Comscore Tracker

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!

Mumpung Hari Kopi Nasional nih

Jakarta, IDN Times - Kopi, senja dan indie. Memang ketiga hal ini jadi kolaborasi maut ya, jadi gak heran kalau ini mendadak viral di berbagai platform. Bahkan ada lho orang yang tanpa sadar lebih sering menyeruput kopi ketika senja dan diiringi lagu-lagu indie. Rasanya, nikmat tiada tara! 

Di hari kopi nasional ini, buat kamu yang ngakunya pencinta kopi sejati, sambil duduk nikmatin kopi, coba cek deh pasti diam-diam kamu punya lima karakteristik ini. Entah deh, kamu menyadarinya atau gak! 

1. Terkenal dengan sifat asertifnya

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Ilustrasi karakter asertif (Shutterstock/Monkey Business Images)

Biasanya mayoritas pencinta kopi memiliki sifat ini. Sifat yang mencerminkan ketegasan dan lugas dalam berbicara. Sering sekali berkata jujur dalam apa saja yang dipercayainya. Sambil menyeruput kopi, setiap kalimat yang keluar dari mulut terdengar pas. 

Meski seringkali berbicara dengan nada yang seperti itu, jujur, dan cenderung blak-blakan, sifat asertif ini juga masih memperhatikan dan menjaga perasaan lawan bicaranya. Jadi, masih kelihatan memiliki manner gitu. Iya gak sih?       

Baca Juga: 10 Potret Uniknya Galeri Kopi Indonesia, Sensasi Ngopi di Kebun Kopi

2. Sering dibilang acak-acakan, tapi punya sense of art yang tinggi

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Ilustrasi tampilan acak-acakan tapi punya sense of art yang tinggi (Shutterstock/Other edge)

Coba deh perhatikan biasanya yang suka banget minum kopi tampilannya agak acak-acakan. Kurang rapi dan bikin tak enak dipandang. Eits, tapi jangan salah, mereka terkadang memiliki sense of art yang tinggi. Gemar membaca karya sastra seperti novel dan puisi. 

Gak jarang juga malah bisa bikin karya masterpiece karena ditemani secangkir kopi. Seperti bikin lagu, puisi, dan bukunya sendiri. Proses kreatif yang ditemani kopi tuh emang bisa bikin lancar banget nemuin ide-ide cemerlang. Setuju gak sih? 

3. Utamakan kualitas bukan kuantitas

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Kopi nikmat perpaduan antara biji kopi dan air mineral yang pas (Shutterstock/jazz3311)

Nah, ini nih. Kalau pencinta kopi sudah jelas harus memastikan apapun yang diseruput kualitasnya harus mantap dan enak. Berbagai jenis biji kopi di Indonesia udah hafal di luar kepala. Bagaimana tidak, biji kopi yang dihasilkan Indonesia seperti Robusta, Arabika, serta campuran Liberika dan Excelsa punya cita rasa yang tinggi karena kondisi geografis di dalam negeri yang mendukung. 

Selain itu juga tahu banget untuk memproses biji kopi pilihan jadi seduhan kopi yang nikmat. Nah tapi gak hanya ragam biji kopi saja yang dijadikan acuan untuk menciptakan kopi yang berkualitas, guys. Padahal ada hal lain yang perlu diperhatikan. Tahu ga kalian, satu cangkir kopi terdiri dari 95% air dan 5% kopi. Artinya, air yang digunakan untuk menyeduh juga berperan penting dalam membentuk karakter rasanya

Saat menyeduh kopi, senyawa atau kandungan di dalam air akan mengikat komponen dalam kopi sehingga menciptakan cita rasa yang kaya dan beraroma. Kandungan yang dapat ditemukan di air mineral yakni kalsium dan magnesium. Hal itu dapat meningkatkan efisiensi ekstraksi kopi

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Muhammad Aga seduh kopi dengan air mineral berkualitas untuk perkaya cita rasa (Dok. AQUA)

Award Winning Barista dan Pemilik Toko Kopi SMITH Muhammad Aga menjelaskan bahwa kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan seimbang.

“Keseimbangan kandungan air mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma nikmat saat dihirup ” jelasnya. 

Selain itu guys untuk menciptakan kopi yang superior, Specialty Coffee Association of America (SCAA) menyarankan menggunakan air yang menggunakan 50 - 150 part per million (ppm) mineral. Jika terlalu tinggi bikin rasa terlalu tebal. Jika terlalu rendah bikin kopi makin encer. 

Nah, berdasarkan penelitian tersebut dan anjuran peracikan kopi, AQUA menawarkan solusi untuk menciptakan secangkir kopi yang otentik

”Selain dibutuhkan oleh tubuh, ternyata mineral yang ada di dalam air dapat meningkatkan cita rasa yang kita minum. Air mineral AQUA berada tepat di rentang pembuatan kopi yang ideal berdasarkan SCAA, juga dapat membantu menjaga kualitas mesin kopi agar lebih tahan lama,” jelas Product Development Manager dari Research & Innovation AQUA Dion Sugianto 

Apalagi kalau lihat air mineral AQUA kualitasnya terjamin dengan adanya 3 perlindungan. pertama, perlindungan terhadap ekosistem sumber air nya dengan menanam lebih dari 2,5 juta pohon dan melestarikan lebih dari 1500 jenis flora dan fauna di sekitar sumber airnya. Sehingga mineral AQUA terlindungi dan terbentuk alami pada ekosistem yang terlindungi tersebut, dan terakhir proses nya yang seksama, melalui sistem produksi terintegrasi melalui 400 cek kualitas. Makanya mineral AQUA yang terjaga, ideal untuk bikin kopimu makin sedap.

Nah dengan begini keren juga kan guys proses pembuatan kopi berkualitas? Ini jadi karakteristik para pencinta kopi nih! Jadi nanti pas ngobrol sama mereka, bisa nyambung banget! Biar bisa saranin juga pakai air AQUA yang sudah standard SCAA. Biar kopi jadi lebih mantap. Biar lebih jelas coba cek di sini!   

4. Humoris dan romantis jadi satu

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Ilustrasi karakteristik humoris dan romantis (Shutterstock/Tom Wang)

Selain tahu seluk beluk proses pembuatan kopi, biasanya juga humoris. Suka ngelempar jokes mulai dari yang receh sampai yang ketawa cuma dia sendiri. Mungkin sudah bagian dari budaya juga kali, ya? Kopi bisa merekatkan dan bikin ngobrol jadi tahan lama.

Bahkan gak hanya itu, biasanya yang gemar kopi juga romantis. Gimana gak? Selain nyeruput kopi juga suka banget bikin puisi. Pablo Neruda dan Shakespeare pun seolah-olah lewat! Setuju gak?    

5. Kemana-mana bawa perlengkapan bikin kopi sendiri

Ini Dia 5 Karakteristik Pencinta Kopi Sejati, Anak Senja Merapat!Hand grinder untuk menggiling kopi (Shutterstock/Evannovostro)

Ini nih karakteristik yang menonjol banget. Bisa sampai bawa hand grinder sendiri buat menggiling kopi, takaran air, timbangan, bahkan sampai air panas di termos. Kalau ini sih bener-bener pencinta kopi sih. 

Suka bener bagi-bagi kopi buatannya dan ngejelasin proses dan teknik apa yang dipakai buat membuat kopinya. Udah macam barista internasional gitu. Ada gak temanmu yang kayak gini? Share di kolom komentar ya! (CSC)

Baca Juga: 7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya