 paket makanan pun akhirnya berhasil disalurkan.

Selain itu, Unilever Indonesia juga kasih bantuan 60.000 masker N95 juga disalurkan kepada 8 (delapan) Rumah Sakit Rujukan di bawah naungan PERSI serta melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan Tangerang untuk diberikan kepada tenaga medis dan fasilitas kesehatan.

Yuk, terus berikan dukungan bagi para tenaga medis!

4. Bantuan kepada UMKM dari berbagai pihak

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? Shutterstock/Willy Sebastian

Tahu gak sih kamu, kalau UMKM adalah tulang punggung pereknomian Indonesia? Dan bisa dibilang, mereka sangat terdampak dari pandemik ini. Tapi apakah mereka tidak punya harapan dan harus tutup total? Tentu tidak, di sinilah kita sebagai anak muda bisa membantu mereka. Caranya dengan tetap berbelanja produk-produk UMKM.

Unilever Indonesia yang selama ini selalu perhatian pada UMKM, kali ini juga turut berbagi peran membantu para pemilik warung kelontong, yang merupakan bagian dari UMKM. Melalui #UnileverUntukIndonesia, Unilever berikan dukungan nyata kepada 147.000 pedagang warung agar kembali bangkit di tengah pandemik, serta berkontribusi menuju Indonesia Maju. Gak hanya itu, jika stok barang habis, pemilik warung pun tak perlu bingung bagaimana cara stok ulang selama pandemik, karena Unilever Indonesia sudah meluncurkan aplikasi Sahabat Warung. 

Ini 5 Hal yang Terjadi Selama Pandemik di Indonesia, Ada yang Sadar? IDN Times/Unilever Indonesia

Lewat aplikasi ini, pemilik warung bisa memesan produk-produk kebutuhan rumah tangga dari Unilever Indonesia, untuk kemudian diantarkan ke warungnya. Prosesnya pun mudah, cepat, dan aman karena tanpa kontak fisik. Sehingga, pemilik warung bisa tetap terjaga selama keselamatan dan kesehatannya selama pandemik. Dengan kehadiran aplikasi ini, Unilever Indonesia telah ikut gotong-royong menjaga penghidupan para pemilik warung. Kamu juga bisa ikut bantu lho, caranya dengan berbelanja di warung sekitarmu.

Lebih dari itu, baru-baru ini Unilever juga bekerja sama dengan Gojek melalui peluncuran GoToko. GoToko adalah platform digital B2B yang menghubungkan para pelaku UMKM di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen terkemuka. Dengan menggunakan GoToko, para pelaku UMKM dapat mengakses rangkaian produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever Indonesia, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau.

Kalau Unilever saja bisa, IDN Times yakin kamu juga bisa guys! Yuk, ikut bergabung dalam gerakan #UnileverUntukIndonesia dalam #JagaUMKMIndonesia. Terima kasih, Unilever!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya