Comscore Tracker

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Dunia

Dapat kamu jadikan sebagai inspirasi tersendiri

Di zaman yang sudah maju seperti saat ini, rasanya tak ada yang tak mungkin. Bahkan, seseorang dapat menjadi seorang pemimpin negara di umur yang dapat dikatakan muda. Beberapa negara sudah berhasil membuktikan hal tersebut dengan terpilihnya seorang presiden atau perdana menteri yang berumur kurang dari 40 tahun. 

Selain muda, beberapa pemimpin negara ini sudah menunjukkan keberhasilannya selama menjabat. Berikut 6 pemimpin negara termuda di dunia yang dapat kamu jadikan inspirasi. 

1. Fritz-William Michel - Haiti

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniacanada-haiti.ca

Fritz-William Michel merupakan Perdana Menteri yang ditunjuk pada 2019 lalu oleh Presiden Haiti, Jovenel Moise. Michel ditunjuk untuk menggantikan posisi Jean Michel Lapin yang mengundurkan diri dari posisi PM Haiti dilansir Caribbean National Weekly. 

Michel sendiri dilantik menjadi perdana menteri pada umur 39 tahun. Sebelum menjabat sebagai perdana menteri, Michel merupakan seorang eksekutif di Kementerian Ekonomi dan Keuangan Haiti. 

2. Nayib Armando Bukele Ortez - El Salvador

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniabangkokpost.com

Pada Pemilu El Salvador 2019, Nayib Armando Bukele Ortez berhasil memenangkan pesta demokrasi terbesar di negara tersebut. Bukele merupakan seorang kandidat yang diusung oleh Great Alliance for National Unity(GANA) dilansir CNN.

Bukele mempunyai berbagai macam pengalaman seperti pengusaha dan wali kota Nuevo Cuscatlán dan San Salvador. Bukele dilantik menjadi presiden pada usia yang ke-38. 

3. Sanna Marin - Finlandia

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniainstagram.com/sannamarin

Masyarakat Finlandia patut berbangga dengan ditunjuknya Sanna Marin menjadi Perdana Menteri Finlandia yang ke-46. Sanna Marin merupakan pimpinan negara termuda di dunia saat dilantik, yaitu 34 tahun. Sebelumnya menjadi perdana menteri, Sanna Marin merupakan seorang Menteri Transportasi. 

Meskipun begitu, dia bukan merupakan satu-satunya perdana menteri wanita yang ada di Finlandia. Sebelumnya,  Anneli Jäätteenmäki dan Mari Kiviniemi juga pernah menduduki jabatan perdana menteri di negara tersebut. 

Baca Juga: Pemimpin Masa Kini, 5 Keterampilan Tim ini Bisa Tingkatkan Bisnis!

4. Carlos Alvarado Quesada - Kosta Rika

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniaelmundo.cr

Carlos Alvarado Quesada lahir pada tahun 1980 di salah satu kota di Kosta Rika yang bernama San José. Dia merupakan lulusan jurusan jurnalis dan ilmu politik di University of Costa Rica. Pada tahun 2014, dia menjadi menteri termuda di negaranya yang mana dia ditunjuk sebagai Menteri Pengembangan Manusia dan Sosial. 

Pada tahun 2018, Alvarado berhasil mengalahkan Fabricio Alvarado Muñoz dengan memperoleh suara sebesar 61persen. Dalam kampanyenya, dia selalu mengedapankan hak asasi manusia(HAM) dan pertumbuhan ekonomi yang tidak mengabaikan lingkungan. Dia sendiri dilantik menjadi presiden saat dirinya masih berumur 38 tahun. 

5. Jacinda Ardern - Selandia Baru

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniainstagram.com/jacindaardern

Jacinda Ardern merupakan Perdana Menteri Selandia Baru yang ke-40. Dia merupakan pemimpin Partai Buruh. Saat Pemilu 2017, Partai Buruh yang hanya memiliki 32 suara berhasil bekerja sama dengan Partai New Zealand First yang mempunyai kursi sebanyak 12 suara.

Kerja sama antara kedua partai tersebut membuat Jacinda Ardern menjadi Perdana Menteri Selandia Baru. Jacinda Ardern dilantik menjadi perdana menteri saat dirinya berusia 37 tahun.

6. Kim Jong Un - Korea Utara

Muda dan Cemerlang, 6 Pemimpin Negara Termuda di Duniacorporatebytes.in

Siapa sangka bahwa supreme leader dari Korea Utara ini juga termasuk sebagai pemimpin negara termuda di dunia. Dilansir Business Insider, tahun kelahiran Kim Jong Un masih menjadi perdebatan, yaitu diantara tahun 1982, 1983, atau 1984.

Setelah ayahnya yang bernama Kim Jong-il meninggal pada tahun 2011, Kim Jong Un langsung ditunjuk untuk menggantikan posisi ayahnya hingga saat ini. Kim Jong Un menjabat sebagai Presiden Korea Utara secara resmi di usianya yang ke-30. 

Nah, itu dia 6 pemimpin negara termuda di dunia yang wajib kamu ketahui. Walaupun cara terpilihnya mereka berbeda-beda, pastinya tak mudah mengemban amanah yang sangat besar di usia tersebut. Semoga salah satu dari mereka dapat kamu jadikan sebagai inspirasi ya. 

Baca Juga: Komunikasi Publik COVID-19, Pemimpin Perempuan Lebih Baik

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya