Comscore Tracker

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lho

Disneyland mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Disneyland selalu disebut sebagai tempat yang paling membahagiakan. Hawa-hawa negri dongeng sudah bisa kamu rasakan mulai dari gerbang masuk Disneyland. Khayalan negeri dongeng dari masa kecil, rasanya langsung terwujud. Apalagi ketika secara langsung melihat ikon Disneyland yang merupakan istana megah bagi para princess. Tentunya kamu akan langsung terkagum dan menatap nanar.

Kamu akan serasa masuk dalam kisah negeri dongeng yang selama ini hanya ada di buku cerita masa kecil, kalau kamu memasuki kastil-kastil Disneyland ini.

1. Disney Castle Anaheim, California.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhowww.ohmy.disney.com

Disneyland Anaheim merupakan yang pertama kali didirikan di dunia. Taman bermain ini pertama kali dibuat atas banyaknya permintaan penggemar Disney yang sangat ingin  mengunjungi studio Walt Disney untuk bertemu karakter Disney favoritnya. Kemudian diresmikanlah Disneyland Anaheim pada tahun 1955.

Sebagai ikon pertama, kastil Disney Anaheim dibuat dengan mengambil struktur bangunan dari kastil Neuschwanstein yang berada di Bavaria. Tinggi dari kastil Disney Anaheim mencapai 23 meter. Kastil ini  bertemakan kastil Sleeping Beauty, di mana di dalamnya menampilkan kisah Sleeping Beauty dan berbagai ornamen dari film tersebut.

2. Disney Castle Hong Kong.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhowww.mydisneyworldcouk.wordpress.com

Disneyland Hong Kong diresmikan pada tahun 2005 yang merupakan Disneyland kedua yang dibangun di Asia. Ikon dari Disneyland Hong Kong ini kurang lebih merupakan replika dari kastil Disney di Anaheim. Dengan tinggi yang juga mencapai 23 m, Disneyland Hong Kong juga merupakan kastil Sleeping Beauty. Sayangnya, tidak banyak yang bisa di eksplor dari dalam kastil Disney Hong Kong karena selain kastilnya yang tidak begitu besar, kastil ini pun hanya merupakan gerbang masuk menuju area fanstasyland. Jadi yang pengunjung bisa lakukan hanyalah berfoto di depan kastil.

3. Disney Castle, Paris.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhohttps://www.flickr.com/photos/32428096@N05/

Sama dengan kastil Disney di Anaheim dan Hong Kong, kastil Disneyland Paris juga bertemakan sleeping beauty. Ketika masuk ke dalam kastil, terdapat jendela-jendela yang tersusun dari kaca yang menceritakan alur kisah sleeping beauty. Kastil Disneyland Paris ini berukuran dua kali lipat lebih tinggi dibanding dua kastil sleeping beauty lainnya, yaitu mencapai 50 m.

Perbedaan lain kastil ini adalah warna dindingnya yang berwarna pink dan biru. Ini dikarenakan warna langit di Paris sudah cenderung abu-abu, sehingga akan lebih cerah difoto apabila kastil Disneyland Paris berwarna lebih ceria. Satu lagi ciri khas dari kastil Disneyland Paris, yaitu kastil ini merupakan satu-satunya kastil di mana terdapat animatronik Naga sebesar 24 meter di dalamnya. Naga ini merepresentasikan iblis dari Maleficent.

4. Disney Castle, Tokyo.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhowww.disneyparks.wikia.com

Disneyland Tokyo merupakan Disneyland pertama yang didirikan di Asia pada tahun 1983. Kastil Disneyland Tokyo bisa dibilang merepresentasikan kastil fairytale sesungguhnya yaitu Cinderella. Karena itu di dalam kastil Disneyland Tokyo pun terdapat sepatu kaca milik Cinderella. Kastil dibangun setelah kastil Cinderella yang berada di Orlando.

Kastil Cinderella di Tokyo ini memiliki bentuk dan arsitektur yang hampir serupa. Tetapi, kastil Cinderella versi Tokyo memiliki tinggi menara yang berbeda dengan Orlando, yaitu 51 meter. Baru-baru ini kastil Disneyland Tokyo menjadi spesial karena menyediakan paket pernikahan yang bisa dilaksanakan di dalam kastil.  Layaknya di negeri dongeng, mereka yang menikah di sini dapat merasakan menjadi Cinderella dalam satu hari.

5. Disney Castle, Orlando.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhowww.destination42.com

Disney Orlando merupakan area kompleks hiburan bertemakan Disney sehingga disebut Disneyworld. Disneyworld Orlando merupakan Disney Park  kedua di Amerika yang diresmikan pada tahun 1971. Kastil Disney Orlando merupakan sebuah ikon di area hiburan Magic Kingdom. Kastil setinggi 57 m ini juga merupakan kastil Cinderella. Selain lebih megah dari kastil Cinderella di Tokyo, kastil ini juga memiliki keunikan tersembunyi.

Kastil Cinderella di Magic Kingdom Orlando ini memiliki ruang tersembunyi yang tertutup bagi pengunjung. Ruangan tersebut merupakan sebuah kamar executive suite bak kamar istana Cinderella. Kamar Cinderella tersebut adalah kamar rahasia yang dulunya merupakan kamar bagi keluarga Walt Disney jika berkunjung ke Disneyworld. Kamar spesial tersebut bahkan tidak terbayar oleh uang karena memang pihak Disney tidak akan pernah menyewakannya.

6. Disney Castle, Shanghai.

Ternyata 6 Kastil Ikonik di Disneyland Seluruh Dunia Beda-beda, lhohttps://www.instagram.com/auliaka/

Disneyland Shanghai merupakan Disneyland yang paling baru. Diresmikan pada tahun 2016, Disneyland Shanghai merupakan Disneyland terbesar di dunia. Tentunya Disneyland Shanghai juga memiliki kastil yang paling besar dengan tinggi mencapai 60 m. Kastil ini dibuat lebih multi fungsi dibandingkan dengan kastil Disney lainnya. Selain menjual merchandise, kastil juga terdiri dari dua lantai yang bisa di eksplor oleh pengunjung.

Area depan dari kastil ini merupakan panggung pertunjukan dimana pada jam tertentu berbagai karakter Disney akan tampil di sini. Berbeda dengan kastil Disney lainnya, Disneyland Shanghai membuat kastil bertemakan Enchanted Storybook. Di dalam kastil ini menampilkan berbagai karakter Disney princess. Di hall utamanya terdapat mozaik dari empat Disney Princess yang menggambarkan 4 musim yang ada. The Princess and the Frog menggambarkan musim semi, Tangled menggambarkan musim panas, Brave untuk musim gugur, dan Frozen pastinya untuk musim dingin.

Kalau diperhatikan, Disney selalu menaruh ornamen lokal dalam setiap detail sudut dari kastil-kastilnya sehingga masing-masing kastil masih merepresentasikan sedikit dari budaya negara tersebut.

Jadi, kastil Disneyland mana nih yang ada di khayalan negeri dongeng kamu?

Aulia Kurrota Photo Writer Aulia Kurrota

Remote worker, Digital Marketer, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya