Comscore Tracker

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat Ramadan

Bisa jadi peluang bisnis selanjutnya nih!

Salah satu tanda bulan Ramadan adalah munculnya berbagai iklan sirup bertema Ramadan di TV. Tapi, gak hanya itu, Ramadan juga semakin meriah karena online shop yang menawarkan busana muslim baik untuk cewek atau cowok hingga berbagai kalangan usia pun tumbuh bak jamur di musim hujan.

Nah kira-kira, ada yang tahu gak sih kenapa jumlah transaksi bisnis fashion muslim itu kerap mengalami kenaikan terutama  secara online? Ternyata begini lho penjelasannya!

1. Sekitar 87 persen masyarakat Indonesia memeluk agama Islam

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat RamadanPopulasi muslim Indonesia (Shutterstock/Sony Herdiana)

Sesuai dengan data sensus terakhir, 87 persen masyarakat Indonesia merupakan umat muslim. Hal ini menjadi salah satu faktor dari semaraknya suasana di Indonesia tiap kali Ramadan tiba. 

Beberapa kebiasaan yang bisa kita rasakan bersama-sama misalnya seperti momen berburu takjil di pasar kaget atau pasar yang muncul dalam waktu-waktu tertentu saja, suasana buka bersama, takbiran menjelang lebaran hingga tentu saja berfoto bersama keluarga dengan menggunakan baju terbaik. Kamu pasti pernah merasakan momen-momen ini ‘kan?

Baca Juga: Bikin Cuan Nih! Ini 5 Tips Bisnis Fashion Muslim

2. Lebaran jadi momen yang paling menjanjikan untuk berburu baju baru

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat RamadanIlustrasi perempuan yang sedang membeli baju baru (Shutterstock/Odua Images)

Walau Lebaran masih kurang lebih satu bulan lagi, bukan berarti persiapannya jadi nanti-nanti ya. Faktanya, sudah banyak lho yang mempersiapkan momen Lebaran dari jauh-jauh hari. Selain lebih siap, tujuan lainnya biasanya agar orang dapat lebih fokus dengan kualitas ibadah di hari-hari selanjutnya.

Salah satu yang dipersiapkan tentu saja baju yang akan digunakan di hari Lebaran. Apalagi, di hari tersebut setiap orang ingin bertemu dengan sanak saudara dan kerabat dengan penampilan terbaiknya sekalipun hanya sebatas silaturahmi virtual Jadi dengan adanya kebutuhan ini, kamu yang punya naluri sebagai entrepreneur tentu gak boleh kamu sia-siakan. 

Nggak hanya fashion muslim untuk wanita saja loh tapi hampir semua kategori Fashion Muslim juga ikutan diburu. Buktinya di platform belanja online seperti Tokopedia, penjualan pada kategori Fashion Muslim meningkat 2x lipat di tahun 2020 lalu. 

Falah Fakhriyah selaku Head of Category Development Tokopedia, mengungkapkan bahwa baju koko pria, rompi muslim, sajadah, sarung anak, dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019. 

Jadi tunggu apalagi, yuk manfaatkan sebaik mungkin momen ini!

3. Tren fashion muslim terus alami perkembangan dan terlihat fashionable

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat RamadanIlustrasi perempuan yang membeli baju baru (Shutterstock/Asada Nami)

Fashion memang terus berkembang, tak terkecuali untuk kategori busana muslim. Salah satu contohnya seperti Tazkia Hijab Store yang saat ini sudah memproduksi berbagai produk busana muslim. Abu Nasor Al Farobi yang kerap disapa Robi selaku pendiri dari Tazkia Hijab Store ini sudah menjual berbagai produk fashion muslim seperti tunik, blus wanita, gamis, hingga perlengkapan ibadah, antara lainnya mukena. 

Robi memanfaatkan platform marketplace  seperti Tokopedia untuk mendukung usahanya yang dirintis sejak tahun 2014 di mana ia akhirnya memutuskan untuk meniti brand-nya sendiri. Menurut Robi, Tokopedia menyediakan banyak  fitur bermanfaat yang terus ia optimalkan  untuk mendukung bisnisnya seperti fitur TopAds, promo Bebas Ongkir, Kejar Diskon, dan flash sale. Gak heran, kalau saat ini Robi yang memulai usahanya seorang diri, kini sudah berhasil merekrut lebih dari 100 karyawan untuk bekerja di Tazkia Hijab Store.

Robi mengaku ia mendapatkan ratusan ribu produk yang terjual lewat Tokopedia. “Ratusan ribu produk yang terjual lewat Tokopedia berkontribusi terhadap hampir 50% dari total penjualan keseluruhan,” ungkap Robi. Ia juga mengungkapkan bahwa sejak menggunakan fitur TopAds dan Bebas Ongkir, penjualannya meningkat bahkan hingga lebih dari dua kali lipat dibanding awal pandemik.

Selain kegigihan Robi, memilih platform yang tepat dengan fitur lengkap juga kunci mendukung bisnisnya, seperti yang dilakukannya melalui Tokopedia. Selain itu, Robi juga secara konsisten melakukan pengamatan selama menjalani usahanya. Menurut Robi, penjualan produk fashion muslim terus mengalami peningkatan, terutama di momen Ramadan. Jadi, buat kamu yang masih ragu, mulai aja dulu, siapa tahu kamu bisa jadi sesukses Robi!

4. Harga lebih bersaing dengan segudang promo online-nya

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat RamadanMembuka aplikasi Tokopedia (Tokopedia.com)

Lonjakan penjualan busana muslim biasanya memang terjadi saat menjelang Ramadan dan menjelang lebaran. Selain karena kebutuhan akan tampil dengan busana terbaik, ini juga dipicu dengan banyaknya agenda-agenda baik yang sifatnya keagamaan seperti tarawih, iktikaf atau buka bersama. 

Selain itu, di momen Ramadan ini para pembeli juga memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan baju-baju muslim dengan harga yang lebih bersaing. Tak terkecuali untuk kamu yang termasuk tim belanja online, momen Ramadan juga jadi momennya banjir promosi online yang bikin kamu makin untung, seperti salah satunya kampanye Ramadan in Style di Tokopedia yang menawarkan berbagai promo seperti flash sale, voucher bebas ongkir hingga cashback yang bisa dimanfaatkan baik untuk para pembeli maupun penjual! Nah, gak heran kan kalau bisnis busana muslim ini jadi semakin menjanjikan di bulan Ramadan?

5. Di bulan Ramadan daya beli konsumen juga tinggi

5 Alasan Bisnis Fashion Muslim Jadi Menjanjikan Saat RamadanIlustrasi perempuan yang melakukan pembayaran (Shutterstock/Prostock-studio)

Alasan lainnya yang membuat peluang ini semakin menjanjikan karena meningkatnya daya beli konsumen. Salah satu penyebabnya adalah adanya Tunjangan Hari Raya (THR) yang membuat para konsumen menyisihkan lebih banyak uang  untuk membelanjakannya. 

Menurut survei yang dilakukan iPrice selama Ramadan 2020, konsumen Indonesia menghabiskan setidaknya Rp500.000-Rp1.999.999 untuk belanja kebutuhan lebaran di mana 68 persennya dibelanjakan untuk produk fashion. Jadi, gak perlu ragu lagi ya buat memulai bisnis di bulan Ramadan, selain menguntungkan, siapa tahu kamu dapat berkahnya! (WEB)

Baca Juga: Inovasi Fashion Muslim, Mukena Asal Bandung Jadi Pionir Bahan Organik

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya