Comscore Tracker

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat Ramadan

Tetap bermanfaat walau gak sama seperti dulu nih

Tahun kedua menjalani bulan Ramadan di tengah pandemik, kalau menurut kamu gimana nih rasanya? Apapun yang kamu rasakan, intinya tetap harus bersyukur ya masih bisa bertemu bulan Ramadan di tahun ini. Salah satu yang wajib kita syukuri adalah kita tetap bisa melakukan kebaikan walau kita hanya memiliki ruang gerak yang terbatas di tengah pandemik.

Salah satu caranya, kamu bisa berbagi dengan sesama, meski caranya berbeda drastis dari yang dulu pernah kamu lakukan. Penasaran gak sih apa bedanya? Check this out!

1. Berbagi ilmu secara langsung vs media sosial

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat RamadanPerempuan sedang belajar online (Shutterstock/dieddin)

Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk menimba ilmu agama sebanyak-banyaknya. Gak heran kan sebelum pandemik banyak sekali ditemukan acara pengajian yang diselenggarakan baik oleh masjid ataupun komunitas. Serunya lagi, biasanya kajian dilakukan di waktu menjelang buka puasa nih, jadi makin terasa kan kebersamaannya?

Namun, saat ini momen menimba ilmu banyak dilakukan secara virtual nih. Akhirnya ada banyak orang yang bisa ikut menimba ilmu deh. Bahkan banyak juga lho ustaz yang bikin konten dakwah sebagus mungkin untuk diakses di media sosial. Kreatif dan inovatif!

Baca Juga: Sore-Sore Berkah: Sudah Berhasilkah Puasa Ramadan Kita?

2. Mengunjungi panti asuhan vs virtual

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat RamadanSilaturahmi virtual (Shutterstock/Odua Images)

Ramadan biasanya juga jadi salah satu momen untuk berbagi dengan para adik dan teman kita di panti asuhan nih. Banyak yang berpikir bahwa kehadiran kita membuat mereka bahagia, padahal tanpa disadari melihat adik-adik di panti asuhan tertawa dengan riang juga membuat kita bahagia lho.

Nah, sayangnya hal ini memang gak bisa kita lakukan dengan leluasa, namun bukan berarti silaturahmi dengan para adik di panti asuhan jadi sama sekali gak bisa dilakukan ya. Dengan adanya teknologi layanan video meeting, kini kita bisa berkumpul secara virtual dan menghabiskan quality time bersama. Saran dari IDN Times, coba adakan games bersama, pasti jadi makin seru!

3. Berbagi takjil di jalan vs online

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat RamadanSeorang perempuan sedang berbelanja di supermarket (Shutterstock/Prostock-Studio)

Siapa nih yang sebelumnya suka ngabuburit sambil bagi-bagi takjil untuk orang-orang yang ditemui di jalan? Momen ini memang selalu bikin kangen sih di bulan Ramadan. Tapi tenang, walau pandemik, bukan berarti kamu jadi gak bisa berbagi dengan sesama kok. Soalnya tahun ini Energen punya program unik dan pastinya bermanfaat bernama “Sedekah Energi”!

Sedekah Energi adalah program donasi dari Energen yang berkolaborasi dengan Berbagi Sarapan Community. Energen mengajak kamu untuk membeli paket Sedekah Energi di mana dengan membeli 3 pouch Energen Kurma di e-commerce, kamu juga bisa sekaligus mendonasikan 3 pouch Energen untuk 3 orang pejuang jalanan yang butuh energi ekstra. 

Pas buat Ramadan, Energen Kurma ini mengandung Kurma Asli ditambah dengan semua kebaikan susu, telur dan SIGMAVIT dapat memberikan energi untuk orang-orang yang berpuasa juga sebagai #PondasiRamadan kita semua nih.

Kapan lagi ‘kan bisa berbagi dengan sesama di bulan Ramadan? Jadi tunggu apalagi, yuk ikutan Sedekah Energi biar #PondasiRamadan kamu semakin kuat!

4. Berzakat ke masjid vs aplikasi

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat RamadanAplikasi zakat online (Shutterstock/Syafiq Adnan)

Zakat memang bisa dilakukan dengan memberikan beras sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Namun, kita juga diberikan pilihan untuk berzakat dengan uang tunai yang biasanya akan dikumpulkan di masjid-masjid terdekat. 

Nah, di masa di mana kita harus mencegah diri dari kerumunan, untungnya sekarang zakat pun sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Tinggal klik, zakat kamu sudah tersampaikan ke mereka yang membutuhkan. Semakin mudah!

5. Buka puasa bersama vs bukber virtual

Dulu vs Sekarang, Ini 5 Cara Berbagi Kebahagiaan Saat RamadanKeluarga sedang buka puasa bersama virtual (Shutterstock/dewannanda)

Saat membahas tentang berbagi, terkadang bukan hanya masalah materia aja. Apalagi jika kaitannya dengan keluarga dan sahabat terdekat. Berbagi juga bisa berarti menyediakan waktu berkualitas bersama nih. Nah, karena sekarang gak semua orang bisa berkumpul dengan keluarga untuk melakukan buka puasa bersama, kamu bisa lho melakukannya secara virtual.

Biar makin seru, jangan hanya lakukan dengan makan bersama saja, kamu juga bisa mengirimkan keluarga atau temanmu takjil sederhana yang bikin hubungan jadi makin erat. Sekarang, siapapun bisa berbagi ‘kan?

Nah, itu tadi beberapa momen berbagi kebahagiaan yang biasa terjadi bulan Ramadan. Walau sangat jauh berbeda dengan apa yang terjadi sebelum pandemik, semoga Ramadan kamu tetap penuh dengan kebahagiaan ya, guys! (WEB)

Baca Juga: Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Ini

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya