Comscore Tracker

10 Hewan Hibrida Hasil Kawin Silang Antar Spesies

Mirip kayak makhluk-makhluk mitologi!

Kawin silang antar spesies hewan bukanlah hal yang baru di dunia biologi. Beberapa di antaranya bahkan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Anjing dan kucing, misalnya. Kedua spesies hewan ini adalah dua contoh yang paling sering dikawin silangkan untuk mendapatkan hasil yang baru. Selain anjing dan kucing, hewan hibrida apa saja yang sebenarnya ada dan hidup sehat?

1. Zebroid

https://www.youtube.com/embed/hRyAXQ5tj7A

Zebroid adalah keturunan dari persilangan antara zebra dan jenis kuda lain untuk menciptakan hewan hibrida. Kebanyakan yang berperan menjadi 'bapak' adalah zebra. Keturunan pejantan keledai dan induk zebra biasanta disebut donkra. Zebroid telah dibiakkan sejak abad ke-19. 

2. Wholphin 

https://www.youtube.com/embed/_rnr6dnhYo0

Wholphin adalah hewan hibrida cetacea yang sangat langka yang lahir dari perkawinan lumba-lumba hidung botol betina (Tursiops truncatus) dengan paus pembunuh palsu jantan (Pseudorca crassidens). Namanya menyiratkan hibrida antara paus dan lumba-lumba, meskipun secara taksonomi, keduanya berada dalam keluarga "lumba-lumba samudra", yang termasuk dalam subordo "paus bergigi". Wholphin lahir di penangkaran dan juga dilaporkan di alam liar.

3. Beefalo 

https://www.youtube.com/embed/ZY8i07MtAt0

Beefalo, adalah 3/8 Bison dan 5/8 Bovine, keturunan hibrida dari sapi domestik dan bison Amerika. Trah ini diciptakan untuk menggabungkan karakteristik kedua hewan untuk produksi daging sapi unggulan.

4. Liger 

https://www.youtube.com/embed/vybfyhYK-m0

Liger adalah keturunan hibrida dari singa jantan (Panthera leo) dan harimau betina (Panthera tigris). Liger memiliki induk dalam genus yang sama tetapi spesies yang berbeda. Liger berbeda dari hibrida serupa yang disebut tigon, dan merupakan jenis yang terbesar dari semua kucing yang pernah ada. Mereka suka berenang, yang merupakan ciri khas harimau, dan sangat ramah seperti singa. 

5. Tigon 

https://www.youtube.com/embed/U3_1T423XoI

Tigon adalah keturunan hibrida dari harimau jantan (Panthera tigris) dan singa betina (Panthera leo) sehingga memiliki induk dengan genus yang sama, tetapi spesies yang berbeda.

Genom tigon mencakup komponen genetik dari kedua orang tuanya, sehingga mereka dapat menunjukkan karakteristik yang terlihat dari kedua orang tua: memiliki kedua bintik dari sisi induknya dan garis-garis dari sisi ayah. Setiap surai yang dimiliki oleh tigon jantan akan tampak lebih pendek dan kurang terlihat dibandingkan surai singa dan lebih mirip dengan bulu harimau jantan. 

Baca Juga: 16 Fakta Hewan Ini Akan Membuatmu Merasa Terharu atau Bahkan Sedih

6. Leopon 

https://www.youtube.com/embed/UF9VbHU9f0I

Seekor leopon adalah keturunan hibrida dari macan tutul jantan dan singa betina. Kepala hewan ini mirip dengan singa sedangkan bagian tubuh lainnya memiliki kemiripan dengan macan tutul. Hewan hibrida ini dikembang biakkan di penangkaran dan tidak mungkin terjadi di alam liar.

7. Grolar

https://www.youtube.com/embed/yyX7HH0omIU

Grolar merupakan hibrida beruang kutub dengan beruang grizzly. Grolar adalah hibrida ursida langka yang telah terjadi baik di penangkaran maupun di alam liar. Pada tahun 2006, kemunculan hibrida ini di alam liar dikonfirmasi dengan menguji DNA beruang yang tampak unik yang ditembak di dekat Pelabuhan Sachs, Wilayah Barat Laut di Pulau Banks di Arktik Kanada. Jumlah hibrida yang dikonfirmasi sejak itu meningkat menjadi delapan, semuanya diturunkan dari beruang kutub betina yang sama

8. Savannah Cat

https://www.youtube.com/embed/abuAUjFv88s

Kucing Savannah adalah ras kucing terbesar. Kucing Savannah adalah persilangan antara kucing domestik dan serval, kucing Afrika liar bertelinga besar dan berukuran sedang. Persilangan kucing ini menjadi populer di kalangan peternak pada akhir 1990-an, dan pada 2001 Asosiasi Kucing Internasional (TICA) menerimanya sebagai ras baru yang terdaftar. 

9. Geep

https://www.youtube.com/embed/2Zl9VcxTK6k

Geep adalah hibrida domba-kambing (disebut geep di media populer atau terkadang shoat) dan merupakan keturunan dari domba dan kambing. Meskipun domba dan kambing tampak serupa dan dapat dikawinkan, mereka termasuk dalam genera yang berbeda dalam subfamili Caprinae dari famili Bovidae. 

10. Jaglion  

https://www.youtube.com/embed/VFUhDcaeemI

Jaglion atau jaguon adalah keturunan antara jaguar jantan dan singa betina (singa betina). Pada tanggal 9 April 2006, dua ekor jaglion lahir di Suaka Margasatwa Bear Creek, Barrie (utara Toronto), Ontario, Kanada. Jahzara (betina) dan Tsunami (jantan) adalah hasil perkawinan yang tidak disengaja antara jaguar hitam yang bernama Diablo dan singa betina bernama Lola, yang telah dipelihara bersama dan tidak dapat dipisahkan.

Unik ya hewan hibrida hasil perkawinan silang antar spesies? Ternyata alam begitu kaya akan keanekaragaman!

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Tasmanian Devil, Si Iblis yang Sebenarnya Lucu

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya