Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] 11 Hari Besar Nasional yang Tercatat Tapi Jarang Diketahui

Mari mengingat dan merayakannya!

Salah satu momen paling ditunggu tiap bulan adalah tanggal merahnya atau hari besar alias hari libur nasional. Namun gak semua hari besar nasional itu ternyata dijadikan hari libur. Ada beberapa hari besar nasional yang memang gak ditetapkan sebagai hari libur nasional karena beberapa pertimbangan. Namun terlepas dari itu semua, ada beberapa hari besar penting nasional yang resmi tercatat dalam keppres tapi jarang diketahui apalagi dirayakan oleh masyarakat Indonesia.

[INFOGRAFIS] 11 Hari Besar Nasional yang Tercatat Tapi Jarang Diketahuidata-waze.com

Sebenarnya ada banyak sekali hari besar penting nasional yang jarang diketahui oleh masyarakat awam Indonesia, tapi yang dibahas kali ini dipilih berdasarkan yang bisa dirayakan secara umum, bukan atas nama instansi atau lembaga tertentu. Jadi baik secara individu maupun kelompok dari semua kalangan dan golongan bisa merayakannya. Pemilihan hari-hari khusus ini juga di luar hari komunitas dan hari besar keagamaan.

Lebih pastinya, hari-hari besar terpilih ini merupakan hari besar nasional yang ditetapkan oleh presiden Rebublik Indonesia. Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam merayakan hari-hari besar penting nasional yang terlupakan tersebut. Jika gak ada event khusus, minimal kamu bisa menyesuaikan aktivitasmu di hari yang bersangkutan untuk itu.

[INFOGRAFIS] 11 Hari Besar Nasional yang Tercatat Tapi Jarang Diketahuiremotelands.com

Baca Juga: Siapa Pribumi Asli Indonesia yang Sebenarnya?

  1. Hari Pekerja Indonesia (20 Feb), mayoritas masyarakat Indonesia adalah golongan pekerja, jadi sudah sepantasnya hari ini dirayakan secara khusus. Beda lho dengan hari buruh internasional. Walau belum ada event khusus untuk merayakannya, kamu bisa memanjakan dirimu sendiri di hari itu atau menggunakannya untuk mengevaluasi dirimu dalam pekerjaan.
  2. Hari Musik Nasional (9 Mar), akan selalu disertai banyak event musik maupun perlombaan di mana-mana. Cari saja di internet atau media sosial tentang informasi tersebut.
  3. Hari Film Nasional (30 Mar), sama halnya dengan hari musik nasional, tapi hari film nasional lebih cenderung banyak diwarnai event penghargaan.
  4. Hari Keluarga Nasional (29 Juni), ya gak hanya hari besar keagamaan saja kamu bisa mengingat dan berinteraksi intens bersama keluargamu, ternyata memang ada hari besar nasional yang dikhususkan untuk keluarga.
  5. Hari Anak Nasional (23 Juli), memang hari ini akan lebih bermakna kalau kamu sudah memiliki anak, tapi bukan berarti kamu yang belum memiliki anak gak bisa merayakannya. Kamu bisa menunjukkan kepedulian kepada berbagai anak Indonesia yang butuh perhatian lebih.
  6. Hari Veteran Nasional (10 Agustus), jangan dipungkiri bahwa kita bisa beraktivitas hari ini sebagai buah dari hasil perjuangan para veteran perang Indonesia. Sudah sepantasnya mereka memiliki hari besar khusus untuk dirayakan dan diberi penghormatan.
  7. Hari Olahraga Nasional (9 Sep), sempatkan sehari ini untuk melakukan cabang olahraga yang paling menjadi favoritmu. Hidup sehat memang harus dibiasakan.
  8. Hari Batik Nasional (2 Okt), gak ada istilahnya batik negara A atau batik negara B, namanya batik ya asli khas Indonesia. Di hari khusus inilah kita semua perlu menggunakan pakaian batik secara serentak untuk menunjukkan bahwa batik itu ciri khas Indonesia.
  9. Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (5 Nov), keanekaragaman fauna dan flora di Indonesia itu sangat menakjubkan. Wajar sih kalau ada hari khusus merayakannya.
  10. Hari Menanam Pohon Indonesia (28 Nov), kalau hutan hujan tropis di seluruh pulau di Indonesia, maka akan menjadi hutan hujan tropis terluas di seluruh dunia. Namun industrialisasi menyebabkan banyaknya penebangan hutan di Indonesia. Hari ini diadakan khusus untuk memitigasi risiko penggundulan hutan tersebut.
  11. Hari Nusantara (13 Des), Indonesia Tanah Nusantara itu penuh dengan berbagai keanekaragaman yang harusnya luar biasa kuat jika dipersatukan. Memang harus ada momennya Indonesia merayakan kekuatan terbesar tersebut sebagai Nusantara yang paling beragam.
[INFOGRAFIS] 11 Hari Besar Nasional yang Tercatat Tapi Jarang Diketahuiintrepidtravel.com

Sudah tergambar apa yang harus kamu lakukan di hari-hari khusus tersebut? Untuk lebih jelasnya, hari-hari besar itu juga resmi tercatat di poin keppres tertentu lho! Simak infografis berikut!

[INFOGRAFIS] 11 Hari Besar Nasional yang Tercatat Tapi Jarang DiketahuiSukma Shakti/IDN Times

Gak perlu terlalu heboh merayakannya, sekedar tahu dan sekedar memiliki andil dalam ranah hari perayaannya itu sudah cukup. Lakukan saja hal sekecil-kecilnya mulai dari lingkungan sekitar terdekat, dalam waktu sesingkatnya dan dengan cara sesederhananya asal berdampak. Selamat merayakan hari besar nasional!

Baca Juga: 15 Orang Terkenal Ini Ternyata Memiliki Darah Indonesia Lho

Line IDN Times

Topic:

Just For You