Comscore Tracker

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Dunia

Mungkin kamu ingin ikut berpartisipasi

Umumnya suatu kejuaraan adalah lomba berbagai macam cabang olahraga. Ternyata, ada beberapa negara yang menyelenggarakan sebuah kejuaraan yang sangat unik, kalau bisa dibilang aneh. Meskipun aneh selalu diselenggarakan setiap tahunnya dan diikuti oleh banyak para peserta. Kejuaraan apa saja?

1. Kejuaraan suit di Jepang

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniatheatlantic.com

Permainan suit batu gunting kertas atau juga dikenal dengan sebutan rock scissors paper yang populer dikalangan anak-anak memiliki ajang kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Jepang. Kejuaraan ini pernah diadakan pada tahun 2002 dan diikuti oleh banyak peserta dari seluruh dunia. Biasanya para pesertanya melengkapi dirinya dengan kostum yang tak kalah unik. Hadiahnya juga sangat besar loh, setara dengan Rp100 juta.

2. Kejuaraan setrika ekstrem di Jerman

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniasteemit.com

Bagaimana andai kamu harus menyetrika baju sambil melakukan aktivitas yang lainnya? Ya, itulah tantangan yang ditawarkan oleh kejuaraan yang satu ini. Namanya kejuaraan setrika ekstrem, para peserta harus menyetrika baju sambil melakukan aktivitas diluar ruangan. Perlombaan ini memadukan kegiatan menyetrika baju dengan olahraga apa saja, seperti menyelam, panjat tebing, ski salju atau lari. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002 di Jerman dan diikuti lebih kurang 80 peserta dari 10 negara.

3. Kejuaraan pedang kardus di Amerika Serikat

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Dunianydailynews.com

Bermain pedang-pedangan oleh anak-anak bak pahlawan super yang sering ditayangkan di TV ternyata dijadikan kejuaraan bagi orang dewasa di Amerika Serikat. Para peserta lomba harus membuat pedang dan tameng dari kardus. Kostum yang mereka pakai juga harus terbuat dari kardus. Saat perlombaan dimulai, para peserta akan saling memukul dengan pedang kardus tadi. Pemenangnya adalah peserta yang pertama kali berhasil mematahkan pedang sang lawan.

4. Kejuaraan mandi sauna di Finlandia

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniadailymail.co.uk

Mandi sauna adalah mandi dengan uap panas adalah kebiasaan yang dilakukan awalnya untuk menyehatkan tubuh. Tapi di Finlandia, mandi sauna justru dijadikan sebagai gaya hidup dan kejuaraan dunia. Para peserta lomba harus masuk ke dalam ruang sauna yang suhunya mencapai 100 derajat Celcius. Orang yang memenangkan kejuaraan adalah siapa yang paling lama bertahan dan terakhir keluar dari ruang sauna.

Baca Juga: Lomba Layangan Mini, Lomba Unik di Bangkalan

5. Lomba lari sambil gendong istri di Kazakhstan

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniadailymail.co.uk

Lomba menggendong istri belum lama ini digelar di Kazakhstan. Kejuaraan ini mengharuskan suami menggendong istri dan berlomba lari cepat dan melalui berbagai rintangan menuju garis finish. Suami harus menyelesaikan lintasan secepat mungkin tanpa melukai maupun membuat istrinya terjatuh. Kalau sang istri sampai terjatuh saat pertandingan, maka pasangan tersebut akan diberikan penalti.

6. Kejuaraan lempar ponsel di Finlandia

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniaizismile.com

Mungkin sebagian besar orang akan berpikir untuk menjual atau membuangnya saja. Tapi di Finlandia, ponsel bekas justru dijadikan ajang kejuaraan. Para peserta harus melempar ponsel bekas yang telah disediakan panitia sejauh mungkin. Peserta dengan lemparan paling jauh jaraknya dari titik ia melempar, maka dia yang jadi pemenangnya. 

7. Kejuaraan petak umpet di Italia

7 Kejuaraan Unik dan Nyeleneh dari Berbagai Penjuru Duniathereluctantnetworker.com

Siapa yang bisa menyangka permainan petak umpet dijadikan sebuah kejuaraan di Italia. Negeri Pizza itu menggelar kejuaraan dunia petak umpet, yakni Nascodino World Championship yang dimulai pada tahun 2010. Dalam satu tim, secara acak akan ditunjuk satu orang yang bertugas untuk bersembunyi dalam satu menit, sedangkan para pemain lain mencari dia. Pemain yang bersembunyi punya waktu 10 menit untuk meraih matras di tengah lapangan tanpa diketahui pemain lainnya. Apabila gagal, pemain itu praktis tidak akan mendapatkan poin. Pemain dengan poin terbanyak bakal diganjar dengan hadiah.

Itu tadi kejuaraan unik yang berlangsung di seluruh dunia. Mungkin kamu tertarik untuk ikut satu di antaranya?

Baca Juga: 6 Perlombaan Suami Istri yang Bikin Rumah Tangga Makin Harmonis

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You