Comscore Tracker

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmu

Buang sekarang juga ya!

Pernah merasa kamu sebenarnya bisa berbuat lebih namun stres saat orang lain mempu menghasilkan sesuatu lebih baik? Jika iya, berarti kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuang beberapa kebiasaan burukmu, yang entah sadar atau gak sadar selalu kamu lakukan. Apa saja? Ini 10 di antaranya!

1. Menggunakan ponsel, tablet dan komputer di atas kasur.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmuhuffingtonpost.com

Sinar biru yang dihasilkan dari benda-benda tersebut akan lebih besar dampaknya di malam hari. Untuk menyeimbangkan efeknya, kamu perlu mendapat paparan sinar matahari di siang hari. Hal yang lebih efektif adalah berhenti menggunakan benda-benda tersebut ketika sudah berada di atas kasurmu saat malam. Fokuslah untuk istirahat yang cukup, mulai lagi hidup sehat seperti pendahulu-pendahulumu.

2. Surfing internet secara impulsif.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmustudyinternational.com

Penelitian menyebutkan dibutuhkan 15 menit berturut-turut untuk masuk ke dalam konsentrasi penuh bekerja yang disebut dengan nge-flow. Kalau kamu terganggu sedikit saja dalam flow tersebut, kamu harus memulai 15 menit yang lain lagi untuk membuatmu kembali ke dalam flow konsentrasi kerjamu itu. Penyebab utama yang paling sering terjadi dalam mengganggu konsentrasi kerja adalah surfing internet secara impulsif, baik melalui laptop ataupun gadget pegangan lain. Berikan waktu khusus untuk melakukannya nanti, jangan sampai mengganggu flow konsentrasimu.

3. Memeriksa ponselmu di tengah percakapan.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmubigthink.com

Gak ada yang lebih buat orang ilfeel atau jatuh mood-nya daripada ketika lawan bicaranya terpotong oleh pesan di ponsel di tengah percakapan maupun lawan bicara yang memeriksa ponselnya tiba-tiba. Walaupun itu cuma memeriksa dalam lirikan sekilas, tetap saja itu akan mengubah perasaan si pembicara. Jika kamu terlibat dalam suatu komunikasi langsung, fokuskan seluruh perhatian dan energimu padanya. Kamu akan merasakan bahwa berfokus penuh pada percakapan itu asik kok dan banyak manfaatnya.

4. Notifikasi multi.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmugonzosdeli.com

Jika kamu gak mengkhususkan notifikasi untuk hidup hanya di jam-jam tertentu saja, kamu akan sangat teralihkan dan gak fokus pada apa yang kamu kerjakan. Memang itu cuma seakan hanya sesekali membalas komentar atau chat, tapi kalau itu diakumulasi kamu sebenarnya menghabiskan waktu banyak hanya untuk itu. Buat semua aplikasi dalam kondisi hibernate jika sedang gak dibuka dan tentukan jam-jam tertentu untuk keluar notifikasi.

5. Mengatakan "ya" ketika harusnya kamu mengatakan "tidak".

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmu

Wajar jika seseorang mempunyai perasaan gak enak untuk gak mengatakan "ya", tapi bukan berarti kamu harus selalu menuruti rasa gak enakmu itu. Kamu lah yang paling tahu kemampuanmu dan bebanmu, jadi jangan hanya karena merasa gak enak maka kamu mengorbankan dirimu sendiri. Kamu bukan satu-satunya ras manusia yang bertahan di bumi untuk melakukan hal yang ditawarkan padamu itu, jangan membebani dirimu sendiri, beranikan berkata "tidak" jika memang perlu.

Baca Juga: 8 Gangguan Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Karakter dari Cerita

6. Memikirkan orang yang "beracun".

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmujournal.thriveglobal.com

Akan selalu ada orang-orang beracun yang membuat hidupmu entah di lingkungan tempat tinggal, sekolah maupun tempat kerja itu berasa panas sampai menjadikan darahmu seakan mendidih dan kepala ingin meledak. Gak ada gunanya memikirkan orang-orang itu. Jika kamu terbesit memikirkan orang seperti itu, langsung ingatlah orang-orang yang membuat hidupmu patut disyukuri. Ada banyak orang berharga yang lebih patut kamu perhatikan dan pikirkan caramu untuk membahagiakan mereka. Stop segera memikirkan orang beracun.

Baca juga: IDN Media Luncurkan IDN Times Community, Platform Menulis yang Memberikan Insentif Uang

7. Melakukan multitasking selama rapat.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmucbc.ca

Kamu sebaiknya gak memberikan perhatianmu setengah-setengah. Kalau kamu memberikan setengah perhatianmu, terutama pada saat rapat, kamu seharusnya gak perlu datang sekalian. Jika kamu memberikan perhatianmu sepenuhnya, pastikan bahwa kamu berguna untuk rapat itu dan rapat tersebut berguna untukmu. Melakukan hal lain di saat rapat bukan hanya membuatmu gak mendapatkan apa-apa, tapi kamu akan berkesan "seakan" lebih penting dari orang lain yang hadir dalam rapat tersebut.

8. Bergosip.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmurantnow.com

Para penggosip umumnya akan mendapatkan kepuasan dari kisah ketidakberuntungan orang lain. Awalnya mungkin memang akan menghiburmu, lama-kelamaan kamu akan merasa bersalah, lelah, membuatmu risih dengan diri sendiri plus besar kemungkinan menyakiti orang lain. Ada banyak hal positif di luar sana yang bisa kamu pelajari dari orang-orang menarik, bicarakan kebaikan mereka dan cara menuju kesuksesan bisa lebih bermanfaat untuk kamu beserta teman-temanmu.

9. Menunggu untuk bertindak sampai kamu merasa kamu akan berhasil.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmuflypaper.soundfly.com

Kebanyakan penulis sukses menghabiskan waktu berjam-jam untuk brainstorming ide, kemudian menuangkannya langsung ke dalam halaman demi halaman bahkan yang mereka tahu itu gak akan disertakan di dalam buku mereka. Itu karena mereka sadar bahwa ide akan berkembang dengan sendirinya sambil dilakukan dan itu gak akan terjadi bila mereka gak segera memulai. Kebanyakan kita sudah terhenti di titik memulai karena berpikir ide kita kurang bagus, belum otentik atau kurang sempurna. Seorang penulis, Jodi Picoult pernah berkata bahwa kamu bisa mengedit lembar yang isinya buruk, tapi kamu gak akan bisa mengedit lembar yang kosong.

10. Membandingkan dirimu dengan orang lain.

10 Kebiasaan Buruk Ini Harus Segera Kamu Buang dari Rutinitas Harianmuyoutube.com

Jika kamu mendapat kepuasan dan kesenangan dari membandingkan dirimu dengan orang lain, berarti kebahagiaanmu bukan dalam kontrolmu lagi. Ketika kamu merasa bangga dengan pencapaianmu, jangan biarkan pikiran atau komentar orang lain mempengaruhimu, apalagi jika mereka membandingkan orang lain. Kamu selalu bisa memilah opini orang lain dan menganggapnya butiran debu. Apapun yang dikatakan orang lain terhadapmu, satu hal yang pasti—kamu itu gak pernah seburuk atau sebagus yang mereka katakan tentangmu. Kamu akan selalu berkembang dengan segala kemampuan yang kamu miliki.

Dengan melatih pengontrolan diri, kamu akan bisa menyingkirkan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Kamu akan selalu bisa membuat pengontrolan dirimu lebih kuat terus-menerus kalau dibiasakan kok. Jadi, jangan khawatir. Memang kelihatannya susah, tapi segala sesuatu yang susah lama-lama akan jadi mudah kan?

Baca Juga: 10 Orang yang Diamputasi Ini Memang Kehilangan Bagian Tubuh, Tapi Bukan Selera Humornya

Topic:

Just For You